Seorang pelanggan yang menggunakan ponsel mengambil foto iPhone 15 baru setelah membeli di Apple Store di Bangkok, Thailand, 22 September 2023. Produk iPhone 15 model baru Apple Inc tersedia secara luas untuk konsumen Thailand mulai 22 September 2023. | EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT

Inovasi

Iphone 15 dan Implikasi USB Type C

USB-C kini resmi menjadi konektor universal.

Pengumuman fitur baru iPhone 15 pada 12 September 2023, menandai titik balik yang signifikan dalam dunia ponsel pintar atau smartphone. Di antara banyaknya perubahan dan inovasi, pengenalan port USB-C sebagai konektor universal sangat mencuri perhatian.

Langkah tersebut dipandang sebagai langkah maju dalam hal kompatibilitas dan kenyamanan, tetapi juga menimbulkan pertanyaan dan memicu perdebatan mengenai implikasinya. Port USB-C, sebuah fitur yang sudah lama dikenal oleh pengguna Android, kini menjadi pusat perhatian pada model andalan terbaru Apple, menggantikan konektor Lightning tradisional.

Perubahan ini awalnya mendapat reaksi beragam, karena banyak loyalis Apple yang terbiasa dengan port Lightning dan kompatibilitasnya dengan berbagai macam aksesori. Namun, ketika unit iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru mulai dipasarkan, konsumen memiliki kesempatan untuk merasakan manfaatnya secara langsung, dan sambutannya sangat positif.

photo
Pelanggan membeli iPhone 15 baru di Apple Store di Bangkok, Thailand, 22 September 2023. Produk iPhone 15 model baru Apple Inc tersedia secara luas untuk konsumen Thailand mulai 22 September. Peluncuran iPhone 15 baru Apple Inc diharapkan dapat mendongkrak smartphone Thailand. penjualan pada kuartal terakhir tahun 2023 setelah menyusut sebesar 25,7 persen tahun-ke-tahun pada kuartal pertama karena pasar ponsel pintar premium Thailand sebagian besar didominasi oleh Apple dengan pangsa pasar sekitar 70 persen, menurut International Data Corporation Thailand.- (EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT)

Salah satu keuntungan paling signifikan dari penerapan USB-C ini adalah kemampuannya untuk menyederhanakan proses pengisian daya berbagai perangkat yang seringkali rumit. Dulu, pengguna Apple memerlukan kabel terpisah untuk iPhone, iPad, dan MacBook mereka. Dengan port USB-C, satu kabel kini dapat mengisi daya semua gawai.

Hal ini sekaligus menyederhanakan kehidupan digital dan mengurangi kekacauan. Namun, seperti halnya transisi teknologi besar lainnya, ada beberapa hambatan dalam prosesnya.

Laporan terbaru dari pasar Cina yang merupakan salah satu pasar terbesar Apple, menyoroti kekhawatiran yang diajukan oleh beberapa toko resmi Apple. Toko-toko itu menyarankan pelanggan agar tidak menggunakan kabel Android untuk mengisi daya iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru mereka. 

photo
Seorang pria memegang model iPhone 15 Pro Max terbaru di toko Apple di Beijing, Cina, 22 September 2023. Apple kini telah menyediakan kepada konsumen jajaran model iPhone 15 barunya yaitu iPhone 15, Plus, Pro, dan Pro Max.- (EPA-EFE/MARK R. CRISTINO)

Alasannya adalah kekhawatiran akan panas berlebih selama proses pengisian daya. Rekomendasi untuk tidak menggunakan kabel Android pada model terbaru Apple telah menimbulkan beberapa pertanyaan, dan memicu perdebatan tentang motivasi di balik fitur ini.

Yang membuat masalah ini semakin membingungkan adalah tidak adanya pernyataan resmi dari Apple sendiri. Rekomendasi yang menentang kabel Android, tampaknya merupakan sikap yang diambil oleh beberapa toko resmi di Cina.

Namun, kurangnya kejelasan dari raksasa teknologi Amerika tersebut, telah meninggalkan ruang untuk spekulasi dan perdebatan tentang alasan sebenarnya di balik posisi ini. Salah satu penjelasan yang mungkin untuk rekomendasi ini adalah perbedaan halus, tapi penting dalam konstruksi kabel antara produsen Android dan Apple.

Tidak semua kabel USB-C diciptakan sama, dan variasi dalam penyelarasan pin sambungan serta susunan elemen tertentu dapat memengaruhi jumlah panas yang dihasilkan selama pengisian daya. Untuk mengurangi potensi masalah panas berlebih, beberapa Apple Store di  Cina pun menyarankan pelanggan untuk menggunakan kabel USB-C milik Apple.

Meskipun kabel ini mungkin lebih mahal dibandingkan kabel dari produsen Android, kabel ini dirancang untuk memenuhi standar spesifik Apple. Dengan menggunakan kabel keluaran Apple, risiko overheating diyakini bisa diminimalisasi atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Pentingnya Aksesori Terstandar

photo
Seorang wanita memeriksa jajaran seri iPhone 15 terbaru Apple yang dipajang untuk dijual, di sebuah toko elektronik, di Chennai, India, 22 September 2023. Apple kini telah menyediakan kepada konsumen jajaran seri iPhone 15 terbaru yaitu iPhone 15, Plus, Pro, dan Pro Max di India dan negara lain. (EPA-EFE/IDREES MOHAMMED)

Perdebatan seputar masalah ini menggarisbawahi pentingnya penggunaan kabel dan aksesori bersertifikat kualitas tinggi pada perangkat elektronik. Meskipun standar USB-C bertujuan untuk meningkatkan kompatibilitas, penting untuk diingat bahwa tidak semua kabel diproduksi dengan standar kualitas dan keamanan yang sama.

Kabel di bawah standar atau palsu dapat menimbulkan risiko bagi perangkat dan pengguna, yang berpotensi menyebabkan panas berlebih, masalah kelistrikan, atau kerusakan pada perangkat. Apakah rekomendasi peringatan dari beberapa Apple Store di Cina mengenai penggunaan kabel Android benar-benar berakar pada kekhawatiran terhadap keselamatan pengguna, atau merupakan bagian dari langkah strategis untuk melindungi pangsa pasar Apple. 

Dua hal ini masih menjadi diskusi hangat di tengah gempita perilisan perangkat iPhone terbaru ini. Seiring berkembangnya teknologi, konsumen pun tetap harus tetap waspada dalam memilih kabel dan aksesoris.

Apa yang harus dilakukan konsumen? Konsumen harus mewaspadai potensi risiko keselamatan yang terkait dengan penggunaan kabel USB-C dengan iPhone 15. Jika khawatir akan panas berlebih, sebaiknya gunakan kabel USB-C bersertifikat Apple.

Namun, jika anggaran terbatas, ada banyak kabel USB-C pihak ketiga yang berkualitas tinggi. Berikut beberapa tips memilih kabel USB-C yang aman:

 

photo
Seorang wanita bereaksi setelah membeli iPhone 15 baru di Apple Store di Bangkok, Thailand, 22 September 2023. Produk iPhone 15 model baru Apple Inc tersedia secara luas untuk konsumen Thailand mulai 22 September.Peluncuran iPhone 15 baru Apple Inc diperkirakan akan meningkatkan penjualan ponsel pintar Thailand pada kuartal terakhir tahun 2023 setelah menyusut sebesar 25,7 persen tahun-ke-tahun pada kuartal pertama karena pasar ponsel pintar premium Thailand sebagian besar didominasi oleh Apple dengan pangsa pasar sekitar 70 persen, menurut International Data Corporation Thailand. (EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT)

• Carilah kabel yang disertifikasi oleh USB-IF. Artinya kabel tersebut telah melalui pengujian dan memenuhi standar USB-C.

• Hindari kabel yang terlalu murah. Kabel berkualitas rendah mungkin tidak memiliki standar yang sama dengan kabel asli.

• Periksa kabel sebelum menggunakannya. Perhatikan tanda-tanda kerusakan, seperti kabel yang terkelupas atau kendor.

• Berhati-hatilah saat menggunakan kabel USB-C di tempat umum, seperti bandara dan kafe. Tempat-tempat ini sering kali populer karena memiliki kabel palsu dan berkualitas rendah.

Jika khawatir iPhone 15 bisa terlalu panas, coba cara berikut ini:

• Jaga iPhone tetap dingin saat mengisi daya. Hindari mengisi daya iPhone di lingkungan yang panas, seperti di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang panas.

• Gunakan pengisi daya yang lambat. Pengisi daya yang cepat dapat menghasilkan lebih banyak panas, jadi menggunakan pengisi daya yang lebih lambat dapat membantu mengurangi risiko panas berlebih.

• Beristirahatlah dari pengisian daya. Jika mengisi daya iPhone dalam jangka waktu lama, istirahatlah agar baterai menjadi dingin.

Perlu diketahui bahwa Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai keamanan penggunaan kabel USB-C pihak ketiga pada iPhone 15. Rekomendasi dari beberapa Apple Store di China rupanya didasari oleh kekhawatiran akan panas berlebih. Namun, Apple belum mengonfirmasi hal tersebut.

Jika Anda menyadari iPhone 15 Anda terlalu panas, segera hentikan penggunaannya dan biarkan dingin. Anda mungkin juga ingin menghubungi Apple untuk bantuan lebih lanjut.

 

 

 
Rekomendasi untuk tidak menggunakan kabel Android pada model terbaru Apple, menimbulkan beberapa pertanyaan.
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Jangan FOMO, Timbang Matang Dulu Sebelum Beli Iphone 15

Pengguna akan dapat membeli perangkat langsung dari toko mulai 22 September 2023.

SELENGKAPNYA

Mengenal Otak Antilemot iPhone Terbaru

Menggunakan teknologi manufaktur cip baru adalah cara utama untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan.

SELENGKAPNYA