Petugas teller bank melayanai nasabah usai peresmian kantor cabang pembantu (KCP) BNI Syariah Jombang, Jawa Timur, Senin (23/12/2019). | SYAIFUL ARIF/ANTARA FOTO

Ekonomi

BNI Syariah Dorong Gerakan Debit Sedekah

JAKARTA – BNI Syariah meluncurkan fitur Smart Shadaqah bekerja sama dengan dua lembaga amil zakat (LAZ), yaitu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Smart Shadaqah merupakan fitur pendebitan BNI iB Hasanah Card secara rutin setiap bulan untuk donasi melalui kerja sama dengan badan amil.

Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah Rima Dwi Permatasari mengatakan, tujuan peluncuran fitur tersebut untuk membantu masyarakat Indonesia dalam berbagi. Diharapkan, fitur ini dapat memberikan kemudahan donasi dan bisa lebih berkontribusi untuk masyarakat yang terkena musibah.

"Salah satunya, terkait pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini," kata Rima kepada Republika, Jumat (3/4).

Fitur Smart Shadaqah diharapkan bisa semakin mengenalkan produk kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card sebagai alat pembayaran utama oleh masyarakat. Saat ini, BNI iB Hasanah Card merupakan satu-satunya kartu pembiayaan berdasarkan akad syariah yang diterbitkan bank umum syariah.

BNI Syariah berharap, fitur ini dapat diterima dan dimanfaatkan pemegang kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card. Saat ini, BNI Syariah masih menggandeng dua lembaga. Ke depannya, BNI Syariah terbuka untuk bekerja sama dengan lembaga lain.

"Lokasi penyaluran bantuan adalah daerah yang rawan pangan dan daerah yang mengalami bencana," katanya.

Hingga Desember 2019, outstanding pembiayaan BNI iB Hasanah Card sebesar Rp 345,76 miliar dengan jumlah pengguna sebesar 312.535 nasabah. Pada 2020 BNI Syariah menargetkan transaksi kartu pembiayaan sebesar Rp 1,2 triliun dengan jumlah kartu BNI iB Hasanah Card pada akhir 2020 sebanyak 350 ribu kartu.

Sebelumnya, BNI Syariah dan Dompet Dhuafa bekerja sama menggalang dana wakaf untuk membangun rumah sakit (RS) penanganan wabah Covid-19. Direktur Kepatuhan BNI Syariah Tribuana Tunggadewi berharap kerja sama ini bisa membantu masyarakat dalam menghadapi wabah tersebut.

Kerja sama BNI Syariah dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Dhuafa, mencakup pembangunan fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 berupa RS Container Covid-19 di RST Dompet Dhuafa di Parung, Bogor, Jawa Barat. RS Container Covid-19 terdiri atas 10 rangkaian dan difungsikan sebagai ruang isolasi, bersifat portabel, ramah lingkungan, proses pembuatan cepat, dan tahan lama.

Penggalangan dana untuk RS Container Covid-19 bersama Dompet Dhuafa dihimpun melalui platform Wakaf Hasanah BNI Syariah. Ditargetkan, dana yang terkumpul dalam program ini sebanyak Rp 250 juta.

Platform Wakaf Hasanah merupakan wakaf melalui uang untuk proyek wakaf yang dapat diakses wakif melalui situs dan aplikasi. Wakif dapat melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening virtual account. Wakaf uang yang terkumpul dari wakif melalui Wakaf Hasanah akan didistribusikan kepada nazir dengan proyek yang sudah wakif pilih.

Saat ini, terdapat total 26 nazir yang bergabung di dalam Wakaf Hasanah dengan total wakif sebanyak 7.005 orang. Total dana terhimpun melalui Wakaf Hasanah sebesar Rp 7,82 miliar dari 60 proyek yang sudah berjalan. n

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat