Pengendara ojek daring melintasi jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (29/3/2020). | ANTARA FOTO

Ekonomi

Kementan Gandeng Gojek Distribusi Pangan

 

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Gojek untuk kerja sama distribusi pangan secara gratis. Kerja sama itu dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan pembatasan sosial selama penanganan wabah Covid-19.

"Saya apresiasi kerja sama dengan Gojek karena untuk menyikapi tantangan sekarang kita harus tangani dengan cara-cara baru," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kantor Pusat Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (4/3).

Syahrul menyatakan, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, kementerian teknis terkait wajib memastikan ketersediaan 11 bahan pangan pokok untuk masyarakat. Terlebih lagi, pada akhir April 2020 Indonesia akan memasuki Ramadhan dan secara musiman permintaan pangan akan naik.

Sebelas komoditas yang wajib dipastikan ketersediannya, yakni beras, daging dan telur ayam ras, daging sapi, minyak goreng, gula pasir, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, serta bawang putih. Ia pun meminta agar seluruh kepala dinas di setiap daerah bisa mengikuti kebijakan dan langkah pemerintah pusat dalam mengamankan distribusi pangan.

photo
Pedagang mensortir bawang putih impor asal China di Pasar Tradisional Peunayung, Banda Aceh, Kamis (26/3/2020). - (ANTARA FOTO)

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi menjelaskan, kerja sama dengan Gojek ditujukan untuk mempermudah distribusi 11 bahan pangan pokok tersebut. Masyarakat yang membeli kebutuhan pangan di Toko Mitra Tani milik Kementerian Pertanian via aplikasi Gojek akan digratiskan biaya pengirimannya.

"Jadi, tidak perlu membayar biaya antar sehingga gratis. Biayanya akan dibebankan kepada Kementerian Pertanian. Kami yang akan membayar, sistemnya tentu sudah ada di Gojek," ujar Agung.

Ia pun memastikan, layanan tersebut tidak akan memengaruhi harga pangan yang dibeli konsumen. Sementara, para pengemudi ojek online setidaknya bisa memperoleh penghasilan tambahan dari kerja sama tersebut. Kerja sama Kementan dan Gojek secara bertahap akan diberlakukan di 3.500 Toko Mitra Tani yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bawang impor tiba

Pasokan impor bawang bombai mulai tiba di Indonesia. Syahrul berharap, seiring masuknya pasokan impor, harga di tingkat konsumen diharapkan berangsur turun hingga kembali pada level normal.

"Kita sudah saksikan impor bawang bombai mulai beruturut-turut masuk ke Indonesia. Kita harap, ini bisa stabilkan ketersediaan yang ada," kata Syahrul.

Syahrul mengatakan, tahap pertama yang tiba di Indonesia merupakan impor bawang bombai dari Selandia Baru. Total pasokan yang masuk pada tahap pertama sebanyak 10 kontainer atau setara 260 ton oleh PT Tunas Maju Mandiri.

photo
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) didampingi Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi (ketiga kiri) meninjau ketersediaan bawang putih di gudang PT Food Station Tjipinang Jaya, Jakarta, Rabu (18/3/2020). - (ANTARA FOTO)

Ia mengakui, sempat terjadi panic buying dari para konsumen. Hal itu turut membuat pasokan bawang bombai menipis sementara seluruh pasokan diimpor dari luar negeri. Oleh sebab itu, pasokan bawang bombai yang perlahan mulai masuk ke Indonesia diharapkan dapat segera didistribusikan ke berbagai daerah.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto menambahkan, Kementan telah menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) sebanyak lebih 277 ribu ton hingga awal April 2020.

Menurut dia, volume itu setara dengan kebutuhan 1,5 tahun sehingga jika terealisasi sepenuhnya akan sangat mencukupi. Pada tahap-tahap selanjutnya, akan datang bawang bombai dari Australia, Cina, dan India.

Namun, khusus India mengalami kendala lantaran pemerintah setempat tengah menerapkan kebijakan lockdown akibat wabah Covid-19. "Kita akan percepat dari Selandia Baru, Australia, dan Cina dalam waktu dekat akan tiba di Indonesia," ujarnya. n 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat