Muhadjir Effendy dan Erick Thohir menunaikan shalat Jumat di PP Muhammadiyah, Jumat (5/6/2020). | dok Republika

Nasional

Muhadjir dan Erick Jumatan di PP Muhammadiyah

Erick mengajak jamaah untuk tetap waspada agar terhindar dari Covid-19.

 

 

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menunaikan shalat Jumat di masjid Pusat Dakwah Muhammadiyah Menteng, Jakarta, Jumat (5/6). Erick mengaku bersyukur bisa kembali menjalankan ibadah di masjid setelah hampir tiga bulan harus menjalani ibadah di rumah.

"Alhamdulillah, hari ini bisa shalat Jumat di masjid lagi. Saya yakin banyak umat Muslim yang seperti saya, menanti tibanya bisa kembali ke masjid, beribadah dan memakmurkan masjid," ujar Erick, Jumat (5/6).

Erick mengatakan, meski ada aturan kebiasaan baru dengan menjaga jarak hingga pemeriksaan suhu tidak mengganggu kekhidmatan mengingat shalat adalah sarana komunikasi umat manusia dengan Sang Pencipta. Meski sarana ibadah mulai kembali dibuka, Erick mengajak jamaah untuk tetap waspada dan tetap mengikuti arahan dari pemerintah agar terhindar dari Covid-19.

Erick juga meminta jamaah mengenakan masker, menjaga jarak, membawa alat ibadah sendiri, dan selalu mencuci tangan. Dia mengapresiasi pengurus masjid di Pusat Dakwah Muhammadiyah yang menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Ia berharap hal itu juga dilakukan masjid-masjid lain yang ada di seluruh Indonesia.

"Jangan lengah, kita harus tetap waspada dan saling mengingatkan untuk tetap jaga jarak," kata dia. Erick berharap Covid-19 segera berlalu agar aktivitas ibadah, pendidikan, hingga ekonomi dapat kembali berjalan seperti semula.

 
Jangan lengah, kita harus tetap waspada dan saling mengingatkan untuk tetap jaga jarak.
ERICK THOHIR, Menteri BUMN
 

Selepas shalat Jumat, Erick mengikuti jamuan makan siang dan diskusi bersama pengurus Muhammadiyah. Setelah itu, Erick juga melakukan penyerahan bantuan berupa thermogun dan alat rapid test dari Kementerian BUMN kepada PP Muhammadiyah sekaligus meninjau pembangunan Masjid at-Tanwir PP Muhammadiyah. "Tidak ada maksud apa-apa, kan tahu Muhammadiyah sekolah dan masjidnya banyak. Kita coba bantu dengan thermogun," ujar dia.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, Erick mengapresiasi masjid Muhammadiyah yang ramah lingkungan. Menurut Mu'ti, ini merupakan salah satu contoh langkah yang nyata untuk menghemat energi dalam membangun masjid yang ramah lingkungan.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada PP Muhammadiyah yang diterima oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti (ketiga dari kanan) dan disaksikan Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan), di Jakarta, Jumat (5/6/2020). Selain menyerahkan bantuan, Erick Thohir juga melaksanakan shalat Jumat dan meninjau pembangunan masjid At-Tanwir Muhammadiyah - (Dok Republika)

PP Muhammadiyah, kata dia, sudah menyampaikan maklumat yang resmi dan sudah melakukan sosialisasi kepada warga perserikatan bahwa di daerah zona merah diharapkan untuk melaksanakan ibadah di rumah masing-masing. Pelaksanaan shalat Jumat harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang baik, melakukan jaga jarak, menggunakan penyanitasi, dan mengecek suhu badan.

"Selalu hati-hati, jaga kebersihan lingkungan, jaga imun tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan halal, dan menjaga pola hidup sehat," katanya. meiliza laveda 

photo
Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada PP Muhammadiyah yang disaksikan Menko PMK Muhadjir Effendy, di Jakarta, Jumat (5/6/2020). Erick Thohir juga melaksanakan shalat Jumat dan meninjau pembangunan masjid At-Tanwir Muhammadiyah - (Dok Republika)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat