Sejumlah kelompok tani Dayak Ngaju mengikuti festival pawai petani tradisional di Desa Tumbang Oroi, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sabtu (24/9/2022). Festival yang digelar oleh Borneo Institute tersebut untuk memperingati Hari Tani Nasional 202 | ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Safari

Belajar Kemandirian dari Perempuan Dayak

pPrempuan Dayak diberi julukan “Intan Kanuah Tapusak-Lingu“, dengan kecantikannya yang diakui dunia.

Perempuan Dayak di Indonesia diperkirakan mencapai enam juta jiwa dan rata-rata masih memegang akar tradisi yang kuat. Sama seperti kelompok perempuan yang lain, perempuan Dayak memiliki potensi kekuatan yang besar untuk bisa berdaya dan mandiri jika diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengakui perempuan Dayak memiliki daya juang yang tinggi dan menghormati budaya lokal tempat mereka berpijak. Enam juta perempuan itu jumlah yang besar dengan potensi diri luar biasa dan harus mendapatkan pendampingan.

"Perempuan bukan sosok yang lemah. Kekuatan perempuan itu nyata jika sesama perempuan saling mendukung dan memotivasi untuk maju bersama," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (27/9/2023).

photo
Sejumlah kelompok tani Dayak Ngaju mengikuti festival pawai petani tradisional di Desa Tumbang Oroi, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sabtu (24/9/2022). Festival yang digelar oleh Borneo Institute tersebut untuk memperingati Hari Tani Nasional 2022 sekaligus memberikan semangat kepada peladang tradisional Dayak Ngaju supaya tetap bertahan dalam menjaga dan mengolah hasil pangan lokal. - (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Ia mengatakan, memang harus diakui, budaya patriarki masih menjadi penghalang utama dan harus kita upayakan untuk diminimalisasi. Saat ini, sudah banyak perempuan berkiprah, mandiri secara ekonomi dan terlibat dalam pembangunan. "Kemandirian perempuan Dayak harus terus dipertahankan,” ujar Gusti Ayu. 

Oleh karena itu, Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia menggelar kegiatan “Sosialisasi Kesetaraan dan Keadilan Gender” di Betang Sei Pasah Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas.

Ketua Umum Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN) Ir Nyelong Inga Simon menyampaikan bahwa LPDN merupakan wadah bagi perempuan Dayak ini diberi julukan “Intan Kanuah Tapusak-Lingu“ yang menggambarkan perempuan Dayak dengan kecantikannya yang diakui dunia. Perempuan Dayak juga dikenal punya kecerdasan dan kegigihan yang luar biasa.

photo
Dua anggota kelompok tani dari Dayak Ngaju menyiapkan masakan hasil olahan pangan lokal pada pameran pangan lokal Dayak Kalimantan Tengah di Desa Tumbang Oroi, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sabtu (24/9/2022). Pameran tersebut digelar bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda mengenai berbagai hasil tanaman pangan lokal khas Dayak Kalimantan Tengah. - (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Wadah ini dimaksudkan untuk mengajak semua perempuan Dayak mengoptimalkan daya juangnya bagi bangsa dan negara, yang adil, mandiri dan sejahtera. Nyelong Inga Simon menjelaskan, dalam sosialisasi kesetaraan dan keadilan gender tersebut menitikberatkan pada pemberdayaan dan ekspos UMKM kreasi Perempuan Dayak dengan sentuhan kearifan lokal.

Kolaborasi pemberdayaan perempuan dan anak di Kabupaten Kapuas, peran perempuan Dayak dalam pembangunan IKN secara khusus dan dalam segala bentuk eksplorasi dan eksploitasi yang dilakukan di Bumi Borneo. Ia mengatakan, kesetaraan dan keadilan gender di sini adalah bagaimana perempuan Dayak senantiasa dilibatkan dalam dalam menjaga hutan di Indonesia secara umum dan secara khusus di Kalimantan.

photo
Sejumlah peserta mengikuti lomba perahu hias dalam Festival Budaya Isen Mulang 2023 di Sungai Kahayan, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (23/5/2023). Lomba perahu hias dengan tema ornamen Dayak tersebut diselenggarakan Pemprov Kalteng dalam rangka memperingati HUT ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah sekaligus sebagai upaya meningkatkan daya tarik wisatawan. - (ANTARA FOTO/Makna Zaezar )

Menurutnya, perempuan Dayak memang memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian, serta pemberdayaan lingkungan dan hutan. Tak hanya sebatas pembangunan IKN, tapi juga termasuk food estate, perkebunan sawit dan lainnya diharapkan juga selaras dengan aspek sosial ekonomi dari perempuan Dayak.

 

 
Kemandirian perempuan Dayak harus terus dipertahankan.
 
I GUSTI AYU BINTANG DARMAWATI, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Menghijaukan PLTU Sambil Memberdayakan Masyarakat

Pengembangan biomassa pada PLTU tak hanya berfokus untuk rantai pasok energi.

SELENGKAPNYA

Jokowi: Insya Allah Tahun Depan di IKN

Upacara HUT Kemerdekaan RI tahun ini disebut yang terakhir di Jakarta.

SELENGKAPNYA

Menlu Retno Ajak Swiss Berinvestasi di IKN Nusantara

Swiss merupakan salah satu investor terbesar di Indonesia.

SELENGKAPNYA