Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024). | Republika/Prayogi

Ekonomi

Delapan Tantangan Ekonomi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pemerintah harus menyediakan pangan bergizi untuk rakyat.

 


JAKARTA -- Komunitas alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) bernama Ganesha Breeding Club (B-Club) meminta pemerintahan Prabowo-Gibran kelak fokus mengurus persoalan ekonomi. Menurut B-Club, terdapat delapan tantangan ekonomi yang harus diatasi.

Pertama, tantangan mewujudkan kedaulatan pangan. Koordinator B-Club Lutfi Alkatiri menyebut, pemerintah harus menyediakan pangan bergizi untuk rakyat serta memproduksi pangan secara mandiri.

Kedua, tantangan mewujudkan kedaulatan energi. Lutfi mengatakan, pemerintahan Prabowo-Gibran harus melakukan transformasi energi, yakni beralih dari bahan bakar fosil ke sumber energi baru.

Ketiga, tantangan mewujudkan perekonomian baru dan hijau. Menurut Lutfi, Indonesia sebagai negara maritim bisa mengoptimalkan sumber daya perikanan dan kelautan yang selaras dengan agenda perubahan iklim. 

"Keempat, tantangan penciptaan lapangan kerja, utamanya bagi generasi muda," kata Lutfi dalam diskusi bertajuk ‘Menjemput Kebangkitan Nasional 2045: Arah Ekonomi Kepemimpinan Baru Indonesia’ di Hotel Veranda Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2024) malam.

photo
Nelayan menurunkan hasil tangkapan ikannya di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/12/2023). - ( Antara/Hasrul Said)

Kelima, tantangan digitalisasi. Pemerintahan Prabowo-Gibran diminta mendigitalisasi segala bidang kehidupan supaya produktivitas dan efisiensi. Keenam, tantangan percepatan pembangunan agar bonus demografi bisa dioptimalkan dan Indonesia kelar dari jebakan negara berpendapatan menengah.

Ketujuh, tantangan pembiayaan pembangunan, terutama untuk membiaya program-program prioritas baru dan program strategis yang harus dilanjutkan. Terakhir, tantangan geopolitik global yang dapat berdampak terhadap stabilitas ekonomi Indonesia.

Ketua Dewan Pakar Koalisi Indonesia Maju (KIM), Burhanuddin Abdullah mengatakan Prabowo akan fokus mengurusi persoalan ekonomi. Dia meminta semua pihak untuk tidak khawatir ihwal komitmen Prabowo.

Dia menegaskan bahwa Prabowo adalah sosok yang konsisten memperjuangkan perekonomian rakyat. "Gagasan yang disampaikan Prabowo konsisten, dari dulu sampai sekarang dia selalu mengerjakan apa yang dia sampaikan dari dulu sampai sekarang," kata Burhanudin dalam kesempatan sama.

photo
Pengunjung memadati pusat perbelanjaan pakaian Pasar Baru, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). - (Edi Yusuf/Republika)

Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jumhur Hidayat mengatakan, Indonesia harus menjadi negara mandiri untuk mencapai situasi ekonomi yang stabil. 

"Yang disebut mandiri apa? Itu artinya semua orang Indonesia harus dilibatkan kalau bisa modalnya orang Indonesia, kalau bisa yang ngerjainnya orang Indonesia kemudian tenaga kerja Indonesia, yang belinya orang Indonesia yang menikmati anak-anak Indonesia juga," kata Jumhur. 

Mengenai ekonomi, Prabowo sebelumnya meyakini, pemerintahannya kelak bisa membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia menembus angka 8 persen. Sebagai perbandingan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tak pernah mencapai 6 persen selama kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Saya sangat yakin, saya sudah berbicara dengan para pakar dan mempelajari angkanya. Saya yakin kita dapat dengan mudah mencapai 8 persen. Saya bertekad melampauinya," kata Prabowo dalam acara Qatar Economic Forum di Kota Doha, Qatar, Rabu (15/5/2024), sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya.

Prabowo bahkan menargetkan pertumbuhan ekonomi 8 persen itu bisa terwujud di tahun kedua atau ketiga pemerintahannya. "Ya mungkin (harapannya) bisa (terwujud) dalam dua tiga tahun ke depan," ujarnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menjelaskan, pertumbuhan ekonomi 8 persen akan dicapai dengan melaksanakan program hilirisasi sumber daya alam (SDA) serta meningkatkan produksi hasil pertanian, pangan, dan energi.

"Kita ingin go-green dengan cara yang sangat cepat. Kita ingin memproduksi diesel dari minyak kelapa sawit dan ini akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang sangat kuat," ungkap Prabowo.

photo
Laju pertumbuhan ekonomi - (BPS)

Dia menyebut, Indonesia selama ini mengimpor 20 miliar dolar AS setiap tahun untuk diesel. Apabila Indonesia bisa memproduksi biofuel sebagai pengganti diesel, maka pengeluaran bisa dihemat dalam jumlah besar.

Menteri Pertahanan itu menegaskan, pelaksanaan kebijakan hilirisasi ataupun produksi biofuel bukan berarti Indonesia adalah negara yang menganut konsep ekonomi proteksionis. Menurutnya, hilirisasi adalah cara Indonesia menjadi negara maju.

"Kami tidak proteksionis. Apa yang kami lakukan sangat logis, setiap negara di dunia akan memperjuangkan atau melindungi kepentingan inti nasional, rakyatnya," ujar Prabowo.

"Kita ingin melakukan industrialisasi dan itu adalah sumber daya alam kita yang harus dilindungi demi kepentingan rakyat. Kita harus mendapatkan nilai penuh untuk itu. Kita tidak bisa terus mengimpor barang-barang industri sepanjang waktu. Itu tidak adil bagi rakyat kita," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat