Pemain timnas Indonesia Elkan Baggot berebut bola dengan pemain Irak pada Grup D Piala Asia di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). | AP Photo/Hussein Sayed

Sepak Bola

PSSI Panggil Elkan Baggott untuk Perkuat Timnas U-23

PSSI meminta suporter terus memberikan dukungan kepada para pemain timnas-U-23.

JAKARTA — PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) memanggil Elkan William Tio Baggot untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda untuk menghadapi Guinea. Tenaga Elkan dibutuhkan guna memperkuat lini belakang dalam perebutan tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

"Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap Elkan Baggot dan tinggal menunggu respons dari klubnya (Ipswich Town)," ujar Ketua BTN Sumardji dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/5/2024)

Elkan Baggot dikenal publik pada 2020 ketika dipanggil PSSI untuk memperkuat timnas Garuda U-19 dalam laga persahabatan melawan Makedonia Utara. Pemain keturunan Indonesia-Inggris itu mulai bergabung dengan tim junior Ipswich Town pada 2019 dan diminta bergabung dengan klub senior pada 2020.

photo
Pesepak bola Timnas Indonesia Elkan Baggot (kedua kiri) mengontrol bola saat latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (10/6/2023). - (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Elkan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich Town pada 2021 dan mencatatkan rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang berlaga di Liga Inggris. Kini, penyerang berusia 21 tahun itu kembali dipanggil untuk bergabung bersama Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menghadapi laga penting melawan Guinea.

Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga playoff melawan wakil dari Afrika, Guinea, di Paris pada 9 Mei, yang merupakan peluang terakhir untuk tampil pada Olimpiade Paris.

Garuda Muda belum bisa mengamankan tiket berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia pada kesempatan pertama saat kalah melawan Irak dengan skor 1-2 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan penampilan Garuda Muda pada Piala Asia sangat membanggakan karena bisa menjadi empat terbaik dalam kejuaraan tingkat Asia termasuk Australia.

"Garuda Muda tampil sebagai tim debutan, tapi mampu menjadi salah satu dari empat tim terbaik di turnamen ini, (Piala Asia)," ujarnya.

Erick mengatakan peluang Garuda Muda untuk bisa tampil pada Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka melalui laga melawan Guinea.

"Kita harus berjuang di pertandingan melawan Guinea," katanya.

Guinea merupakan tim yang berstatus peringkat empat Piala Afrika U-23 2023. Berdasarkan ranking FIFA yang dirilis pada April, Guinea menempati peringkat ke-76 FIFA dengan 1.324,65 poin, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-134 FIFA dengan mengemas 1102,7 poin.

photo
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 Marselino Ferdinan (kiri) melewati hadangan pesepak bola Timnas Irak U-23 Karrar Mohammed Ali (kanan) dalam pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (3/5/2024) dini hari. - ( ANTARA FOTO/HO-PSSI)

Berikan dukungan    
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga meminta publik agar tidak merundung pemain timnas Indonesia U-23 setelah kegagalan mereka memastikan tempat ketiga di Piala Asia U-23 2024 setelah takluk 1-2 dari Irak. 

Kegagalan tersebut tentu saja membuat suporter kecewa. Namun sejumlah warganet melancarkan kritik yang justru membahayakan mental pemain muda yang tengah berkembang. 

Warganet memang memuji permainan Nathan Tjoe-A-On yang tampil baik. Namun, ada juga pemain yang mendapat banyak kritikan. Marselino Ferdinan bahkan dinilai egois saat memiliki peluang bagus dan memilih mengeksekusi sendiri dari pada membagi kepada rekannya yang dalam posisi lebih baik.

Arya pun angkat bicara, ia meminta kepada publik agar tidak merundung pemain. "Ketika tim berhasil, maka semuanya berjasa, demikian juga ketika tim gagal, semua bertanggung jawab. Jangan salahkan satu dua pemain. Jangan ada caci maki di sepak bola yang kita cintai ini," ujarnya menambahkan. 

Menurut Arya, saat ini lebih baik melupakan kekalahan tersebut dan segera mengalihkan fokus ke babak playoff  menghadapi Guinea dalam perebutan satu tiket terakhir Olimpiade Paris 2024. Laga Indonesia dengan Guinea akan berlangsung di Stadion Pierre Pibarot pada Kamis (9/5/2024).

"Sekarang saatnya kita fokus ke playoff tangal 9 Mei melawan Guinea di Paris. Semua yang terjadi selama AFC U-23 sudah dievaluasi. Yuk fokus," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat