Republika menggelar Anugerah CSR 2023 di Jakarta, Kamis (26/10/2023). | Republika/Edwin Dwi Putranto

Ekonomi

Sembilan Perusahaan Raih Anugerah CSR Republika 2023

Anugerah ini diharapkan memacu para penerima untuk lebih meningkatkan kontribusi bagi lingkungan sekitar.

JAKARTA -- Sebanyak sembilan perusahaan meraih Anugerah CSR Republika 2023 dalam malam penghargaan yang digelar pada Kamis (26/10/2023) di Jakarta. Para pemenang peraih penghargaan memiliki program CSR yang sangat bermanfaat di sejumlah sektor.

Anugerah CSR Republika 2023 diberikan kepada Pertamina, Adaro Indonesia, BRI, BTN, PLN, PTBA, BNI, Telkom, dan Bank Mandiri. Anugerah ini merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang dinilai berperan penting dalam menggiatkan program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR. 

Republika menilai perusahaan tidak hanya boleh berpikir mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, tapi juga harus bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.

“Melalui ajang anugerah ini, Republika berpandangan bahwa bagi perusahaan yang juga memberikan perhatian signifikan terhadap lingkungannya, program mereka patut diapresiasi dalam bentuk penghargaan Anugerah CSR Republika," kata Direktur PT Republika Media Mandiri Nur Hasan Murtiaji.

Republika berharap anugerah yang digelar kedua kalinya ini memacu para penerima untuk lebih lagi meningkatkan kontribusi bagi lingkungan sekitar perusahaan dalam bentuk program-program CSR.

"Anugerah ini diharapkan menjadi penyemangat bahwa mereka tidak sendirian. Banyak lagi komponen bangsa yang mendukung dan tentu saja bersama-sama untuk sukses," kata Hasan.

Ada 10 kategori pemenang dalam Anugerah CSR Republika 2023 yang digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Kategori tersebut adalah lingkungan, dekarbonisasi, sosial, pendidikan, pengembangan wisata, ekonomi berkelanjutan, pendidikan, UMKM, dan infrastruktur. 

photo
Pengunjung sedang menggunakan alat dispenser plastik saat Penghargaan CSR Republika 2023 di Jakarta, Kamis (26/10/2023). - (Republika/ Putra M Akbar)

Dalam acara Anugerah CSR Republika ini juga diluncurkan kanal "ESG Now". Kanal ini ditargetkan menjadi pusat informasi mengenai program dan aktivitas perusahaan dalam menggerakkan isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan. "Kanal informasi ESG Now ini bisa diikuti di laman Republika.co.id sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan pengalaman terkait program-program ESG," kata Hasan.

Menurut Hasan, peluncuran kanal ESG Now ini tak hanya berhenti dalam bentuk konten informasi di platform digital Republika. Lebih dari itu, kanal ESG Now sejatinya hanyalah awalan dari kampanye dan gerakan mendukung program ESG. "Kita pahami bersama, ESG kini menjadi bagian penting dari ikhtiar warga Bumi melestarikan lingkungan, merekatkan hubungan sosial, dan mentradisikan tata kelola yang baik dalam segala hal," kata Hasan.

Sebagai bagian dari gerakan, Republika telah menyiapkan program dan rangkaian kampanye ESG secara berkelanjutan. "Nantikan program ESG Republika selanjutnya, dan pastikan Anda semua menjadi bagian dari gerakan ESG Now, bagian dari ikhtiar kita melestarikan bumi dan lingkungan," kata Hasan.

Pemimpin Redaksi Republika Elba Damhuri saat membuka acara Anugerah CSR Republika 2023 mengatakan, acara ini digelar guna menghormati dan menyambut game changer para pelaku CSR.

Hal ini sejalan dengan apa yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. "Kalau lihat dulu Nabi Muhammad, dia tidak hanya sebagai pebisnis, tetapi juga saling menolong dan peduli pada kelestarian lingkungan," kata Elba.

photo
Suasana acara Anugerah CSR Republika tahun 2023 yang digelar pada Kamis (26/10/2023). - (Republika/Edwin Dwi Putranto )

Dia menjelaskan, bisnis tanpa kepedulian sosial seperti pohon yang tidak dihiasi oleh buah-buahan dan warna-warni bunga. Namun, sekarang ini ada banyak pelaku bisnis yang menjadi game changer karena memberikan banyak manfaat dan peduli pada kelestarian lingkungan.

"Republika rutin memberikan penghargaan kepada lembaga atau tokoh inspiratif yang memberi banyak manfaat. Kami ucapkan terima kasih kepada mereka yang terus mendukung kepedulian terhadap masyarakat dan memberikan optimisme ke anak bangsa kita," ujar dia.

photo
Anugerah CSR 2023 - (Republika/Edwin Putranto)


Daftar Peraih Anugerah CSR Republika 2023

Kategori Lingkungan: Pertamina
Kategori Ekonomi Berkelanjutan: Adaro Indonesia
Kategori Infrastruktur: BRI
Kategori Pendidikan: BTN
Kategori Pertanian: PLN
Kategori Pemberdayaan Perempuan: PLN
Kategori Sosial: PTBA
Kategori Pengembangan Wisata: BNI
Kategori Dekarbonisasi: Telkom
Kategori UMKM: Bank Mandiri

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat