Private jet dan dampak lingkungan (ilustrasi) | Pixabay/Sasin Tipchai

Sains

'Dosa Lingkungan' Satu Persen Orang Terkaya di Dunia

Penghasil emisi yang terkenal termasuk keluarga Blavatnik, keluarga Murdoch, dan Eric Schmidt,

Jet pribadi milik 200 orang bangsawan dan selebritas di Inggris dilaporkan telah melepaskan sekitar 415.518 metrik ton karbon dioksida yang memanaskan iklim antara Januari 2022 dan 22 September 2023. Hal ini merujuk pada laporan the Guardian yang rilis Selasa, (20/11/2023). 

Jumlah tersebut setara dengan emisi yang dibakar oleh hampir 40 ribu warga Inggris dalam semua aspek kehidupan mereka. Sebanyak 200 jet pribadi yang dilacak oleh the Guardian adalah milik para selebritas, miliarder, CEO, dan keluarga mereka, di antaranya adalah keluarga Murdoch, Taylor Swift, dan Rolling Stones.

Secara keseluruhan, penerbangan kelas atas tersebut melakukan total 44.739 perjalanan selama periode penelitian. Penghasil emisi yang terkenal termasuk keluarga Blavatnik, keluarga Murdoch, dan Eric Schmidt, yang penerbangannya selama periode penelitian 21 bulan melepaskan lebih dari 7.500 metrik ton karbon dioksida.

Dunia yang Berubah Karena Perubahan Iklim - (Republika)

  ​

Keluarga Sawiris mengeluarkan sekitar 7.500 metrik ton dan Lorenzo Fertitta mengeluarkan lebih dari 5.000 metrik ton. Pesawat pribadi Boeing 767 milik Rolling Stones melepaskan sekitar 5.046 metrik ton karbon dioksida, yang setara dengan 1.763 penerbangan ekonomi dari London ke New York. Sedangkan, 39 pesawat jet yang dimiliki oleh 30 oligarki Rusia melepaskan 30.701 metrik ton karbon dioksida.

Sebagai perbandingan, emisi per kapita rata-rata adalah 14,44 metrik ton di AS pada 2022, 13,52 metrik ton di Rusia pada 2021, dan 5,2 metrik ton di Inggris pada tahun yang sama.

Taylor Swift adalah satu-satunya selebritas atau miliarder dalam laporan tersebut yang timnya menanggapi permintaan komentar. "Sebelum tur dimulai pada Maret 2023, Taylor membeli lebih dari dua kali lipat kredit karbon yang dibutuhkan untuk mengimbangi semua perjalanan tur," kata juru bicara bintang pop tersebut kepada the Guardian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Taylor Swift (@taylorswift)

Swift tampaknya telah menanggapi tekanan publik untuk mengurangi penggunaan jet pribadi. Pesawatnya rata-rata melakukan 19 penerbangan dalam sebulan antara Januari dan Agustus 2022 serta pernah dinobatkan sebagai selebriti yang paling sering menggunakan pesawat.

Setelah itu, rata-rata penerbangan bulanan pesawatnya turun menjadi dua kali. Investigasi the Guardian didasarkan pada registrasi pesawat pribadi yang dikumpulkan oleh TheAirTraffic Database dan catatan penerbangan dari OpenSky.

Para wartawan kemudian menghitung emisi penerbangan berdasarkan informasi model yang terdapat dalam database ADSBExchange Aircraft dan Planespotters.net serta emisi per jam per model yang terdapat dalam kalkulator CO2 Conklin & De Decker dan kalkulator emisi Eurocontrol. Laporan ini dirilis sehari setelah studi Oxfam menemukan bahwa satu persen orang terkaya di dunia menghasilkan emisi yang sama dengan dua pertiga orang termiskin di dunia.

photo
Seniman Pantomim Wanggi Hoed tampil pada aksi Global Climate Strike 2023, di Taman Cikapayang, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Ahad (17/9/2023). Aksi tersebut sebagai upaya mengajak masyarakat untuk perduli terhadap perubahan iklim dunia, agar melakukan tindakan nyata dalam mengatasinya. - (Edi Yusuf/Republika)

Dengan jejak karbon yang tinggi dan status kemewahannya, jet pribadi telah muncul sebagai titik tolak gerakan keadilan iklim. “Sangat tidak adil bahwa orang kaya dapat merusak iklim dengan cara ini, hanya dalam satu kali penerbangan yang menghasilkan polusi lebih banyak daripada mengendarai mobil sejauh 23 ribu kilometer. Polusi akibat kemewahan harus dihentikan, kita perlu melarang jet pribadi,” ujar juru kampanye transportasi Greenpeace Uni Eropa, Thomas Gelin, seperti dilansir Common Dreams, Rabu (22/11/2023).

Di Amerika Serikat (AS), sekelompok aktivis iklim menggalang kekuatan untuk menghentikan perluasan Hanscom Field di Massachusetts, lapangan terbang jet pribadi terbesar di New England. Laporan pada Oktober 2023 juga menemukan bahwa penerbangan dari lapangan terbang tersebut melepaskan total 106.676 ton emisi karbon antara 1 Januari 2022 dan 15 Juli 2023,

"Ini mungkin bentuk perjalanan mewah yang paling tidak dapat ditoleransi di planet yang sedang memanas ini," tulis Chuck Collins, yang ikut menulis laporan Hanscom, untuk Fortune. 

 

 
Kita perlu melarang jet pribadi. 
 
THOMAS GELIN, Juru kampanye transportasi Greenpeace Uni Eropa. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perubahan Iklim, Alkohol, dan Lonjakan Pencandu Narkoba

Badai atau banjir dapat menghancurkan kehidupan dalam semalam.

SELENGKAPNYA

Perubahan Iklim, Jokowi Ajak Dunia Gencarkan Transisi Energi

Transisi energi merupakan isu mendesak yang harus menjadi perhatian seluruh negara.

SELENGKAPNYA

Dari Petir Hingga Kemiskinan, Perubahan Iklim akan Mengubah Banyak Hal

Perubahan iklim dapat mendorong lebih dari 120 juta orang jatuh ke dalam kemiskinan.

SELENGKAPNYA