Tangkapan Layar Youtube, Putri Ariani berhasil memukau para juri dan penonton di panggung America | Tangkapan Layar Youtube

Geni

Menengok Lagi Perjalanan Karier Putri Ariani

Pencapaian ini bukan akhir perjalanan Putri.

Putri Ariani meraih juara keempat dalam gelaran final America's Got Talents (AGT) 2023. Pengumuman kemenangan ajang AGT 2023 itu disampaikan, Kamis (28/9/2023) WIB.


Dalam gelaran tersebut, Putri berhasil memukau penonton saat berduet dengan Leona Lewis membawakan lagu "Run". Pencapaian Putri di acara ini tentu tidaklah mudah. Sebelum AGT, gadis kelahiran 2005 ini telah mengikuti berbagai kompetisi menyanyi.


Penasaran perjalanan Putri hingga sampai ke AGT 2023? Simak selengkapnya!


1. Belajar Musik Secara Otodidak


Sejak kecil Putri mempelajari musik secara otodidak tanpa mengikuti les vokal. Ia mulai tampil bernyanyi di panggung sejak berusia tujuh tahun.


2. Siswi di Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta

photo
Penyanyi Putri Ariani tampil menyanyi pada acara Level Up with BSI & Putri Ariani: Tunjukkan Nilaimu, Wujudkan Mimpimu saat car free day Bundaran HI, Jakarta, Ahad (20/8/2023). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan Putri Ariani mengajak masyarakat untuk sehat secara spiritual, finansial, dan jasmani sekaligus memberikan literasi mengenai keuangan syariah kepada masyarakat. - (Prayogi/Republika)


Saat ini Putri merupakan siswi dari SMKN 2 Kasihan atau lebih dikenal sebagai Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta. Di sekolah tersebut ia mengambil spesifikasi instrumen Mayor Flute. Adapun ia juga pernah didaulat untuk penampil vokal solo dalam konser SMM.


3. Juara Indonesia's Got Talent 2014


Ajang pencarian bakat ini menjadi langkah awal Putri Ariani untuk ke dunia tarik suara profesional. Dalam audisi acara ini, Putri yang masih berusia delapan tahun berhasil membawakan lagu Beyoncé dengan sangat apik. Suara emas Putri berhasil membawanya menjadi juara dalam Indonesia's Got Talent 2014.


4. Tampil dalam The Voice Kids Indonesia 2017


Sukses di IGT 2014, Putri kembali menunjukkan bakatnya sebagai seorang penyanyi dalam The Voice Kids Indonesia. Meski baru berusia 11 tahun, ia telah berhasil menunjukkan kemajuan pesat dalam dunia tarik suara.


Dalam acara ini, pemilik nama lengkap Ariani Nisma Putri ini menyanyikan lagu band legendaris Queen "Somebody to Love". Sayangnya, Putri hanya berhasil sampai di babak Unjuk Nyanyi (Sing Off).


5. Pengisi Soundtrack Asian Para Games 2018


Asian Para Games merupakan langkah putri menuju penyanyi profesional. Ketika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018, Putri dipilih sebagai pengisi soundtrack untuk memberi semangat pada para atlet difabel. Soundtrack yang dinyanyikan Putri berjudul "Song of Victory" dan dibawakan dalam pembukaan ajang Asian Para Games 2018.


6. Pernah Daftar America's Got Talent 2018


Dalam kanal Youtube Irfan Hakim, Putri mengungkapkan bahwa ia pernah mencoba peruntungan dengan mendaftar AGT 2018. "Waktu itu sudah pernah coba ikut (America's Got Talent), tapi pas apply nggak ada respons, kita sudah coba tapi dicuekin," ujar Putri.


Pada AGT 2023, Putri mendapatkan undangan untuk mengikuti audisi. Di sana ia berhasil memukau juri hingga menjadi finalis.


7. Dapat Golden Buzzer dari Simon Cowell


Di babak awal AGT 2023, Putri membawakan lagu orisinalnya berjudul "Loneliness" sambil memainkan piano. Kemudian Simon Cowell meminta Putri menyanyikan lagu lain dan ia menyanyikan lagu “Sorry Seems to Be the Hardest Word” dari Elton John. Semua hadirin terpukau oleh penampilan Putri dan Simon Cowell kemudian menekan Golden Buzzer.


8. Dapat Beasiswa ke The Juilliard School dari Kemenristekdikbud


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memberikan beasiswa untuk Putri dapat bersekolah di The Juilliard School di AS. Beasiswa yang diberikan kepada Putri adalah Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Kemendikbudristek akan membantu penerima BIM, mulai dari persiapan masuk perguruan tinggi hingga proses perkuliahan.


9. Tampil Apik dalam Semifinal AGT


Dalam babak semifinal Putri Ariani digelar pada 6 September lalu, Putri menyanyikan lagu dari band U2 berjudul “I Still Haven’t Found What I’m Looking For”. Ia pun berhasil mendapat empat standing ovation dari juri.


10. Duet dengan Leona Lewis


Dalam final AGT 2023, Putri Ariani berhasil memukau penonton saat berduet dengan Leona Lewis membawakan lagu "Run". Meski telah memiliki banyak penggemar di AS, hasil voting hanya membawa Putri ke posisi empat. 

 

Jadi Diva Dunia

photo
Putri Ariani tiba untuk tampil dalam AGT, Selasa 5 September 2023, di Pasadena, Kalifornia. - (AP Photo/Photo by Jordan Strauss/Invision)


Meski tidak menjadi juara, Putri yang merupakan siswi Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta/SMK 2 Kasihan ini telah berhasil mengharumkan nama sekolahnya. Kepala SMM Yogyakarta Agus Suranto menyampaikan apresiasinya untuk anak didiknya tersebut karena telah menancapkan bendera merah putih di panggung dunia.


"Panggung AGT hanyalah satu dari sekian banyak pintu bagi Putri untuk menjadi diva dunia. Kini Putri semakin disayang dan dirindukan oleh insan di seluruh dunia," ujar Agus, kepada Republika, Jumat (29/9/2023).


Menurutnya, pesan-pesan moral yang amat penting bagi kebaikan manusia telah tersampaikan oleh Putri dengan luar biasa. Kini Putri telah dikenal dunia dan predikat kejuaraan dinilainya bukanlah tujuan akhir dari perjalanan Putri.


Dengan berhasilnya Putri memikat publik dunia di panggung AGT 2023, kata dia, menjadi poin penting dalam memuluskan jalan Putri untuk menjadi diva dunia. "Dan kini, bukti nyata yang terpatri dalam setiap hati orang-orang di seluruh dunia menyatakan bahwa saat ini Putri telah menjadi diva dunia, yang berhasil meluluhkan hati dan perasaan setiap orang melalui keindahan yang tiada tara," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by America's Got Talent - AGT (@agt)


Dalam AGT 2023, finalis yang yang berhasil keluar sebagai pemenang dalam ajang tersebut adalah Adrian Stoica dan anjing peliharaannya, Hurricane. Sedangkan di posisi kedua dan ketiga ada pesulap Anna DeGuzman dan kelompok tari Murmuration.


Saat Putri diumumkan menjadi juara keempat, Cowell tampak tidak bisa menutupi ekspresi terkejutnya. Juri lain, Sofia Vergara, yang duduk di samping Cowell juga tampak terkejut dan menepuk-nepuk bahu Cowell.


"Pada akhirnya, ini adalah kompetisi. Tapi, izinkan saya memberi tahu kamu satu hal, Putri," kata Cowell dalam video yang diunggah di kanal Youtube Teacher Paul React, seperti dikutip Republika, Kamis (28/9/23).


"Banyak dari artis tersebut yang tidak pernah memenangkan kompetisi ini, tapi mereka bisa terus maju dan melakukan hal luar biasa," ujar Cowell. Ia menilai hasil kompetisi ini tak akan menjadi penghalang bagi karier Putri.

Dengan segenap hati, Cowell mengatakan, dia percaya Putri juga akan mampu melakukan hal yang luar biasa meski tidak keluar sebagai pemenang. Penampilan Putri juga menuai banyak pujian dari warganet. Banyak warganet yang berharap Putri bisa keluar sebagai pemenang karena bakatnya sebagai penyanyi yang luar biasa. 

 

 
Panggung AGT hanyalah satu dari sekian banyak pintu bagi Putri untuk menjadi diva dunia.
 
AGUS SURANTO, Kepala Sekolah SMM Yogyakarta. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ujung Perjalanan Putri Ariani di AGT 2023

Di sisi lain, kemenangan Adrian Stoica dan Hurricane memicu perdebatan di media sosial.

SELENGKAPNYA

Mengenal Para Pesaing Putri Ariani di Final AGT

Para kontestan memperebutkan hadiah sebesar satu juta dolar AS.

SELENGKAPNYA