Warga membawa beras saat pemberian bantuan di Kelurahan Wergu, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (5/5/2020). Zakat berperan dalam mengatasi permasalahan sosial. | YUSUF NUGROHO/ANTARA FOTO

Khazanah

Zakat Mampu Atasi Masalah Sosial Dunia

Zakat mampu memberikan sumbangsih besar dalam pemecahan persoalan sosial di dunia.

 

JAKARTA -- Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) M Arifin Purwakananta mengatakan, Baznas berencana mengemas kampanye zakat yang akan disampaikan kepada masyarakat dunia. Kampanye ini diharapkan dapat menjadi model dan rujukan untuk penyelesaian masalah sosial, terutama kemiskinan.

Arifin yakin zakat mampu memberikan sumbangsih besar dalam pemecahan persoalan sosial di dunia. ?Dalam hal ini, zakat memberikan sumbangsih yang besar dalam ruang konsep, pembiayaan, sumber daya manusia dan jaringan, untuk dapat dimanfaatkan sebagai solusi persoalan sosial di dunia,? katanya.

Terkait hal ini, Baznas baru saja meraih penghargaan internasional yakni Global Good Governance SDGs Champion Award (3G SDGs Champion Award) 2020. Ini merupakan penghargaan berskala internasional dari Cambridge International Financial Advisory (IFA) untuk lembaga yang memiliki tata kelola yang baik dan berkomitmen pada kesejahteraan sosial.

Penganugerahan penghargaan ini disiarkan langsung dari London melalui kanal Facebook dan Youtube resmi Cambridge IFA, Senin (8/6), pukul 09.30 waktu setempat. Dalam penganugerahan ini, Baznas memenangkan kategori Sustainable Development Goals (SDGs).

Arifin mengatakan, penghargaan ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi Baznas. Penghargaan yang kedua kalinya diperoleh Baznas ini merupakan wujud apresiasi dunia atas kerja keras Baznas.

 
Baznas memperoleh penghargaan berskala internasional dari Cambridge International Financial Advisory (IFA).
 
 

"Ini juga merupakan bagian dari upaya Baznas dan lembaga zakat di Indonesia untuk mengedepankan program-program terbaik kepada dunia, melalui pengelolaan zakat," ujar katanya saat dihubungi Republika, Selasa (9/6).

Ia berharap penghargaan 3G SDGs Champion Award ini dapat menginspirasi gerakan zakat di seluruh Indonesia. Dia yakin, perjuangan para pejuang zakat akan menjadi solusi penyelesaian masalah kemiskinan yang banyak terjadi di seluruh dunia.

Sementara itu, Ketua Umum Baznas Bambang Sudibyo dalam sambutan virtualnya yang dikutip Cambridge IFA, Senin (8/6), mengatakan, penghargaan ini merupakan yang kedua kali diraih Baznas setelah penghargaan serupa diperoleh pada 2019.

Bambang mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi menyukseskan program-program Baznas. "Terima kasih kepada Cambridge IFA untuk penghargaan 3G SDGs Champion Award 2020. Terima kasih kepada para komisioner Baznas, jajaran direksi, sekretaris, dan seluruh amil dan amilat Baznas yang bekerja keras dan penuh motivasi tinggi sehingga membuat Baznas mampu mempertahankan penghargaan ini," ujar Bambang.

Baznas, lanjut dia, juga mengapresiasi para muzaki yang telah memercayakan amanahnya. "Sehingga memotivasi kami untuk memberikan yang terbaik bagi mustahik," kata dia.

Sebagai lembaga zakat, Baznas memberikan beragam program dan kegiatan, terutama untuk membantu mereka yang terkena dampak krisis pandemi Covid-19. Salah satunya mendistribusikan paket logistik keluarga, alat pelindung diri untuk tim medis, program ketahanan pangan, dan sejumlah program lainnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat