Bahaya tenggelam di bak mandi (ilustrasi) | Unsplash/Tina witherspoon

Gaya Hidup

Waspadai Bahaya yang Mengintai di Bak Mandi

Bak mandi sebenarnya bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Baru-baru ini viral berita kematian aktor Matthew Perry. Ia ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di dalam bak mandi air panas di rumahnya. Apakah benar berendam di dalam bak mandi bisa berbahaya bagi Anda bahkan menyebabkan kematian?

Dilansir laman Bath Planet New Jersey, Senin (30/10/2023), bak mandi sebenarnya bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain itu, tidak baik bagi Anda menghabiskan waktu dengan gelembung busa dan berlama-lama di dalam bak mandi karena ada berbagai bahaya yang mengincar, di antaranya:

1. Tenggelam

Bak mandi bisa berbahaya dalam berbagai cara dan kita tidak hanya berbicara tentang tenggelam di bak mandi, yang bisa terjadi dalam hitungan menit jika anak-anak dibiarkan sendirian. 

2. Banyak orang terluka atau terbunuh di bak mandi karena kecelakaan

photo
Bahaya yang mengincar di bak mandi (ilustrasi) - (Unsplash/Jared Rice)

Banyak orang yang terbunuh akibat kecelakaan yang terjadi saat menggunakan bak mandi. Orang sering terpeleset dan jatuh. Akibatnya, tulang mereka bisa patah. 

Orang yang berendam di bak mandi juga mungkin mengalami luka dan memar. Kulit Anda bisa melepuh jika suhu air di bak mandi terlalu tinggi dan Anda tidak mendeteksinya sebelum mandi.

4. Tersengat listrik

Orang yang berendam di bak mandi juga dapat tersengat listrik jika bersentuhan dengan benda listrik saat berendam di bak mandi. 

5. Serangan jantung

Ada juga laporan orang yang menderita serangan jantung atau cedera kepala saat mandi. 

6. Infeksi saluran kemih

Meskipun mandi busa terdengar seperti cara bersantai untuk melepas lelah setelah hari yang melelahkan, namun mandi busa sejatinya tidak terlalu higienis. Mandi busa dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih.

Bahan kimia tertentu mungkin masuk ke uretra Anda saat mandi busa. Akibatnya, Anda bisa terkena infeksi saluran kemih. 

7. Infeksi vagina

Selain itu, penggunaan mandi busa dapat menyebabkan infeksi vagina.

photo
Kamar mandi (ilustrasi) - (Unsplash/Andrea Davis)

8. Pengelupasan sel kulit mati

Untuk menjaga kesehatan kulit, kita juga harus menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati cenderung terkelupas saat Anda mandi. Tak heran, karena proses pengelupasan sel kulit mati merupakan proses yang alami. Ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Sebaliknya, mandi di bak mandi yang penuh sel kulit mati kedengarannya tidak menarik. Ini sangat tidak sehat. Mandi dengan air yang mengandung sel kulit mati tidak akan membantu Anda membersihkan tubuh. Menurut penelitian, bak mandi lebih kotor dibandingkan tong sampah.

9. Luka lama sembuh

Jika Anda memiliki luka atau luka di kulit, luka tersebut mungkin memerlukan waktu lama untuk sembuh jika Anda menghabiskan banyak waktu di bak mandi.

Jika luka sudah jenuh, penyembuhannya akan memakan waktu lebih lama. Itu adalah sesuatu yang banyak dari kita sadari. Inilah sebabnya mengapa masyarakat disarankan untuk menghindari penggunaan bak mandi setelah membuat tato. Sel kulit kita rusak akibat tato. Akibatnya, bisa dianggap sebagai luka.

 

Tetap Aman Berendam di Bak Mandi

photo
Bahaya tenggelam di bak mandi (ilustrasi) - (Unsplash/Richard ludwig)

Kematian aktor Matthew Perry di dalam bak mandi air panas di rumahnya, tentu membuat masyarakat khawatir untuk berendam di bak mandi. Hal ini karena memang berbagai bahaya mungkin terjadi karena berendam di bak mandi.

Namun, meskipun menggunakan bak mandi mungkin berbahaya, Anda tidak harus mengabaikan gagasan tersebut sepenuhnya. Anda masih dapat menggunakannya selama Anda melakukan beberapa tindakan sebelum berenang dengan tenang di dalamnya seperti dilansir laman Bath Planet New Jersey, Senin (30/10/2023).

1. Anda dapat menambahkan pegangan pada dinding bak mandi Anda. Pertimbangkan untuk memasang beberapa di antaranya di sekitar area pancuran dan toilet Anda.

2. Gunakan strip, matras, atau ubin antiselip agar Anda tidak kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Simpan di kamar mandi dan juga di bak mandi Anda. Penutup cerat mandi juga dapat melindungi Anda dan keluarga dari cedera dan luka yang tidak disengaja.

3. Pastikan lantai di sekitar bak mandi dan di luar pancuran Anda kering agar Anda tidak tersandung dan terjatuh.

photo
Istihadhah, Kamar Mandi (ilustrasi) - (Pixabay)

4. Jika anak Anda sedang mandi, jangan pernah meninggalkannya tanpa pengawasan.

5. Untuk menghindari sengatan listrik yang tidak disengaja, hindari menyimpan benda-benda listrik di dalam atau di dekat pancuran atau bak mandi Anda.

6. Banyak orang menganggap ide menggunakan bak mandi cukup bergaya atau menenangkan. Namun, bak mandi tidak cocok untuk orang yang mengkhawatirkan kebersihan pribadinya.

Dalam kondisi yang parah, penyakit ini berpotensi mengancam jiwa. Oleh karena itu, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa individu tetap aman saat menggunakannya.

 

 
Gunakan strip, matras, atau ubin antiselip agar Anda tidak kehilangan keseimbangan dan terjatuh.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kehidupan Pelik di Balik Karakter Ikonik

Perry menyatakan, dia menghabiskan sembilan juta dolar AS untuk mencapai ketenangan.

SELENGKAPNYA