Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan-kiri) berfoto bersama usai mengikuti sesi debat perdana Calon Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (1 | Republika/Thoudy Badai

Khazanah

Tuntunan Islam dalam Debat: Jangan Merasa Benar Sendiri!

Mendengarkan lawan debat adalah bentuk keadilan baginya.

Oleh UMAR MUKHTAR

Debat calon presiden diselenggarakan perdana pada Selasa (12/12/2023) malam. Debat berjalan hangat dengan aksi saling sanggah antara kandidat. Dalam negara demokrasi, debat terbilang penting agar masyarakat bisa mengetahui sejauh mana kapasitas calon presiden.  Islam memiliki tradisi debat dalam kooridor keilmuwan yang panjang. Dalam berdebat pun, ada adab yang diatur agar...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Tiga Capres Adu Argumen pada Debat Presiden

Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik.

SELENGKAPNYA

Takut Aib Terungkap, Tobat pun Diterima

Seorang umat Nabi Musa ini berdoa kepada Allah agar menutupi aibnya. Ia juga bertobat nasuha.

SELENGKAPNYA

Kala Rasulullah Ditampar Badui

Seorang Arab Badui pernah menampar Nabi Muhammad SAW tanpa dirinya tahu bahwa yang dihadapinya adalah seorang utusan Allah.

SELENGKAPNYA