Karyawan beraktivitas di dekat layar yang menampilkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (24/8/2023). IHSG ditutup melemah 0,32% ke 6899,39 pada akhir perdagangan. IHSG sempat mencapai posisi terti | Republika/Thoudy Badai

Gaya Hidup

Masalah Budak Korporat Saat Ini, Terancam AI Lalu Depresi

Sepertiga responden khawatir, AI akan membuat sebagian atau seluruh tugas pekerjaan mereka menjadi “ketinggalan zaman”.

Ancaman kehilangan pekerjaan karena kecerdasan buatan (AI) ternyata berdampak buruk pada kesehatan mental karyawan. Ini menurut survei baru dari American Psychological Association (APA). 

Dilansir Mashable SE Asia, Selasa (12/9/2023), jajak pendapat terhadap 2.515 orang dewasa Amerika Serikat (AS), yang dilakukan pada April 2023 menemukan, lebih dari sepertiga responden khawatir bahwa AI akan membuat sebagian atau seluruh tugas pekerjaan mereka menjadi “ketinggalan zaman”. Stres yang tinggi ini, terjadi pada sebagian besar responden.

Hampir dari dua pertiga melaporkan merasa tegang atau stres selama hari kerja. Sebaliknya, hanya 38 persen orang yang tidak mengkhawatirkan AI memiliki tingkat stres serupa. 

photo
Seorang karyawan berjalan usai bekerja di Jakarta, Senin (24/10/2022). Berdasarkan data Center of Economics and Law Studies (Celios), adanya resesi global yang diprediksi terjadi pada 2023 bisa berdampak terhadap gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), karena tahun 2022 pertumbuhan ekonomi global hanya berkisar 3,2 persen, sementara di tahun 2020 mencapai 6,1 persen. - (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Separuh dari kelompok yang mengkhawatirkan AI juga mengatakan pekerjaan mereka berdampak negatif terhadap kesehatan mental mereka. Para partisipan tersebut menunjukkan tanda-tanda kelelahan seperti mudah tersinggung atau marah, kelelahan emosional, menyendiri, dan merasa tidak termotivasi, kurang produktif, serta tidak efektif. 

Pekerja berusia muda, karyawan kulit berwarna, dan mereka yang memiliki gelar sekolah menengah atas atau kurang, lebih khawatir mengenai dampak AI terhadap pekerjaan dibandingkan orang dewasa lain yang disurvei. Jajak pendapat tersebut juga menemukan bahwa persentase lebih besar dari orang-orang yang diawasi di tempat kerja menilai kesehatan mental mereka buruk, dibandingkan dengan mereka yang tidak diawasi di tempat kerja. 

Dennis P Stolle, direktur senior psikologi terapan di APA, mengatakan kepada Mashable bahwa temuan ini kemungkinan besar lebih dari sekadar kebetulan. Mengingat banyaknya responden yang mengungkapkan emosi negatif sekaligus mengkhawatirkan AI dan menunjukkan kebencian terhadap pemantauan karyawan.

Survei tersebut tidak menentukan, apakah ketakutan akan kehilangan pekerjaan akibat AI atau frustrasi terhadap pemantauan secara langsung menyebabkan berkurangnya kesejahteraan karyawan. Ada kemungkinan bahwa pekerja yang tidak bahagia atau stres, bisa pula disebabkan tempat kerja yang beracun, atau lebih marah terhadap pengawasan. 

Stolle berpendapat, kedua skenario tersebut mungkin benar, yaitu ketidaktahuan mengenai AI, serta tekanan dalam pengawasan, makin memperburuk Kesehatan mental karyawan. Sementara yang lain sudah tertekan oleh budaya tempat kerja mereka dan rentan terhadap emosi baru yang menantang.

Peran Perusahaan 

photo
Puluhan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) Kabupaten Jombang menggelar unjuk rasa di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (10/5/2023). Dalam aksinya mereka menuntut penuntasan kasus buruh terbengkalai yang terkena PHK sepihak dan tidak direspon pemerintah serta menyoroti anggaran Rp900 juta untuk melaksanakan pelatihan yang seolah hanya dibuat kegiatan serimonial tanpa ada pendampingan. - ( Antara/Syaiful Arif )

Dia menambahkan keduanya dapat menimbulkan lingkaran setan emosi negatif. Selanjutnya, Stolle mengatakan hasil ini merupakan sinyal bagi pengusaha untuk menanggapi kekhawatiran karyawan dengan serius dan mempraktikkan komunikasi yang terbuka dan jujur mengenai kebijakan mereka.

Dia mencatat bahwa tanpa keterusterangan dan transparansi, rasa takut akan mendominasi. Selain itu, karyawan dapat kehilangan rasa memiliki hak pilihan, terutama jika perilaku mereka dipantau secara konsisten.

Setidaknya, menurut Stolle, orang tidak boleh hidup dalam ketakutan ketika mereka sedang bekerja. Di samping itu, karyawan yang merasa stres karena perpindahan dan pemantauan pekerjaan yang dilakukan oleh AI dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi emosi tersebut dan mendapatkan kembali rasa hak pilihan mereka. 

Serba-Serbi Kesehatan Mental - (Republika)

  ​

Pekerja yang peduli dengan AI, misalnya, dapat mempelajari dan berupaya memanfaatkan teknologi tersebut demi kemajuan karier mereka. Stolle merekomendasikan untuk mencari dukungan sosial dari rekan kerja yang ingin berbicara secara konstruktif tentang masalah yang mereka hadapi tanpa menjadi terlalu negatif. 

Diskusi semacam ini dapat dilakukan melalui pertemuan serikat pekerja, jika suatu tempat kerja mempunyai serikat pekerja, atau melalui kelompok sumber daya karyawan yang berdedikasi pada bidang teknologi. Percakapan tersebut, menurut dia, juga berpotensi menghasilkan “proposal yang kreatif dan masuk akal” yang diajukan pekerja kepada pemberi kerja. 

Karyawan juga harus menyelesaikan survei kepuasan anonim yang ditawarkan oleh perusahaan mereka sebagai cara yang tidak terlalu berisiko untuk menyuarakan pendapat. Baik mengenai AI, pemantauan, maupun topik tempat kerja lainnya. 

Terakhir, penting bagi karyawan yang stres untuk memberi tahu orang yang mereka cintai tentang apa yang mereka hadapi di tempat kerja. Mereka dapat menjadi sumber dukungan utama, terutama jika mereka memahami apa yang menyebabkan ketegangan tersebut. 

 

 
Orang tidak boleh hidup dalam ketakutan ketika mereka sedang bekerja.
 
DENNIS P STOLLE, Direktur senior psikologi terapan di American Psychological Association (APA). 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Terapi Seni Penawar Kesehatan Mental Bagi Perempuan Afghanistan

Organisasi kesehatan memperkirakan setengah dari 40 juta orang Afghanistan menderita tekanan psikologis.

SELENGKAPNYA

Polusi dan Kesehatan Mental yang Memburuk

Polusi udara yang terhirup masuk ke saluran pernapasan dapat memicu terjadinya perubahan pada area-area otak yang mengontrol emosi.

SELENGKAPNYA

Prediksi Mengerikan untuk Kesehatan Mental Setengah Populasi Dunia

Gangguan suasana hati seperti depresi dan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang paling umum.

SELENGKAPNYA