Sejumlah pengunjung mengamati buku yang dihadirkan dalam Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Pameran yang menghadirkan ratusan ribu buku dari berbagai penerbit itu berlangsung hingga 8 September 2019. AN | ANTARA FOTO

Gaya Hidup

Perkuat Interaksi Literasi di IIBF 2023

Ragam produk turunan terkait hak cipta buku juga akan mendapatkan tempat di pameran buku ini.

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) akan menggelar Indonesia International Book Fair (IIBF) yang ke-43 di Hall 1 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Pameran buku yang banyak dinanti oleh masyarakat Indonesia ini akan digelar pada Rabu (27/9/23) hingga Ahad (1/10/23).


"Sejak 1980 kita tidak ingin ada tahun yang terputus untuk menyelenggarakan IIBF. Ini adalah tahun ke-43. Untuk sebuah pameran, ini adalah pameran yang paling tua di negara kita yang masih berlangsung," ujar Ketua Ikapi Arys Hilman di UPH Executive Education Center, pada Senin (25/9/2023).


IIBF 2023 akan menjadi gelaran IIBF pertama yang diselenggarakan di ICE BSD City. Ketua Panitia IIBF 2023, Mappa Tutu, mengungkapkan bahwa lokasi ini dipilih karena sangat strategis untuk melakukan interaksi literasi. Selain itu, lokasi ini juga jauh dari ingar-bingar politik yang marak ditemukan di tengah kota. "Kami ingin interaksi yang terjadi di sana adalah interaksi literasi," kata Mappa.

photo
Ketua Panitia Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023 Mappa Tutu (kiri) bersama Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman Nugraha (kanan) memberikan keterangan terkait pelaksanaan IIBF 2023 di Jakarta, Senin (25/9/2023). IIBF 2023 akan diselenggarakan pada 27 September -1 Oktober 2023 di ICE BSD. Penyelenggaraan IIBF 2023 kali ini mengusung tagline Its time to read!. Pameran buku ini akan diramaikan dengan berbagai kegiatan literasi dan jumlah peserta sebanyak 150 penerbit/perushaan/lembaga. - (Republika/Prayogi)


Selain menghadirkan ragam koleksi buku yang menarik, IIBF 2023 juga akan diramaikan oleh beragam kegiatan seru. Sebagian di antaranya adalah diskusi dan peluncuran buku, jumpa penulis, serta seminar dan workshop yang akan melibatkan lebih dari 100 narasumber.


Tak ketinggalan, IIBF 2023 kembali menghadirkan Indonesia Rights Fair (IRF) yang akan menjadi wadah transaksi hak cipta. Kegiatan ini turut melibatkan lebih dari 50 peserta, baik dari dalam maupun luar negeri.


Untuk semakin menyemarakkan gelaran IIBF 2023, pengunjung juga bisa menemukan pentas-pentas kreatif dan kesenian. Ragam produk turunan terkait hak cipta buku juga akan mendapatkan tempat tersendiri di pameran buku ini.

photo
Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman Nugraha (kanan) bersama Ketua Panitia Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023 Mappa Tutu (kiri) memberikan keterangan terkait pelaksanaan IIBF 2023 di Jakarta, Senin (25/9/2023). IIBF 2023 akan diselenggarakan pada 27 September -1 Oktober 2023 di ICE BSD. Penyelenggaraan IIBF 2023 kali ini mengusung tagline Its time to read!. Pameran buku ini akan diramaikan dengan berbagai kegiatan literasi dan jumlah peserta sebanyak 150 penerbit/perushaan/lembaga. - (Republika/Prayogi)


Agar semakin menumbuhkan minat generasi muda, IIBF 2023 turut menghadirkan Cosplay Carnival yang terdiri atas Cosplay Competition dan Coswalk Contest. Kegiatan ini akan digelar pada Ahad (1/10/23), dengan sejumlah hadiah menarik bagi para pemenang.


Sebagai tambahan, IIBF 2023 akan menggelar Ikapi Awards untuk memberikan penghargaan bagi insan perbukuan. Ada beberapa kategori penghargaan yang dihadirkan, seperti kategori buku terbaik, penulis terbaik, dan kategori khusus untuk sosok yang memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia literasi di Indonesia. "Untuk pertama kalinya, akan ada kategori buku anak Indonesia terbaik. Sebelumnya kami tidak ada kategori ini," kata Arys.


Untuk menandai 50 tahun hubungan persahabatan Indonesia dan Korea, Korea akan hadir sebagai Guest of Honor atau Tamu Kehormatan di IIBF 2023. Sebagai Tamu Kehormatan, Korea menjanjikan rangkaian acara menarik bagi para pengunjung IIBF 2023, mulai dari gelaran acara jumpa penulis hingga pengenalan budaya terkait perayaan Hari Chuseok. "Kami sudah menyiapkan berbagai cara untuk merasakan pengalaman budaya Korea, bagi anak-anak, remaja, dewasa, siapa pun," ujar Kim Hyun Joo atau lebih akrab disapa dengan Maya dari Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

 

photo
Sejumlah pengunjung mengamati buku yang dihadirkan dalam Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (4/9). Pameran yang menghadirkan ratusan ribu buku dari berbagai penerbit itu berlangsung hingga 8 September 2019.Prayogi/Republika. - (Republika/Prayogi)


IIBF 2023 akan dimeriahkan oleh sekitar 150 penerbit, perusahaan, serta lembaga, dengan total sekitar 20 negara yang ikut berpartisipasi. IIBF 2023 akan digelar di ICE BSD pada 27 September - 1 Oktober 2023 mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.


Bagi para pengunjung yang menggunakan transportasi pribadi, baik roda dua maupun empat, sudah tersedia area parkir yang mudah untuk dijangkau. Sedangkan para pengunjung yang menggunakan transportasi publik direkomendasikan untuk menggunakan KRL dan turun di Stasiun Cisauk. Dari sana, pengunjung dapat menaiki shuttle bus yang akan mengantar pengunjung sampai ke Hall 1 ICE BSD. Semua pengunjung bisa memasuki area pameran IIBF 2023 secara gratis.

 

 
IIBF 2023 akan dimeriahkan oleh sekitar 150 penerbit, perusahaan, serta lembaga, dengan total sekitar 20 negara yang ikut berpartisipasi.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Tak Hanya Buku, Ada Deretan Hal Menarik Lain di IBF 2023

SELENGKAPNYA

Santri dan Pelajar Padati IBF 2023

Harga tiket IBF 2023 untuk anak-anak, pelajar, dan mahasiswa dibanderol sebesar Rp 10 ribu.

SELENGKAPNYA

Pemilik Kios Buku di Sungai Seine Melawan Pembongkaran

Balai Kota Paris menawarkan untuk merenovasi atau mengganti kotak-kotak itu tanpa biaya setelah dipindahkan.

SELENGKAPNYA