Warga memancing di dekat tumpukan sampah di Pantai Pancer, Puger, Jember, Jawa Timur, Senin (1/2/2021). Banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Bedadung akhir pekan kemarin mengirimkan sampah ke Pantai Pancer Puger yang menjadi muara sungai tersebut. | SENO/ANTARA FOTO

Sains

Kenapa Pantai Bisa Jadi Kotor Banget?

Berbagai aktivitas manusia di darat menjadi salah satu faktor utama.

Pantai adalah batas daratan dan lautan. Sekretaris Jenderal Perkumpulan Ahli Lingkungan Indonesia (IESA) Dr Lina Trimugi Astuti, SE MM mengungkapkan bagaimana proses pantai bisa sangat kotor. 

Menurut Lina, terdapat aktivitas di darat dan di laut yang menghasilkan sampah. “Kebanyakan sampah yang berserakan di pantai didominasi oleh aktivitas wisata dan horeka,” ujar  Lina kepada Republika melalui WhatsApp, Kamis (5/10/2023). 


Lina kemudian menuturkan aktivitas di darat yang berdekatan dengan pantai didominasi oleh aktivitas wisata dan horeka. Tidak ada sistem pewadahan sampah yang tepat dan penegakan hukum bagi yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

photo
Sejumlah siswa SMP memungut sampah plastik yang berserakan saat aksi bersih-bersih di Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali, Sabtu (16/9/2023). Kegiatan tersebut diikuti 300 peserta untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan pantai dalam rangka memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day. - (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Hal ini, kemudian membuat para pengunjung maupun pelaku usaha di pantai dan sekitarnya mengabaikan dampaknya. Kemudian, kondisi kian diperparah dengan kondisi kapal-kapal yang membuang sampah di laut. “Air laut dapat pasang dan surut. Ketika pasang sampah akan terbawa ke laut. Ketika surut sampah dari laut yang dibawa ombak akan tinggal di pantai,” kata Lina. 

Saat ditanya apakah penyebab pantai bisa sangat kotor ini karena adanya benda-benda terbawa arus atau banyak yang membuang sampah sembarangan? Lina menjawab hal tersebut tentunya disebabkan karena membuang sampah tidak pada tempatnya.

photo
Aksi bersih-bersih hari kedua digelar di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi digelar pada Kamis (5/10/2023). Tampak beberapa titik mulai bersih dan masih dibersihkan dengan bantuan alat berat. - (Republika/Riga Nurul Iman)

Sehingga arus ikut membawa sampah. “Perilaku membuang sampah tidak pada tempatnya disebabkan oleh rendahnya kepedulian masyarakat dan penegakan hukum yang kurang,” ujarnya. 

Selain itu, Lina juga memberikan kiat-kiat agar pantai tetap bersih. Yaitu, buat  regulasi yang menerapkan sanksi, lakukan patroli sampah, sambil mengambil sampah sekaligus mengedukasi. “Kegiatan bersih-bersih pantai kebanyakan masih retorika dan pencitraan, hal ini harus dihilangkan. Tidak perlu ada event-event tersebut, yang diperlukan adalah sistem dan manpower-nya,” katanya.

Beragam Kegiatan Manusia 

photo
Aksi bersih-bersih hari kedua digelar di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi digelar pada Kamis (5/10/2023). Tampak beberapa titik mulai bersih dan masih dibersihkan dengan bantuan alat berat. - (Republika/Riga Nurul Iman)


Dilansir Eco Redux, Kamis (5/10/2023), polusi pantai dianggap sebagai zat berbahaya yang mencemari lingkungan pesisir, termasuk danau dan lautan. Mulai dari plastik, sampah bahan kering, sampah bukan limbah rumah tangga hingga limbah, pestisida, dan minyak. 


Polusi pantai sering kali merupakan kombinasi bahan kimia dan sampah. Pencemaran ini mengakibatkan kerusakan lingkungan dan dampak ekonomi serta memengaruhi kesehatan seluruh organisme. 

Penyebab pencemaran pantai banyak sekali, sebagian besar berasal dari daratan dan disebabkan oleh manusia. Berikut beberapa penyebab utama pencemaran pantai. 

Pertama, sampah bukan limbah rumah tangga dan sampah basah. Sampah bukan limbah rumah tangga dan dan sampah basah dari berbagai sumber, namun yang paling umum berasal dari aktivitas manusia di darat.

photo
Sejumlah wisatawan membawa papan selancar saat berlibur di Pantai Kuta, Badung, Bali, Senin (25/9/2023). Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan untuk retribusi sebesar Rp150 ribu kepada turis asing yang masuk Pulau Dewata diterapkan mulai Februari 2024 dan mekanismenya serta tata cara pungutan uang kepada turis asing hingga saat ini masih disusun dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Bali. - (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Sampah laut tidak menyenangkan dan dapat membahayakan ekosistem perairan, satwa liar, dan manusia. Sampah bahan kering apa pun yang tidak didaur ulang atau dibuang dengan benar pada akhirnya dapat mencapai lingkungan pesisir saat terjadi hujan lebat melalui saluran air atau aliran sungai.

Sampah bukan limbah rumah tangga dan sampah basah, dapat sampai ke lingkungan pesisir, termasuk: orang-orang di pantai meninggalkan sampah bahan kering mereka. Sementara, sampah bahan kering perumahan atau komersial yang tidak dibuang dengan benar, dan nelayan kehilangan atau membuang jaring dan tali pancing. 

Kedua, luapan yang disebabkan oleh hujan atau salju yang mencair. Curah hujan yang berlebihan atau pencairan salju dapat menyebabkan selokan meluap jika melebihi kapasitasnya. 

photo
Pandawara Grup dan tim gabungan TNI-Polri serta relawan akhirnya melakukan aksi bersih-bersih barengan di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi di hari ketiga gerakan bebersih, Jumat (6/10/2023). - (Republika/ Riga Nurul Iman)

Buangan dari luapan saluran pembuangan gabungan (CSO) dan luapan saluran pembuangan sanitasi (SSO) mengandung campuran limbah mentah, air limbah industri, dan air hujan. Hal ini dapat menyebabkan penutupan pantai, penutupan dasar kerang, dan masalah estetika. 


Ketiga, limpasan. Pencemaran ini bersifat non-point source, artinya berasal dari banyak sumber. Air hujan dan pencairan salju mengalir di atas tanah dan permukaan beraspal, misalnya jalan, tempat parkir, dan atap bangunan, tempat mereka mengumpulkan polutan. 

Polutan dan zat bisa meliputi, kotoran hewan dan pupuk kotoran hewan, pupuk, pestisida, bahan kimia, bensin, oli mesin, antibeku, tanah atau sedimen, serta air yang tercemar mengalir dari daratan ke saluran air hujan, sungai, danau, sungai kecil, dan lautan. 

Keempat, pembuangan dari kapal dan perahu. Kapal rekreasi dan pelayaran secara tidak sengaja dan sengaja membuang berbagai polutan ke lingkungan laut yang dapat memengaruhi pantai kita. 

Kapal melepaskan polusi minyak dan gas ke dalam air. Terutama jika mesin tidak dirawat dengan baik. Pembuangan lainnya termasuk sampah, alat tangkap, air pemberat, air lambung kapal, serta air dari bak cuci dan pancuran. 

photo
Taman Bawah Laut PahawangSatu lagi spot untuk yang hobby dengan wisata bawah laut dan pecinta wisata bahari. (Republika/Prayogi)


Kelima, tabir surya. Tabir surya mengendap di pasir saat diaplikasikan, terutama jika Anda menggunakan semprotan dan membilasnya saat berenang di air. Bahan kimia dalam beberapa tabir surya dapat membahayakan kehidupan laut dan mengancam terumbu karang. 


Bahan kimia tersebut dapat menurunkan kesuburan dan reproduksi ikan, menyebabkan pemutihan karang, dan dapat terakumulasi dalam jaringan lumba-lumba, dan berpindah ke anak lumba-lumba. Bahan kimia dalam beberapa tabir surya yang dapat membahayakan kehidupan laut antara lain adalah Oxybenzone, Benzophenone-1, Benzophenone-8, OD-PABA, 4-Methylbenzylidene camphor, 3-Benzylidene camphor, Nano-Titanium dioxide, Nano-zinc oxide, Octinoxate, dan Octocrylene. 


Keenam, polusi nutrisi. Nitrogen dan fosfor yang terbentuk secara alami jika berlebihan dapat berdampak buruk terhadap lingkungan serta kesehatan manusia. 

Peningkatan konsentrasi bahan kimia di lingkungan pesisir mendorong pertumbuhan alga, yang beracun bagi satwa liar dan berbahaya bagi manusia. Sumber pencemaran nutrisi antara lain adalah praktik pertanian industri, pupuk komersial dan pupuk kotoran hewan, kotoran hewan, barang-barang rumah tangga biasa, sabun cuci piring dan deterjen air pencuci piring dan produk pembersih. 

 

 

 
Kegiatan bersih-bersih pantai kebanyakan masih retorika dan pencitraan,
 
DR LINA TRIMUGI ASTUTI, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Ahli Lingkungan Indonesia (IESA). 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Abrasi di Pantai Trisik Ancam Fasilitas Wisata dan Konservasi

Sejumlah area wisata termasuk kios dan bangunan konservasi penyu terancam.

SELENGKAPNYA

Berhasil Ajak 3.700 Warga Lampung Bersihin Pantai, Siapa Pandawara Group?

Aksi bersih-bersih yang mereka lakukan tidak akan berdampak banyak panjang, jika kesadaran dari masyarakat masih rendah.

SELENGKAPNYA

Dari Mana Sampah di Pantai Sukaraja?

Sampah di Pantai Sukaraja sudah jadi masalah menahun.

SELENGKAPNYA

Mencari Ketenangan di Pantai Karang Nini Pangandaran 

Wisatawan yang datang dapat menikmati pemandangan dari batu karang yang memecah ombak

SELENGKAPNYA