Tidur dan kualitas kesehatan (ilustrasi) | Freepik

Gaya Hidup

Tip Segar Bangun Pagi untuk Para Sobat Jompo

Jika makanan sehari-hari Anda hanya berupa kopi atau kue manis, hal itu dapat menyebabkan kelesuan di pagi hari.

Pada umumnya, bunyi alarm pada pagi hari kerap mengalami pergeseran fungsi. Dari yang seharusnya membangunkan kita segera malah berubah menjadi isyarat untuk berguling dan menyembunyikan kepala Anda di bawah selimut.

Bangun dari tempat tidur memang sulit, tetapi tidak harus menyiksa. “Jika Anda kurang tidur, dibutuhkan waktu lebih lama untuk merasa segar dan waspada saat bangun,” kata Cynthia Fellman-Couture, koordinator penelitian tidur di Henry Ford Health, seperti dilansir laman Henry Ford Health, Jumat (22/9/2023).

Menurut dia, saat tidur, aliran darah ke otak berkurang. Saat Anda bangun, kesadaran segera kembali, tetapi kewaspadaan tertinggal. "Semakin banyak Anda kurang tidur, semakin lama pula jeda waktunya," ujar Fellman-Couture.

Jika Anda ingin maksimalkan pagi Anda dan bangun dengan segar, lakukan beberapa penyesuaian pada rutinitas pagi Anda dapat membantu Anda merasa lebih berenergi dan waspada ketika bel alarm berbunyi. Berikut adalah lima strategi yang dijamin akan mempercepat langkah Anda:

 

photo
Tidur nyenyak dan kesehatan mental (ilustrasi) - (Freepik/Gstudioimagen1)

1. Atasi siklus tidur Anda

Ritme sirkadian alami tubuh Anda dirancang untuk bangun dalam keadaan terang dan tidur dalam kegelapan. Lakukan yang terbaik yang Anda bisa untuk meniru pencahayaan tersebut kapan pun Anda bangun dan tidur.

Dekati sinar matahari dalam beberapa menit setelah bangun tidur untuk memberi isyarat pada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk bangun. Kita bekerja di malam hari? Jaga agar kamar Anda tetap gelap di siang hari sehingga Anda dapat tidur dan menikmati cahaya saat Anda bangun.

 

2. Jangan tekan tombol tunda

“Menekan tombol snooze pada alarm berulang kali sebenarnya dapat membuat Anda lebih sulit untuk merasa terjaga dan waspada,” kata Fellman-Couture. Faktanya, secara konsisten bangun dan tidur selama 10 menit setiap pagi berarti lebih dari satu jam gangguan tidur selama seminggu. Setel alarm ketika Anda benar-benar harus bangun dari tempat tidur dan jangan menekan tombol tunda.

 

photo
Bermacam jenis tidur (ilustrasi) - (Pixabay/CDD20)

3. Anggaplah Anda sedang berolahraga

Jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi, olahraga pagi dapat membantu Anda merasa lebih berenergi. Olahraga tidak hanya meningkatkan sirkulasi, tetapi juga menghasilkan hormon yang meningkatkan suasana hati.

Faktanya, bergerak sedikitnya 10 menit saja sudah bisa membuat Anda merasa lebih segar dan waspada. Cobalah keluar untuk berjalan-jalan sebentar, pusatkan diri Anda dengan yoga, atau persiapkan tubuh Anda untuk hari yang sibuk dengan beberapa peregangan ringan.

 

4. Makanlah sarapan yang padat

Jika makanan sehari-hari Anda hanya berupa kopi atau kue manis, hal itu dapat menyebabkan kelesuan di pagi hari. Setelah berpuasa sepanjang malam, tubuh Anda membutuhkan bahan bakar nyata, sebaiknya kita sarapan dengan menu campuran protein, karbohidrat, dan lemak. Kemudian, bisa pula beberapa pilihan padat, seperti oatmeal dengan topping kacang-kacangan dan beri, telur orak-arik dengan roti panggang gandum, atau greek yogurt rendah lemak dan buah-buahan.

 

5. Lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia

Baik Anda yang menyukai mandi yang menyegarkan, bermain dengan binatang peliharaan, membuat jurnal, atau menikmati secangkir kopi kental, lakukan aktivitas pagi yang memberi energi dan membuat Anda merasa bahagia. 

 

 
Semakin banyak Anda kurang tidur, semakin lama pula jeda waktunya. 
 
CYNTHIA FELLMAN-COUTURE, Koordinator penelitian tidur di Henry Ford Health. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Taktik Menata Kamar Agar Sukses Tidur Cantik

Kamar tidur harus dibuat atau ditata dengan mengutamakan kesehatan serta kenyamanan penghuninya.

SELENGKAPNYA

Tidur Malam dan Seni Mengelola Depresi

Gen Z memiliki level kerentanan stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

SELENGKAPNYA

Tidur Antara Kebutuhan dan Tantangan

Allah SWT justru memberikan ‘iming-iming’ keutamaan pahala bagi yang menghidupkan malamnya dengan ibadah.

SELENGKAPNYA

Mengatasi Sulit Tidur dengan Suplemen, Bolehkah?

Bagi sebagian orang, tidur bukanlah hal yang mudah.

SELENGKAPNYA