Warga berbelanja di Wuhan, Cina, beberapa waktu lalu. | AP

Kisah Mancanegara

Covid-19 dan Tren Belanja Baru di Cina 

Pendapatan e-commerce yang melakukan media penyiaran daring meningkat dua kali lipat tahun ini.

Oleh Dwina Agustin

Pada puncak wabah virus korona membuat pembuat produk perawatan kulit Forest Cabin menutup lebih dari setengah dari total 300 toko di seluruh Cina. Dengan penjualan yang merosot, pendiri perusahaan, Sun Laichun, memutuskan sudah waktunya untuk menjangkau pelanggannya lebih langsung dengan cara daring. 

"Kami tahu sudah waktunya bagi kami untuk fokus pada strategi daring untuk bertahan hidup," kata Sun. 

Forest Cabin memutuskan tidak melakukan iklan daring untuk keputusan itu. Justru, perusahaan ini memutuskan melatih ratusan tenaga penjualnya untuk mulai membuat acara melalui video langsung. 

Cara ini dilakukan agar penonton yang melihat tayang itu mendapatkan kiat perawatan kulit dan membeli produk tanpa harus ke toko. Ide ini, kata Sun, dalam sebulan membuat penjualan Forest Cabin di Februari naik 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

Ternyata, kebiasaan yang dibangun ketika karantina membuat ledakan baru dalam berbelanja. Beberapa perusahaan e-commerce terbesar di Cina bertaruh besar pada livestreaming atau media penyiaran secara daring. Platform Taobao Live milik Alibaba memperlihatkan peningkatan tujuh kali lipat yang pertama kali pada Februari, sementara sesi siaran langsung Pinduoduo tumbuh lima kali lipat dari Februari hingga Maret. 

Secara keseluruhan, pendapatan e-commerce yang melakukan media penyiaran daring meningkat dua kali lipat tahun ini. Kondisi ini, menurut perusahaan intelijen pasar Cina, iiMedia Research, menghasilkan 961 miliar yuan. 

photo
Warga berbelanja di Wuhan, Cina. - (AP)

Manajer riset dan strategi di firma pemasaran AgencyChina, Michael Norris, mengatakan, media penyiaran komersial di Cina jauh melampaui formula di Amerika Serikat. Terlebih lagi, Norris menekankan pada fitur penjualan instan.

"Sebenarnya, ada pendidikan tentang produk dan cara menggunakannya dan elemen hiburan yang dibungkus dengan siaran langsung," katanya.

Media baru ini juga menciptakan ceruk baru yang menguntungkan bagi bintang-bintang yang terkenal secara daring. Contohya saja selebritas siaran daring di Cina, Viya Huang dan Li Jiaqi. 

Keduanya tampil di platform selama sekitar empat jam, lima hingga enam malam setiap minggu. Jutaan pemirsa mendengarkan saran mereka tentang perawatan kulit, makanan ringan, dan produk rumah tangga. Pada baru-baru ini, penonton daring Huang telah mencapai 20 juta orang. 

"Ini disiapkan mendadak dan langsung dikirimkan kepada Anda, ini rasa yang paling terkenal," kata Huang saat mempromosikan masakan khas Wuhan. Dalam hitungan detik, 70 ribu kotak makanan yang dipromosikan Huang terjual. 

Bagi pemirsa, siaran daring selebritas memberikan dorongan kuat untuk berbelanja. Tayangan itu seakan mendorong mereka akan kehilangan tawaran hebat jika tidak bertindak cepat. 

"Sangat menarik untuk menonton. Pembawa acara sangat persuasif dan ada hadiah, plus penawaran hanya tersedia untuk periode waktu yang sangat singkat," kata Coco Lu, warga Chongqing, yang masih menghindari belanja di toko. 

Penjualan media penyiaran daring adalah anugerah bagi pengusaha kecil, seperti Dou Ma. Dia bisa menjual pakaiannya seharga 50 yuan dari rumahnya di Kota Kunming. Semua yang diperlukan Dou untuk memulai adalah ponsel. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat