Seorang anak bereaksi setelah memeriksa kerusakan akibat gempa, di kotanya Amizmiz, dekat Marrakesh, Maroko, Ahad, 10 September 2023. | AP Photo/Mosaab Elshamy

Kabar Utama

Seratus Ribu Anak Maroko Butuh Bantuan

Jumlah korban meninggal di Maroko mendekati 3.000 orang.

MARRAKESH -- Anak-anak di Maroko terdampak gempa dahsyat yang mengguncang negara itu pada Jumat (8/92023) malam. Badan Anak-anak PBB (UNICEF) mengungkapkan, sekitar 100 ribu anak terkena dampak gempa bumi tersebut. 

"Meskipun UNICEF belum mengetahui jumlah pasti anak-anak yang terbunuh dan terluka, perkiraan terbaru pada 2022 menunjukkan bahwa anak-anak mewakili hampir sepertiga populasi di Maroko," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan dikutip dari Anadolu Agency. 

Menurut perkiraan PBB, lebih dari 300 ribu orang terkena dampak di Marrakesh dan Pegunungan Atlas Tinggi setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter. Kementerian Dalam Negeri Maroko menyatakan, lebih dari 2.800 orang tewas, termasuk anak-anak, dan ribuan lainnya terluka. Pihak berwenang khawatir jumlah ini kemungkinan akan bertambah.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan, pusat gempa yang terjadi setelah pukul 23.00 waktu setempat, berada 75 kilometer barat daya Marrakesh pada kedalaman 18,5 kilometer. UNESCO menyatakan, kerusakan besar dilaporkan di Marrakesh.

photo
Pusat Gempa Maroko - (Republika)

Tim penyelamat terus melakukan pencarian orang hilang yang terperangkap di bawah reruntuhan untuk hari ketiga setelah gempa dahsyat tersebut pada Senin. Beberapa tim penyelamat asing telah tiba di negara tersebut untuk bergabung dalam upaya penyelamatan para korban yang selamat.

Maroko sejauh ini telah menerima tawaran bantuan dari Spanyol, Inggris, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Pemerintah Maroko meluncurkan rekening khusus di Departemen Keuangan dan Bank Sentral Maroko untuk menerima sumbangan bagi para korban gempa pada akhir pekan. Menurut Institut Geofisika Nasional Maroko, gempa tersebut merupakan yang terkuat yang melanda negara Afrika Utara dalam satu abad terakhir. 

Pada Selasa (12/9/2023), penduduk desa menangisi kerabat mereka yang hilang di reruntuhan rumah mereka. Sementara tim penyelamat berpacu dengan waktu untuk menemukan penyintas.

Tim pencari dari Spanyol, Inggris dan Qatar bergabung dalam upaya penyelamatan Maroko setelah gempa berkekuatan 6,8 skala richter pada Jumat (8/9/2023) malam di Pegunungan Atlas, dengan pusat gempa 72 km barat daya Marrakesh.

photo
Seorang wanita membawa tempat tidur darurat pasca gempa dahsyat di Asni, selatan Marrakesh, Maroko, Senin, 11 September 2023. - (EPA-EFE/YOAN VALAT)

Stasiun televisi pemerintah melaporkan jumlah korban tewas naik 2.862 orang begitu pula dengan korban luka menjadi 2.562 orang. Tim penyelamat mengatakan rumah tradisional yang dibangun dengan batu lumpur mengurangi kemungkinan menemukan korban selamat.

Di antara korban meninggal adalah Suleiman Aytnasr yang berusia tujuh tahun. Ibunya menggendongnya ke kamar tidurnya setelah ia tertidur di ruang tamu rumah mereka di sebuah dusun di luar Talat N'Yaaqoub, di salah satu daerah yang terkena dampak paling parah. Suleiman seharusnya akan menjadi murid sekolah dasar tahun ini.

Rekaman video yang difilmkan penyelamat Spanyol Antonio Nogales dari kelompok bantuan Bomberos Unidos Sin Fronteras (Persatuan Pemadam Kebakaran Tanpa Batas) dari desa terpencil Imi N'Tala, menunjukkan pria dan anjing memanjat lereng curam yang tertutup puing-puing.

“Tingkat kehancurannya mutlak, tidak ada satu rumah pun yang tetap berdiri tegak," kata Nogales yang kesulitan menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang ia lihat. Meskipun skala kerusakannya besar, dia mengatakan tim penyelamat yang melakukan pencarian dengan anjing masih berharap menemukan korban selamat.

photo
Seorang korban dibawa oleh petugas penyelamat di Talat Nyakoub, Maroko, Senin, 11 September 2023. - (Fernando Sanchez/Europa Press vi)

“Saya yakin dalam beberapa hari mendatang akan ada beberapa penyelamatan, kami pikir mungkin masih ada orang di bawah bangunan yang runtuh, mungkin masih ada kantong udara, dan seperti yang saya katakan, kami tidak pernah putus asa,” katanya.

Setelah respons awal yang menurut beberapa penyintas terlalu lambat, upaya pencarian dan penyelamatan tampaknya semakin cepat pada Senin (11/9/2023). Tenda-tenda bermunculan di beberapa lokasi di mana orang-orang bersiap untuk malam keempat di luar ruangan.

Video yang direkam media Maroko, 2M menunjukkan sebuah helikopter militer terbang di atas daerah dekat pusat gempa. Helikopter itu menjatuhkan karung-karung perbekalan penting kepada keluarga-keluarga yang terisolasi.

Karena sebagian besar zona gempa berada di daerah yang sulit dijangkau, pihak berwenang belum mengeluarkan perkiraan jumlah orang hilang.

photo
Petugas penyelamat beraksi selama operasi pencarian menyusul gempa bumi dahsyat di desa Talat Talat NYaaqoub, selatan Marrakesh, Maroko, Senin, 11 September 2023. - (EPA-EFE/MOHAMED MESSARA)

Kerusakan terhadap warisan budaya Maroko mulai muncul secara bertahap. Bangunan di kota tua Marrakesh, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, rusak. Gempa tersebut juga menyebabkan kerusakan besar pada Masjid Tinmel yang bersejarah dan bersejarah pada abad ke-12.

Penduduk di Tinmel, desa terpencil dekat dengan pusat gempa di mana 15 orang tewas, mengatakan mereka telah berbagi makanan, air dan obat-obatan. Namun sangat membutuhkan tenda dan selimut untuk berlindung dari dinginnya malam pegunungan.

Gempa tersebut merupakan gempa paling mematikan di negara Afrika Utara sejak tahun 1960. Ketika gempa diperkirakan menewaskan sedikitnya 12.000 orang, dan yang paling dahsyat setidaknya sejak tahun 1900, menurut Survei Geologi AS.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Ahad (10/9/2023), juru bicara pemerintah Mustapha Baytas membela respon pemerintah. Ia mengatakan segala upaya sedang dilakukan di lapangan.

Tentara mengatakan pihaknya memperkuat tim pencarian dan penyelamatan, menyediakan air minum dan mendistribusikan makanan, tenda dan selimut.

photo
Seorang pekerja perlindungan sipil membawa jenazah yang pulih setelah gempa bumi dahsyat, di desa Talat NYaaqoub, selatan Marrakesh, Maroko, Senin, 11 September 2023. - (EPA-EFE/MOHAMED MESSARA)

Jalan utama yang menghubungkan Pegunungan Atlas Tinggi ke Marrakesh pada Senin malam macet. Ketika kendaraan-kendaraan berat dan sukarelawan yang membawa pasokan bantuan menuju ke beberapa komunitas yang paling terkena dampak di daerah-daerah terpencil di pegunungan tersebut.

Relawan Maroko dan warga sipil, dibantu beberapa orang asing, membantu mengarahkan lalu lintas dan membersihkan jalan dari puing-puing batu.

Perdana Menteri Aziz Akhannouch mengatakan  pemerintah akan memberikan kompensasi kepada para korban, namun hanya memberikan sedikit rincian. Dua orang sumber mengatakan pemerintah Maroko ingin melanjutkan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia yang dijadwalkan bulan depan di Marrakesh.

Maroko menerima tawaran bantuan dari Spanyol dan Inggris yang mengirimkan tim pencarian dan penyelamatan dengan anjing pelacak. Uni Emirat Arab dan Qatar juga menawarkan bantuan. Stasiun televisi pemerintah melaporkan pemerintah mungkin akan menerima tawaran bantuan dari negara lain nanti.

‘Gempa Maroko Seperti Gemuruh Ombak’

Korban meninggal gempa maroko terus bertambah.

SELENGKAPNYA

Berkejaran Dengan Waktu Mencari Penyintas di Maroko

Maroko telah menerima bantuan dari empat negara.

SELENGKAPNYA

Penyintas Gempa Maroko Mengiba, Bantuan Telat Tiba

Bantuan asing masih tertahan menunggu restu Kerajaan Maroko.

SELENGKAPNYA

Ikuti Berita Republika Lainnya