Fransisco Javier Galan Marin | en.as.com

Sepak Bola

Javier Galan, Pemegang Rekor Tendangan Tercepat Dunia

Untuk urusan teknik menendang bola, Galan mengalahkan Roberto Carlos dan Cristiano Ronado.

OLEH REJA IRFA WIDODO

 

Nama Francisco Javier Galan Marin tidaklah setenar para bintang lapangan hijau yang merumput di level teratas kompetisi sepak bola Spanyol, La Liga. Apalagi, sebagai pesepak bola profesional, Galan belum pernah mencicipi ketatnya kompetisi La Liga.

Level kompetisi tertinggi yang pernah diikuti Galan adalah Divisi Tercera atau divisi keempat dalam struktur piramida kompetisi sepak bola Spanyol. Galan tercatat pernah memperkuat klub asal Madrid, CD Fuencarral, di Divisi Tercera.

Namun, untuk urusan teknik menendang bola, Galan ternyata mampu mengalahkan sejumlah pemain top, tidak terkecuali dua mantan bintang Real Madrid, Roberto Carlos dan Cristiano Ronado.

Tidak diragukan lagi, Roberto Carlos adalah satu dari sedikit pemain yang memiliki teknik mumpuni dalam mengeksekusi tendangan bebas. Selain piawai mengubah arah bola, sepakan Carlos membuat si kulit bundar meluncur deras. Gol spektakuler eks bek timnas Brasil ini ke gawang Prancis pada turnamen pemanasan Piala Dunia 1998 silam menjadi bukti.

photo
Roberto Carlos. Javier Galan tercatat sebagai pemegang rekor tendangan tercepat dunia mengalahkan Carlos. - (Action Images)

Sementara, Ronaldo dikenal memiliki teknik khusus, yang biasa disebut knuckle ball dalam mengeksekusi tendangan bebas. Lewat teknik tersebut, bola hasil tendangan peraih lima gelar Ballon d'Or tersebut biasanya akan melaju dengan sangat cepat, keras, dan tajam. Kendati begitu, status pemilik tendangan tercepat dan terkeras di Spanyol dan di dunia ternyata bukan milik Ronaldo atau Carlos, melainkan Galan.

Awal mula pemecahan rekor itu ketika Galan mengikuti sebuah sayembara tendangan terkencang. Lomba itu bertujuan mencari pesepak bola profesional dengan kekuatan tendangan nomor wahid di Spanyol. Peserta yang ikut pun tidak main-main, termasuk sejumlah penggawa dari klub kontestan La Liga. Kendati begitu, Galan-lah yang tampil sebagai pemenang.

Tembakan Carlos tercatat mencapai 121 km/jam. Sedangkan, Lima, di Levante, menorehkan catatan 122 km/jam. "Saya akhirnya mencobanya dan ternyata menang dengan kecepatan 138 km/jam," kata Galan, yang sekarang berprofesi sebagai pelatih kebugaran.

Tak lama setelah menjadi kampiun pada lomba itu, Galan maju untuk memecahkan rekor dunia versi Guinness World Record dan berhasil. Hingga kini, rekor Galan yang dicatatkan saat ia masih berusia 22 tahun tersebut belum tumbang. Galan melakukannya dalam program salah satu stasiun televisi Spanyol, 29 Oktober 2001.

photo
Mural bergambar Cristiano Ronaldo. Javier Galan tercatat sebagai pemegang rekor tendangan tercepat dunia mengalahkan Ronaldo. - (REUTERS/Massimo Pinca)

Ketika itu, Galan diminta menendang bola dari titik penalti mengarah ke gawang. Mereka mulai melakukan penghitungan saat momen pertama bola meninggalkan kaki. "Kamera akan fokus pada titik atau poin saat bola meninggalkan kaki," kata Galan, seperti dikutip AS, Rabu (13/5).

Setelah mendapatkan tiga kali kesempatan menendang bola, Galan menorehkan rekor dunia. Bola hasil tendangan Galan mencapai kecepatan 129 km/jam. Angka ini jauh lebih tinggi dibanding batas kecepatan maksimum di jalan raya Spanyol yang hanya 120 km/jam.

Galan mengungkapkan rahasia tendangan kerasnya. Selain kekuatan, tendangan harus ditopang teknik yang tepat. Galan menyebut teknik yang digunakannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Ronaldo sekarang. Teknik ini banyak dipelajari Galan saat masih bermain futsal. Namun, ada sedikit perbedaan dengan teknik yang dipakai bintang Juventus tersebut.

Ia mengatakan, rata-rata tembakan Ronaldo berkisar 117 km/jam. CR7 mengambil bola dari samping, tapi Galan langsung menyepaknya di bagian tengah. "Karena saya berawal dari futsal, saya menendang dengan punggung kaki dan begitu dalam ke tengah. Ini membuat bola tidak berputar atau melengkung, tapi cenderung lurus dan kencang," tutur Galan.

Hanya robot yang bisa mengalahkan kecepatan tendangan Galan. Dalam buku rekor dunia, sebuah robot yang didesain Castrol melepaskan tendangan dengan laju bola mencapai 210 km/jam.

 
photo
Fransisco Javier Galan Marin. Untuk urusan teknik menendang bola, Galan mengalahkan Roberto Carlos dan Cristiano Ronado. - (en.as.com)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat