Tes kecepatan jaringan Telkomsel di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. | Dok Telkomsel

Inovasi

Siapkan Jaringan Terbaik di MotoGP Mandalika 

Kenyamanan layanan telekomunikasi juga tak kalah penting diperhatikan untuk ajang MotoGP Mandalika.

Perhelatan MotoGP 2023 Mandalika telah dimulai sejak Jumat (13/10/2023). Penyelenggara pun telah merampungkan berbagai persiapan akhir jelang perlombaan pada akhir pekan ini. 

Tak hanya bicara tentang lintasan, venue, atau beragam aspek keamanan, layanan telekomunikasi juga ikut memainkan peran krusial di ajang balap yang satu ini. Telkomsel pun telah memastikan ketersediaan ragam inovasi produk dan layanan unggulan yang akan mendukung pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh tim ofisial, para pebalap, pengunjung domestik dan mancanegara, serta masyarakat sekitar.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan, meneruskan kesuksesan pelaksanaan sebelumnya, tahun ini diperkirakan akan ada pertumbuhan sekitar 15 persen pengunjung baik asing maupun lokal yang menonton gelaran MotoGP 2023 secara langsung di Mandalika. Hal tersebut, menurutnya, turut berpotensi mendorong lonjakan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan. 

photo
Kesiapan jaringan Telkomsel untuk MotoGP Mandalika - (Dok Telkomsel )

“Telkomsel sendiri telah memetakan ada 91 lokasi yang berpotensi mengalami lonjakan trafik komunikasi tinggi selama pelaksanaan gelaran MotoGP 2023 Mandalika di Nusa Tenggara Barat, antara lain, meliputi area penginapan, tempat destinasi wisata, media center, titik-titik transit transportasi, seperti bandara dan pelabuhan, hingga kawasan Mandalika International Street Circuit,” ujar Adiniwahyu. Telkomsel pun menambah 32 unit BTS 4G/LTE yang melengkapi total 386 unit BTS 4G/LTE untuk melayani kebutuhan akses komunikasi, khususnya konektivitas digital masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika. 

Di kawasan Mandalika International Street Circuit, Telkomsel juga mengoperasikan tambahan tiga unit compact mobile BTS (combat) 4G/LTE, serta melakukan optimasi sekitar 418 unit BTS 4G/LTE di lokasi main dan supporting event MotoGP Mandalika. Sementara itu, tiga unit BTS Hyper 5G Telkomsel juga siap melayani akses broadband berkecepatan tinggi di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Sigit lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga memastikan ketersediaan ragam produk dan layanan unggulan yang akan memastikan hadirnya pengalaman aktivitas digital terbaik bagi pelanggan selama berada di kawasan Mandalika. Berkolaborasi dengan para mitra outlet sebagai pelaku UMKM di sekitar kawasan Mandalika, Telkomsel menggelar sejumlah booth penjualan di beberapa titik di jalur utama menuju lokasi main event. 

photo
Kesiapan layanan dan produk telekomunikasi dari Telkomsel untuk gelaran MotoGP Mandalika. - (Dok Telkomsel )

Termasuk tambahan booth penjualan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok dan main venue Mandalika International Street Circuit. Adiniwahyu mengungkapkan, layanan International Roaming Telkomsel di Indonesia juga siap melayani kebutuhan wisatawan atau pengunjung mancanegara yang akan tetap menggunakan layanan dari negara asal. 

Saat ini, ia melanjutkan, 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia telah menjalin kerja sama dengan Telkomsel, yang mencakup kerja sama layanan 4G/LTE Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari setiap negara serta 5G Roaming Partnership dengan beberapa negara. “Telkomsel meyakini, bersama seluruh elemen masyarakat di provinsi Nusa Tenggara Barat, kami dapat mendorong semangat kolaborasi dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan seluruh pengunjung domestik maupun mancanegara selama menonton momen gelaran MotoGP 2023 dan menikmati keindahan alam di Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu bagian Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” katanya. 


Gencarkan Massive MIMO

photo
Kesiapan jaringan XL Axiata untuk mendukung ajang MotoGP Mandalika - (Dok XL Axiata )


Upaya penguatan jaringan di Mandalika juga dilakukan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Total ada sekitar 21 BTS 4G siap meng-cover seluruh kegiatan terkait hajatan balap motor paling bergengsi sedunia tersebut, baik di seputar Sirkuit Mandalika, maupun di penguatan sinyal dari mulai Bandara Internasional Lombok di Praya hingga sepanjang jalan bypass BIL-Mandalika sampai kawasan Kuta Mandalika.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya, XL Axiata mengerahkan full team untuk memastikan jaringan yang prima untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan event besar MotoGP. “Kami juga ingin para pengunjung merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan telekomunikasi dan data selama menikmati balapan dan aktivitas liburan di Lombok,” katanya. 

photo
XL Axiata menyiapkan layanan registrasi kartu untuk memudahkan para pengunjung di sirkuit Mandalika. - (Dok XL Axiata )


Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata menerapkan teknologi terbaru, yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data. Selain itu, XL Axiata juga menyiagakan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap motor dunia tersebut berlangsung.

Dodik menambahkan, potensi lonjakan trafik di event MotoGP ini sangat besar mengingat event balap ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia secara luas, belum lagi potensi hadirnya penonton dari luar negeri. Selain menyiapkan jaringan di seluruh Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan sejumlah titik layanan bagi wisatawan asing maupun domestik untuk mendapatkan produk layanan XL Axiata, termasuk registrasi kartu.  

 

 
Layanan international roaming Telkomsel di Indonesia juga siap melayani kebutuhan wisatawan. 
 
ADINIWAHYU BASUKI SIGIT, Direktur Sales Telkomsel. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat