Peserta Aksi membawa bendera Palestina saat Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Aksi tersebut menuntut agar konflik antara Palestina dan Israel segera dihentikan dan dilakukan penyelidikan int | Republika/Putra M. Akbar

Gaya Hidup

Teliti Memilih Lembaga Filantropi untuk Membantu Palestina

Penting juga untuk memastikan bahwa setiap organisasi yang terpilih memiliki tata kelola yang baik.

Berdonasi mempunyai manfaat sosial yang lebih luas, seperti membantu mengentaskan kemiskinan global atau mengatasi masalah lingkungan. Seperti yang disoroti oleh rekan peneliti Heather McLeod Grant dalam wawancara pakar dengan Mind Tools.

Dalam wawancara tersebut dijelaskan, organisasi nirlaba sering kali “mengisi kesenjangan” yang mungkin terlewatkan oleh pemerintah dan perusahaan komersial, seperti misalnya terkait kesejahteraan hewan atau seni. 

Saat ini banyak dibuka donasi kemanusiaan untuk membantu Palestina. Terlepas dari rasa ingin segera membantu, tapi tentu kita tetap harus cermat dalam menentukan kemana bantuan yang kita berikan akan disalurkan.

photo
Warga Palestina memeriksa kerusakan masjid yang hancur akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Khan Younis, Jalur Gaza Selatan, Rabu, (8/11/2023). - (AP Photo/Mohammed Dahman)

Lalu, bagaimanakah cara memilih lembaga filantropi yang amanah? Dilansir MindTools, Senin (6/11/2023), berikut tujuh langkah yang dapat Anda ambil untuk memutuskan badan amal yang akan Anda dukung. 

Pertama, ketahui alasan Anda. Pilihan Anda terhadap lembaga nonprofit bergantung pada pemahaman Anda mengapa Anda ingin mendukung lembaga nonprofit tersebut. 

Misalnya, Anda mungkin ingin mengembangkan kemitraan strategis jangka panjang atau mengembangkan tanggung jawab sosial perusahaan di organisasi Anda atau mungkin Anda ingin menggalang dana sebagai insentif untuk mencapai tujuan pribadi, seperti lari maraton. 

Apa pun kasusnya, Anda memerlukan tujuan yang memiliki hubungan bermakna yang akan memotivasi Anda dan sebanyak mungkin orang lain. Kedua, tentukan kriteria Anda.

photo
Balon buah semangka saat Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Aksi tersebut menuntut agar konflik antara Palestina dan Israel segera dihentikan dan dilakukan penyelidikan internasional atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel untuk diajukan ke Mahkamah Internasional. Mereka juga menentang keras penjajahan Israel atas Palestina dan mengecam keras politik apartheid, genosida dan holokaus serta terorisme yang terus dilakukan Israel. Hal ini adalah demi kemanusiaan perdamaian dan keadilan. Dalam pernyataannya, Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina, demi kemanusiaan yang adil dan beradab, menyatakan sikap atas Tragedi Kemanusiaan terhadap Gaza, Palestina akibat agresi, kekejaman dan kezaliman Zionis Israel. - (Republika/Putra M. Akbar)

Langkah ini akan membantu Anda menentukan tidak hanya organisasi yang relevan, tapi juga organisasi yang tepat untuk didukung. Pertimbangan utama meliputi apa dan berapa banyak yang Anda mampu.

Ingat, dukungan Anda tidak harus berupa finansial. Anda dapat memberikan waktu, orang, keahlian, atau sumber daya lainnya. 

Kemudian, jenis organisasi yang ingin Anda dukung. Contohnya: lokal, nasional, internasional? Besar atau kecil? Bantuan Anda mungkin dapat disalurkan lebih jauh melalui lembaga amal kecil setempat, dan kemungkinan besar Anda akan melihat hasil langsung dari kontribusi Anda. 

Namun, dampaknya mungkin lebih kecil. Mendukung badan amal yang lebih besar dan terkemuka dengan tujuan yang ambisius mungkin cocok jika motivasi Anda lebih strategis atau Anda ingin melihat perubahan yang lebih luas. 

photo
Presiden Indonesia Joko Widodo menempelkan stiker pada perbekalan bantuan saat pemeriksaan bantuan untuk warga Palestina di Gaza, sebelum diberangkatkan dari pangkalan udara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Indonesia, Sabtu (4 /11/2023). Pemerintah Indonesia pada hari Sabtu mengirimkan gelombang pertama bantuan kemanusiaan untuk masyarakat di Gaza, bantuan pertama negara tersebut sejak perang Israel-Hamas dimulai. - (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Selanjutnya, satu organisasi atau beberapa? Anda dapat memilih untuk berkontribusi pada satu badan amal, atau membagi dukungan Anda ke beberapa badan amal. 

Berapa lama Anda akan bermitra dengan mereka. Apakah yang terbaik adalah merotasi badan amal atau nirlaba pilihan Anda setiap kuartal atau tahun, atau membuat perjanjian jangka panjang? 

Apakah Anda ingin fokus pada tujuan atau proyek tertentu. Pertimbangkan kesamaan kepentingan dan hubungan alami, serta isu-isu yang penting bagi Anda atau yang dapat menawarkan keuntungan strategis. Pikirkan juga kekhawatiran yang penting bagi pelanggan dan anggota tim Anda. Ini akan menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap hal-hal yang penting bagi mereka, dan mendorong mereka untuk terlibat. 

Kemudian, pertimbangkan pula jenis hubungan apa yang Anda inginkan. Apakah Anda menawarkan dukungan secara anonim, hanya sekali saja, atau mencari kemitraan formal? Apa sifat kemitraan itu? Perjanjian dapat mencakup dukungan, peluang periklanan, dan aliansi strategis penuh. 

photo
Warga Palestina memeriksa kerusakan masjid yang hancur akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu, (8/11/2023). - (AP Photo/Mohammed Dahman)

Apakah Anda akan mempromosikan keterlibatan Anda. Pertimbangkan pula pro dan kontranya, karena publisitas dapat dipandang sebagai hal yang mementingkan diri sendiri dan bukannya amal. 

Standar yang harus Anda junjung. Apakah ada standar perilaku tertentu yang ingin Anda patuhi?

Jangan lupa juga untuk melakukan penelitian lapangan. Langkah Anda selanjutnya adalah meneliti organisasi yang dapat Anda dukung. Ada yang jarang luput dari perhatian publik, sementara ada pula yang kesulitan membuat suaranya didengar. 

Lalu, tinjau organisasi. Evaluasi potensi badan amal berdasarkan alasan dan kriteria Anda, sampai Anda memiliki daftar pilihan. Misalnya, jika Anda ingin membuat keputusan strategis atau berdasarkan nilai, bandingkan pernyataan misi dan visi organisasi dengan pernyataan visi Anda. 

Penting juga untuk memastikan bahwa setiap organisasi yang terpilih memiliki tata kelola yang baik. Anda bisa memilih tiga atau empat pilihan teratas mengenai badan amal dan lakukan “uji tuntas” dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Salah satu contoh pertanyaannya adalah apa sebenarnya yang dilakukan organisasi tersebut? Pastikan pekerjaan yang dilakukannya adalah pekerjaan yang ingin Anda dukung. 

Setelah berbagai hal tersebut dipertimbangkan, kini saatnya memutuskan. Baik keputusan ada di tangan Anda, manajer Anda, atau Dewan Direksi, sering kali Anda membutuhkan orang lain untuk “menyetujui” tujuan yang Anda pilih. 

Jika memungkinkan, libatkan anggota tim Anda dalam proses pengambilan keputusan, Hal ini kemungkinan besar akan meningkatkan rasa investasi pribadi dan finansial mereka. 

photo
Relawan membagikan buah semangka saat Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Sarinah, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Buah semangka tersebut dibagikan kepada peserta aksi dan warga yang berolahraga saat car free day sebagai simbol dukungan untuk masyarakat Palestina. - (Republika/Putra M. Akbar)

Jika ini merupakan keputusan yang lebih strategis, Anda perlu “menjual” temuan Anda kepada manajer atau dewan direksi secara lebih formal. Selain itu, buatlah orang lain tetap terlibat.

Pertahankan minat antusiasme pemangku kepentingan Anda dengan memberikan pembaruan rutin mengenai pekerjaan lembaga nonprofit dan bagaimana kontribusi organisasi Anda digunakan. Anda dapat mengundang seseorang dari badan amal untuk menyampaikan presentasinya.

Mendengar langsung dari organisasi atau dari penerima manfaat dapat menjadi cara yang ampuh untuk menunjukkan pentingnya keterlibatan Anda. Anda mungkin juga bisa melibatkan orang-orang Anda sendiri, misalnya, dengan “hari sukarela”, di mana staf dapat mengambil hari libur yang dibayar untuk bekerja di badan amal.

Anda juga dapat meminta ide dari mereka tentang cara melanjutkan dukungan Anda. Bukan tak mungkin, mereka akan memunculkan ide-ide yang tidak biasa dan inovatif.

Pertimbangkan untuk membentuk komite lintas departemen yang memimpin proyek penggalangan dana dan penjangkauan di masa depan. Yang tak kalah penting, ikuti kemajuan organisasi.

Anda pasti ingin mengetahui bahwa kontribusi Anda mempunyai dampak, dan merasa yakin bahwa organisasi terus membutuhkan dan pantas mendapatkan dukungan Anda. Jadi, jangan takut untuk mengikuti kemajuannya dan terus meninjau dukungan Anda. 

 

 
Jangan lupa juga untuk melakukan penelitian lapangan.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ratusan Massa Dukung Aksi Bela Palestina di Banda Aceh

Aksi bela Palestina dari massa SAPA Palestina tersebut berlangsung di depan Masjid Rayat Baiturrahman, Banda Aceh.

SELENGKAPNYA

Sendirian, Gadis Palestina Hadapi Pasukan Israel

Kondisi di Tepi Barat terus memanas.

SELENGKAPNYA

Menyeimbangkan Pikiran di Tengah Bombardir Berita Konflik Palestina-Israel

Latihan pernapasan dalam dan relaksasi dapat membantu mengurangi gejala kecemasan.

SELENGKAPNYA

Dari Washington Hingga Jakarta: 'Palestina Harus Merdeka!'

Palestina menjadi fokus utama pejuang keadilan di seluruh dunia.

SELENGKAPNYA