Ganti nada dering di smartphone (ilustrasi) | Unsplash/Rami al zayat

Inovasi

Panduan Personalisasi Nada Dering di Android Agar Makin Catchy

Nada dering terpersonalisasi juga bisa digunakan untuk menandai kontak tertentu.

Setiap perangkat saat ini hadir dengan opsi penyesuaian personalisasi yang luar biasa. Ini termasuk penyesuaian estetika dengan casing dan tali pengikat serta personalisasi internal dengan wallpaper dan nada dering khusus.

Stok nada dering yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel pintar Android tentu kini memiliki kualitas yang mumpuni. Namun, itu tidak dapat membuat ponsel terdengar unik. Saat ini, Anda dapat menyetel musik Spotify sebagai alarm lantas mengapa tidak menyetel lagu favorit Anda sebagai nada dering ponsel?

Simak langkah-langkah ini, untuk membuat nada dering yang sangat catchy dan kekinian, seperti dilansir Android Police, Kamis (19/10/2023):

Solusi Smartphone Lemot - (Republika)

  ​

Sebelumnya, perlu diingat langkah-langkah ini berfungsi untuk semua ponsel Android yang menjalankan Android 13 atau lebih baru. Namun, langkah-langkah keseluruhannya juga harus serupa untuk versi yang lebih lama.

1. Buka aplikasi Settings.

2. Ketuk Sound & vibration.

3. Ketuk Phone ringtone.

4. Ketuk My Sounds.

5. Ketuk ikon + di pojok kanan bawah.

6. Pilih file audio yang ingin Anda gunakan dari direktori telepon Anda.

7. Ketuk Save di sudut kanan atas.

Anda akan mendapatkan nada dering khusus setelah menyelesaikan langkah-langkah ini. Lagu atau audio apa pun yang Anda pilih akan diputar saat Anda menerima panggilan telepon.

photo
Calon pembeli mencoba Handphone/Smartphone disalah satu gerai di Jakarta, Kamis (7/4).Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementarian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan kebijakan pemblokiran ponsel ilegal atau black market di Indonesia,Aturan ini akan didasarkan pada validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).Prayogi/Republika. - (Republika/Prayogi)

Cara menjadikan lagu sebagai nada dering untuk kontak tertentu

Apakah ada lagu yang merupakan lelucon antara Anda dan seorang teman? Atau mungkin lagu cinta yang Anda bagikan dengan pasangan? Jika mau, pilih lagu tersebut sebagai nada dering khusus untuk kontak tertentu. Ini cara yang bagus untuk mempersonalisasi nada dering untuk orang yang Anda kenal baik.

1. Buka aplikasi Contacts.

2. Pilih kontak yang ingin Anda setel nada dering khusus.

3. Ketuk titik tiga di sudut kanan atas.

4. Ketuk Set ringtone.

5. Ketuk My Sounds.

6. Ketuk ikon + di pojok kanan bawah.

7. Pilih file audio yang ingin Anda gunakan dari direktori telepon Anda.

8. Ketuk Save di sudut kanan atas.

Sekarang Anda akan langsung tahu kapan saja kontak itu menelepon Anda. Ditambah lagi, Anda mungkin akan tersenyum ketika mendengar lagu spesial mereka.

Sejarah Smartphone Lipat - (republika)

  ​

Cara mendapatkan file musik di Android Anda

Untuk memilih lagu dari direktori ponsel Anda saat menyelesaikan langkah di atas, Anda memerlukan salinan file audio lagu yang diunduh di ponsel Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1.Transfer file musik dari komputer ke ponsel Anda

Anda dapat mentransfer file audio dari komputer ke ponsel Anda untuk digunakan sebagai nada dering. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah melalui koneksi kabel. Dengan menghubungkan perangkat Anda menggunakan kabel USB, Anda dapat menyalin file audio dari komputer Anda ke penyimpanan lokal ponsel Anda.

Anda juga dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive untuk mentransfer file audio ke ponsel Anda. Ini berguna jika Anda tidak dapat menghubungkan perangkat Anda secara fisik. Anda hanya perlu mengunggah file audio dari komputer Anda atau perangkat lain ke cloud. Kemudian, Anda dapat mengakses cloud menggunakan ponsel Anda dan mengunduh file tersebut.

2. Gunakan aplikasi pengunduhan musik

Ada cara lain untuk mendapatkan file audio hanya menggunakan ponsel Anda jika itu yang Anda inginkan. Anda harus mencari aplikasi di Play Store untuk mengunduh lagu. Mulailah dengan kata kunci seperti musik gratis atau unduh musik dan lihat legalitas dan persyaratan untuk aplikasi ini.

Ada banyak katalog yang layak. Biasanya, Anda akan melihat ikon unduh di samping lagu atau daftar putar. Anda sebaiknya menggunakannya selama aplikasi memungkinkan Anda mengunduh file audio ke penyimpanan lokal ponsel Anda.

Misalnya, Bandcamp menampilkan ribuan artis terkenal dan pendatang baru. Banyak dari mereka menawarkan unduh lagu dan seluruh album secara gratis dan legal. 

 

 
Anda juga dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive untuk mentransfer file audio ke ponsel Android
 
 

a.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Balada Smartphone Mewah dan Legalitas IMEI

Jangan tergiur ponsel ilegal yang murah.

SELENGKAPNYA

Cara Tepat Mengabadikan Kecantikan 'Supermoon' dengan Smartphone

Untuk menangkap gambar bulan, lampu kilat bisa menghasilkan keluaran gambar berkabut.

SELENGKAPNYA