Spotify dan BTS mempersembahkan pengalaman spesial bagi para pendengarnya lewat fitur My Top 5: BTS Songs. | Dok Spotify

Geni

BTS dan Nyawa-Nyawa yang Terselamatkan Selama Pandemi

Penggemar BTS sangat terhubung dalam membawa pesan-pesan idolanya ke tingkat yang lebih mendalam.

Meskipun Army sering memuji BTS sebagai salah satu yang membantu mereka melewati masa-masa sulit pandemi ini, sepertinya pengaruh grup itu dalam mendorong kesehatan dan keselamatan masyarakat pada periode tersebut juga sama pentingnya. Grup beranggotakan tujuh orang tersebut membantu, terutama melalui musik ceria dan upbeat yang sengaja mereka keluarkan selama tahun-tahun tersebut.

Faktanya, hal ini dilaporkan mengerdilkan pengaruh kolektif lembaga-lembaga seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Institut Kesehatan Nasional (NHS) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Herbert Chang, profesor ilmu sosial kuantitatif di Dartmouth College, tertarik dengan lembaga publik mana yang memiliki suara terbesar dalam penyampaian pesan kesehatan masyarakat selama pandemi. Penelitian tersebut dilakukan ketika dia masih menjadi mahasiswa pascasarjana di University of Southern California dan memiliki akses ke kumpulan data Twitter (X) terbesar di dunia. 

photo
Penyanyi Korea Selatan Jung Kook, tengah, dari band K-pop BTS tampil solo di ABC Good Morning America di Rumsey Playfield/SummerStage pada Jumat, 14 Juli 2023, di New York.- (AP Photo/ Evan Agostini/Invision)

Ketika para peneliti mulai menganalisis data kuantitatif tentang komunikasi daring terkait kesehatan dan keselamatan masyarakat, mereka menyadari bahwa BTS adalah kekuatan pendorong terbesar dan paling efektif untuk menyampaikan pesan tersebut.

Dalam wawancara baru-baru ini, Chang memberikan contoh singkat tentang kumpulan data yang dianalisis dalam penelitian tersebut. Dia menunjukkan, kepala WHO menggunakan BTS dalam cuitannya sebanyak 16 kali selama waktu itu. 

Ada 2.000 cuit lainnya dengan pesan serupa, tetapi tanpa menyebutkan BTS. Chang mengatakan, perbedaan jangkauan antara set pertama dan kedua adalah 111 kali lipat. 

photo
Gedung landmark di Pulau Sebitseom diterangi warna ungu di Sungai Han di Seoul, Korea Selatan, Senin, 12 Juni 2023. Pencakar langit, jembatan, dan landmark lainnya di ibu kota Korea Selatan akan diterangi warna ungu pada hari Senin saat negara tersebut mulai merayakan peringatan 10 tahun band K-pop BTS yang popularitas globalnya menjadi sumber kebanggaan nasional Korea. - (AP Photo/Ahn Young-joon)

“Enam belas tweet-nya yang berisi BTS menghasilkan sekitar 200 ribu retweet. Tweet lainnya juga menghasilkan jumlah yang sama. Dari sini terlihat peningkatan viralitas hanya dengan menambahkannya sudah lebih dari 111 kali lipat,” ujar Profesor Chang, dilansir Koreaboo, Jumat (20/10/2023). 

Chang mengaku, meskipun dia memperkirakan BTS akan memiliki kehadiran yang cukup besar di antara tokoh-tokoh masyarakat dan lembaga-lembaga lain yang memiliki pengaruh terhadap pesan-pesan kesehatan pada saat itu, dia tidak pernah berpikir bahwa mereka akan terbukti menjadi yang terbesar di antara semuanya. 

Namun, bukan hanya pengaruh BTS sendiri sebagai figur publik yang mendorong angka-angka ini. Chang juga mencatat bahwa komunitas penggemar mereka yang sangat terhubung berkontribusi dalam membawa pesan-pesan BTS ke tingkat yang lebih mendalam. 

photo
Penyanyi-penulis lagu V BTS tampil di kanal YouTube K-Pop ON! Spotify untuk mengulas perilisan album debut solonya, Layover. - (Dok. Spotify Indonesia)

Selain itu, menurut Chang, salah satu hal yang dilihat adalah seberapa kuat komunitas raksasa Kpop itu. “Kita dapat membayangkan jaringan media sosial hanya sebagai jaringan, pengguna terhubung dengan pengguna. Pada dasarnya kami juga dapat mengukur kekuatan komunitas ini menggunakan algoritma analisis jaringan sosial,” kata Chang. 

Ketika pewawancara bertanya apakah komunitas penggemar BTS dibatasi hanya pada aktivisme tagar atau melampaui cakupan keyboard, Chang menjawab, aktivitas daring mereka diimbangi dengan tindakan tatap muka. Dia mencontohkan beberapa penggalangan donasi yang dipimpin oleh ARMY, termasuk donasi mereka sebesar 1 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 15,8 miliar untuk gerakan Black Lives Matter pada 2020. 

“Begitu pandemi melanda, banyak konser yang digelar BTS dibatalkan. Para penggemar secara daring mengatur diri mereka sendiri untuk menyumbang. Pada dasarnya, pengembalian dana ini untuk berbagai tujuan,” ujar dia. 

photo
Army penuhi warnet untuk war tiket konser Suga BTS, tiket pre-sale ludes terjual dalam waktu 15 menit, Senin (27/3/2023). - (dok Twitter @rikilovu)

“Salah satunya adalah gerakan Black Lives Matter pada 2020. Juga kepada Unicef. Dan total donasinya mencapai lebih dari 3 juta dolar AS (sekitar Rp 47,5 miliar, Red) atau 4 juta dolar AS (sekitar Rp 63,4 miliar, Red), sering kali semuanya dalam kurun waktu beberapa hari. Ini semua berasal dari organisasi akar rumput jenis ini yang menggunakan media sosial.” 

Bagi Chang, pengaruh yang ditunjukkan BTS pada fanbase mereka dan menginspirasi tindakan positif selama pandemi dapat menjadi pembelajaran bagi influencer non-partisan lainnya untuk memberikan perubahan yang bermaksud baik dalam kehidupan masyarakat. 

 

 
Pada dasarnya kami juga dapat mengukur kekuatan komunitas ini menggunakan algoritma analisis jaringan sosial
 
HERBERT CHANG, Profesor Ilmu Sosial Kuantitatif di Dartmouth College. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengatasi Depresi yang Masih Terasa Meski Pandemi Telah Berlalu

Pemeriksaan laboratorium juga dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosa depresi.

SELENGKAPNYA

Meraba-raba Potensi Pandemi yang akan Datang

Sejak dulu, banyak pandemi yang dipicu oleh interaksi dekat antara hewan dan manusia.

SELENGKAPNYA

Gaya Hidup Pascapandemi dan Risiko Serangan Jantung pada Usia Muda

Gaya hidup yang tidak sehat berperan sangat dominan sebagai penyebab penyakit jantung.

SELENGKAPNYA