Samsung Giga Party Audio | Dok Samsung Indonesia

Inovasi

Teknologi Manjakan Para Pencinta Musik

Musik memainkan peranan penting sebagai penunjang sosialisasi.  

Musik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari ke seharian masyarakat. Seiring waktu, para pabrikan pun terus berlomba menghadirkan perangkat dengan berbagai fitur untuk makin memanjakan telinga para konsumen.

Berdasarkan riset Futuresource, lebih dari separuh penikmat musik gemar membagikan musik yang mereka senangi ke orang lain. Selain itu, musik pun memainkan peranan penting sebagai penunjang sosialisasi.

Belum lama ini, Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan Samsung Giga Party Audio. Hadirnya perangkat baru ini, menjadi penambahan terbaru ke jajaran home audio dan entertainment.

Perangkat ini, hadir dengan Built in Woofer, Bass Booster dan fungsi Karaoke Mode yang siap memeriahkan semua acara bersama kawan dan keluarga. AV Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Liem Kwok Cek, menjelaskan, Samsung Giga Party Audio hadir untuk memberikan suara musik dan dentuman bassyang powerfulsehingga cocok menghi dupkan setiap pesta.

Hadir dalam satu perangkat praktis, menurut Liem, pengguna tak memerlukan set-set speaker terpisah. "Perangkat ini juga tangguh dan tahan air sehingga tepat digunakan di berbagai tempat untuk acara pesta dan karaoke baik di dalam ruang maupun luar ruang seperti di taman atau kolam renang," ujarnya.

Dilengkapi dengan efek pencahayaan pesta yang menghibur, Samsung Giga Audio Party akan membuat acara-acara penggunanya semakin menarik.

Perangkat ini memiliki delapan mode suara, mulai dari Hiphop hingga EDM, yang dapat menyesuaikan dengan tipe musik yang sedang diputar. Giga Party Audio juga memiliki efek cahaya yang dapat berpendar selaras dengan beat musik yang sedang diputar.

Bagi yang hobi karaokean, perangkat ini memiliki mic input untuk meng gelar kompetisi karaoke di tengah pesta. Samsung Giga Party Audio dapat dioperasikan dengan mudah melalui aplikasi Samsung Giga Party Audio App yang telah tersedia pada Android dan iOS.

Perangkat ini juga dapat disambung kan dengan dua smartphone sekaligus melalui Bluetooth. Dengan begitu, pengguna dapat mudah mengatur playlist dari kedua smartphone tersebut.

Untuk ruangan atau area acara yang lebih besar, perangkat Giga Party Audio memiliki fitur Group Play Connect yang dapat dihubungkan sampai 10 perangkat sekaligus, baik via kabel maupun wireless bluetooth. Samsung Giga Party Audio tersedia dalam dua tipe, yaitu MX-T70 dan MX-T50. Keduanya tersedia mulai Maret 2020 dengan harga Rp 6,9 juta untuk MX-T70 dan Rp 4,9 juta untuk MX-T50.

Sisipkan Kemampuan AI

photo
LG Soundbar dengan Fitur AI - (DOK LG indonesia)

Saat ini, fitur kecerdasan buatan (AI) sudah makin banyak ditemui di beragam produk. Belum lama ini, LG Electronics Indonesia memperkenalkan jajaran soundbarpremium terbarunya untuk 2020.

LG SN9YG dan LG SN11RG yang hadir dengan kemampuan AI dapat dikenali dari terapan 7.1.4 channel dengan dua pelantang nirkabel yang meng isi bagian belakang. Selain itu, terdapat pula pelantang di bagian atas untuk mengalirkan suara 360 derajat.

Keduanya dibuat dalam desain yang mengedepankan estetika gaya minimalis yang dirancang sepadan berpadu dengan TV LG berbentang layar 55 inci dan 65 inci. "Performa tinggi dengan kenyamanan dan penggunaannya untuk berbagai hal merupakan warna baru pengalaman audio premium melalui soundbar LG ini," ujar Park Hyung- woo, selaku Kepala LG Home Entertainment Company untuk bisnis audio dan video.

Menurutnya, dalam mempertahankan kualitas premium audio, LG tetap melanjutkan kemitraan dengan beberapa pabrikan penyedia teknologi tingkat dunia. Salah satunya, adalah kemitraan dengan Meridian Audio.

Kolaborasi ini memberikan soundbar LG kemampuan reproduksi audio yang kaya dengan akurasi dan kedalaman lebih baik. Selain itu, benaman Image Elevation akan memberikan pengalaman audio layaknya menyaksikan langsung dengan meningkatkan bunyi instrumen musik utama dan vokal pada ketinggian yang diharapkan.

Menurut Park, keberadaan Dolby Atmos dan DTS:X di perangkat audio LG ini, akan memberikan dinamika bunyi lebih kaya. Pengembangan kecerdasan buatan diwujudkan dalam fitur AI Room Cali-bration. "Sesuai namanya, fitur ini bekerja mengenali karakteristik ruang untuk kemudian secara otomatis menyesuaikan keluaran bunyi pada tingkat optimal bagi penggunanya," kata dia.

Saat memainkan konten Dolby Atmos atau DTS:X, teknologi ini memung kinkan penggunanya menikmati suara surroundlebih realistis yang mengalir dari berbagai arah. Perangkat premium LG ini juga memiliki algoritma pemrosesan suara khusus yang mampu meningkatkan kualitas dari format audio konvensional hingga mendekati kualitas audio studio.

 

K-POP MASIH MENDOMINASI

Sejak beberapa tahun lalu, demam K-Pop terus meluas di berbagai belahan dunia. Sejak 2014, Spotify telah mendukung musik K-Pop melalui peluncuran playlist khusus K-Pop pertama, "K-Pop Daebak".

Belum lama ini, Spotify mengungkapkan, serangkaian data statistik dan tren yang menunjukkan bagaimana dunia saat ini telah didominasi oleh K-Pop. Head of Artist and Label Marketing di Asia, Kossy Ng, menjelaskan, tak dapat dimungkiri, popularitas K-Pop benar-benar membuat ledakan di seluruh dunia.

K-Pop merupakan genre musik Asia pertama yang dapat beresonansi sangat baik dengan para pendengar musik di seluruh dunia. "Para penggemar K-Pop adalah satu di antara kelompok penggemar yang paling bersemangat dan aktif," kata dia.

Menurut Kossy, tak diragukan lagi, popularitas K-Pop akan terus tumbuh Dari 2014 hingga Januari 2020, pendengar K-Pop di Spotify mengalami peningkatan lebih dari 1.800 persen dan playlist"K-Pop Daebak" pun kini telah memiliki lebih dari 2,4 juta pengikut.

Sejak 2014, musik K-Pop juga telah diputar lebih dari 134 miliar menit di Spotify. BTS, menjadi grup K-Pop yang paling populer di platform musik on demand ini, terutama ketika merilis album mereka Map of the Soul: 7.

Pada 2019, BTS juga menjadi artis Asia pertama yang lagunya diputar lebih dari lima miliar kali di Spotify. Memasuki Februari 2020, lagu-lagu BTS pun telah diputar lebih dari delapan miliar kali.

Pada 2015, Spotify sempat meluncurkan genre hub yang didedikasikan untuk para pencinta K-Pop. Hub K-Pop ini, memuat banyak playlistyang mengakomodasi berbagai aspek dari genre yang satu ini.

Termasuk kumpulan lagu dari artis yang sedang naik daun, kolaborasi antar artis, hingga original soundtrackatau OST dari film dan drama TV Korea terkenal.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat