Para siswi bermain di halaman sekolah pedesaan di Bamiyan, Afghanistan, Senin (19/6/2023). | AP Photo/Ebrahim Noroozi

Internasional

Terapi Seni Penawar Kesehatan Mental Bagi Perempuan Afghanistan

Organisasi kesehatan memperkirakan setengah dari 40 juta orang Afghanistan menderita tekanan psikologis.

MAZAR-I-SHARIF -- Bertempat tinggal di utara Afghanistan, Khushi yang berusia 19 tahun menggambar potret diri bergambar sosok yang diselimuti burqa biru di dalam sangkar. Goresan itu seakan menunjukkan kondisi yang dialaminya sekarang.

Mantan mahasiswi itu pernah mengikuti kelas hukum dan ilmu politik di universitas utama Provinsi Balkh Utara. Namun, Khusni tenggelam dalam depresi sejak Taliban menutup perguruan tinggi bagi para perempuan pada Desember 2021.

Sejak itu, Khusni pun membutuhkan perawatan psikiatri. Dia direkomendasikan kelas terapi seni. "Ketika saya menyadari bahwa saya tidak sehat secara mental, saya menjadi sedih. Saya tidak bahagia sama sekali, saya selalu tertekan, saya merasa seperti burung yang terkurung dalam sangkar, yang telah kehilangan semua kebahagiaannya," kata Khushi yang hanya diidentifikasi dengan satu nama saja untuk alasan keamanan.

photo
Gadis-gadis Afghanistan membaca ayat-ayat Alquran di sebuah masjid selama bulan puasa Ramadhan di Kandahar, Afghanistan, 28 Maret 2023. Umat Islam di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan, dengan berdoa pada malam hari dan tidak makan, minum, dan tindakan seksual selama periode antara matahari terbit dan terbenam. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan diyakini bahwa wahyu ayat pertama dalam Alquran terjadi pada 10 malam terakhirnya. - (EPA-EFE/STRINGER)

"Setelah Taliban melarang anak perempuan dari universitas dan mengumumkan bahwa anak perempuan tidak dapat lagi melanjutkan pendidikan kami, saya merasa sangat kesal, hari demi hari kesehatan mental saya memburuk, saya akhirnya memutuskan untuk menemui psikiater agar menjadi lebih baik," ujarnya.

Khushi tidak sendiri, dia berkumpul dengan perempuan lainnya yang membutuhkan pertolongan. Banyak dari mereka telah dikirim ke sini atas rekomendasi ahli kesehatan mental untuk memudahkan isolasi dan mempelajari keterampilan baru bersamaan dengan terapi bicara dan pengobatan.

“Ketika saya merasa tertekan, dokter meresepkan saya untuk pergi ke tempat di mana saya bisa menenangkan pikiran. Saya memilih sanggar seni. Tidak hanya berteman baik di sini, saya juga menerima terapi seni,” kata mantan mahasiswa itu.

Khushi mengatakan, terapi seni memberinya kelonggaran dari rumah dan sedikit harapan untuk masa depan. "Itu memberi saya rasa pencapaian karena telah membuat sesuatu, secara keseluruhan, menggambar memberi saya kepercayaan diri," ujarnya.

"Saya kecewa dengan hidup saya, tapi saya tidak akan menyerah, saya akan berjuang. Saya harap semuanya akan menjadi lebih baik pada masa depan," ujar Khusni.

Penutupan universitas oleh Taliban itu memicu protes publik yang jarang terjadi. Keputusan tersebut diambil setelah penutupan sebagian besar sekolah menengah perempuan dan diikuti oleh otoritas Taliban yang memerintahkan sebagian besar pekerja kemanusiaan perempuan untuk tidak bekerja.

photo
Para siswi yang mengikuti kelas dasar duduk di ruang kelas pada awal tahun ajaran baru di Kabul, Afghanistan, Sabtu (25/3/2023). Tahun pendidikan baru Afghanistan dimulai, tetapi sekolah menengah atas tetap ditutup untuk anak perempuan untuk tahun kedua setelah Taliban kembali berkuasa pada 2021. - ( EPA-EFE/SAMIULLAH POPAL )

Taliban mengeklaim menghormati hak-hak perempuan sejalan dengan interpretasinya sendiri terhadap hukum Islam dan budaya Afghanistan. Perintah yang membatasi perempuan dari kehidupan publik juga telah mengundang kecaman keras internasional.

Pemerintah Barat mengatakan, tindakan itu adalah rintangan utama untuk bergerak ke arah pengakuan resmi pemerintah Taliban yang mengambil alih ketika pasukan asing pergi dua tahun lalu. Banyak perempuan, terutama di daerah perkotaan, yang memperoleh kesempatan dalam pendidikan dan pekerjaan selama 20 tahun kehadiran pasukan asing dan pemerintah yang didukung Barat.

Mereka sekarang berjuang dengan rasa putus asa yang mendalam dan tantangan kesehatan mental. "Sejak Imarah Islam (pemerintahan Taliban) mulai memerintah negara, mereka telah memberlakukan begitu banyak pembatasan terhadap perempuan. Mereka melarang mereka masuk universitas, taman hiburan, salon kecantikan, dan sebagainya. Mereka tidak meninggalkan apa pun untuk perempuan," kata psikiater Khushi yang juga tidak bisa disebutkan namanya karena alasan keamanan.

photo
Orang mengisi jerigen dengan air dari keran komunitas pada Hari Air Sedunia di Kandahar, Afghanistan, 22 Maret 2023. Hari Air Sedunia diadakan setiap tahun pada tanggal 22 Maret sebagai sarana untuk menyoroti pentingnya air bersih dan pengelolaannya. - ( EPA-EFE/Stringer)

Menurut ahli tersebut, studio seni adalah satu-satunya jalan yang tersisa untuk membantu pasiennya. "Mereka telah menjadi satu-satunya tempat di mana para perempuan dapat menjernihkan pikiran, bertemu dengan teman lama, menjalin pertemanan baru. Selain itu, mereka juga dapat belajar seni," ujarnya.

Khushi menemui psikiaternya dua kali sebulan. Namun, psikiater itu mengaku biasa menemui empat sampai lima pasien sehari, tetapi jumlah pasiennya sekarang telah meningkat menjadi 10 sampai 15 setiap hari. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan. Peningkatan tersebut menjadi lebih nyata setelah Taliban melarang mahasiswi untuk kuliah.

Organisasi kesehatan memperkirakan setengah dari 40 juta orang Afghanistan menderita tekanan psikologis setelah puluhan tahun perang dan ketidakstabilan. Ada beberapa angka yang dapat diandalkan tentang tren kesehatan menta. Namun secara anekdot dokter dan pekerja bantuan mengatakan, lebih banyak perempuan yang berjuang dengan kesehatan mental setelah perintah yang membatasi pekerjaan dan pendidikannya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pasar Kambing di Kota Kabul Afghanistan

Afghanistan sambut Idul Adha di tengah tekanan embargo ekonomi oleh Amerika Serikat.

SELENGKAPNYA

Indonesia Diundang Berembuk Soal Afghanistan

Perempuan Afghanistan masih terus dibatasi.

SELENGKAPNYA