Putri Ariani di babak semifinal America | Instagram/Arianinismaputri

Geni

Restu U2 untuk Putri Ariani

Penjiwaan mendalam dan teknik vokal apik saat melantunkan lagu "I Still Haven't Found What I'm Looking For" membuat Putri Ariani lolos di babak semifinal America's Got Talent (AGT) 2023. Pengumuman hasil voting telah disiarkan pada Kamis (7/9/2023) pagi.


Penyanyi difabel netra berusia 17 tahun asal Indonesia itu menuai banyak pujian berkat performa memukau pada babak "AGT Live Shows Week 3" yang disiarkan Rabu (6/9/2023) pagi waktu Indonesia barat (WIB). Terlebih, lagu U2 yang dia nyanyikan juga amat dikenal di AS.


Salah satu juri AGT, Simon Cowell, menyampaikan, U2 secara pribadi mengizinkan lagu tersebut untuk dinyanyikan Putri di AGT. Band asal Irlandia itu sama sekali tidak keberatan, bahkan senang karena sudah tahu siapa Putri. "Mereka (U2) melihat audisinya dan mereka tahu betapa hal ini sangat berarti baginya," ujar Cowell, dikutip dari laman Billboard, Kamis (7/9/2023).


Awal Juni 2023, Putri mengejutkan dunia saat mengikuti audisi AGT musim ke-18. Gadis berhijab itu membawakan lagu Elton John dan Bernie Taupin, "Sorry Seems to Be The Hardest Word" dengan penuh penghayatan. Dia menyanyikan lagu sambil bermain piano.


Menurut Billboard, saat Putri menyanyikan lagu itu di babak audisi ada perpaduan antara nada pop, kekuatan dan kematangan vokal, serta kontrol yang apik. Semua itu sangat luar biasa dan Putri sangat mampu mengatasi kendala dari kondisinya yang tidak bisa melihat.

Dalam kesempatan audisi itu, Putri juga membawakan lagu orisinal yang dia tulis, "Loneliness". Tidak heran jika dia mendapat golden buzzer dari Cowell.

Golden Buzzer merupakan jalur cepat dari audisi untuk langsung lolos ke babak live show. Putri pun berterima kasih dengan semua apresiasi juri AGT serta penonton. "Saat saya bernyanyi, saya merasa seperti seorang superstar," ujar Putri dalam sebuah kesempatan.


Lagu "I Still Haven’t Found What I’m Looking For" yang dinyanyikan Putri pada tahap kualifikasi yang disiarkan Rabu pagi merupakan karya yang dirilis U2 pada 1987. Tembang dengan makna spiritual itu termuat dalam The Joshua Tree, album yang mengukuhkan U2 menjadi salah satu band terbesar di dunia.


Sama seperti saat audisi, Putri bernyanyi sambil memainkan grand piano. Tanpa elemen pemanis lain, dia murni hanya menampilkan bakatnya. Penonton memberikan tepuk tangan meriah dan keempat juri melakukan standing ovation setelah penampilannya usai.


Cowell mengaku tidak bisa berkata-kata, sementara Sofia Vergara menyebut nyanyian Putri amat spektakuler. Howie Mandel mengatakan apa yang dia simak sebagai bentuk kesempurnaan, sedangkan Heidi Klum menyebut suara Putri seperti suara malaikat.


Mendengar semua pujian itu, beserta sorakan penonton, kebahagiaan terlihat di wajah Putri. "Terima kasih banyak. Kalian telah mengubah hidup saya," ujarnya.

Pesan dari Simon Cowell 


Salah satu juri America’s Got Talent (AGT), Simon Cowell, menghampiri Putri Ariani dalam semifinal acara tersebut. Hal itu dilakukan Cowell karena Putri Ariani memberikan penampilan terbaiknya.

Cowell merupakan juri yang cukup teliti dan tegas dalam menilai para peserta. Tapi melihat Putri Ariani, ia bahkan memberikan Golden Buzzer, hingga tidak bisa berkata-kata saat melihat penampilan Putri di semifinal AGT.

Rasa bangga Cowell tidak hanya ditujukan saat on-camera, tetapi juga saat off-camera. Saat kamera sedang off, Cowell mengampiri Putri Ariani dan mengucapkan sebuah kalimat pujian. Dalam sebuah video yang diunggah channel Youtube AGT, Kamis (7/9/2023), Cowell yang mengenakan kemeja putih tampak datang mendekat ke arah Putri.

“Pikirkan saja bahwa ini lagumu, kamu sedang merekamnya, aku menyukai setiap momennya,” ujar Cowell kepada Putri. Mendengar hal itu, Putri memberi respons dengan senyuman tipisnya.

Cowell juga memberikan komentar positif atas penampilan Putri tersebut, mengatakan bahwa ia tak bisa berkata-kata dan mengaku senang menjadi juri AGT karena bisa menemukan bakat-bakat luar biasa seperti Putri.

Putri juga mendapat voting terbanyak sehingga ia melaju ke babak final AGT bersama Mzansi Youth Choir. Final AGT ini akan berlangsung pekan depan disiarkan di NBC, Selasa (12/9/2023) pukul 20.00 waktu Amerika Serikat (AS).

Panen Pujian

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Simon Cowell (@simoncowell)


Salah satu juri America's Got Talent (AGT) 2023, Simon Cowell, membuat unggahan apresiasi untuk Putri Ariani di Instagram. Dia mengunggah video saat Putri tampil di babak live show AGT yang disiarkan Rabu (6/9/2023) pagi waktu Indonesia barat (WIB).


"Sejujurnya, ini adalah salah satu pertunjukan live favorit saya dan menurut saya @arianinismaputri adalah orang yang luar biasa dengan bakat luar biasa," kata Cowell lewat akun Instagram @simoncowell, Jumat (8/9/2023).


Sejak dipublikasikan, unggahan Cowell sudah disimak warganet lebih dari 897 ribu kali. Dalam potongan video itu, Putri melantunkan lagu U2, "I Still Haven't Found What I'm Looking For". Mengenakan gaun indah warna emas, Putri bernyanyi sambil bermain piano.


Kalimat pujian Cowell pada Putri di akun Instagram pribadinya segera menuai reaksi warganet, terutama warganet dan juga deretan figur publik dari Indonesia. "Saya ada di sana kemarin, penampilan Putri memang luar biasa," ujar presenter Uya Kuya lewat akun @king_uyakuya.


Ada juga presenter Boy William yang berterima kasih kepada Cowell atas komentar positifnya pada penampilan Putri. Personel grup musik Debu, Mustafa Debu, juga terpantau berkomentar. "Merepresentasikan Indonesia dengan sangat indah," ujarnya lewat akun @mustafadebu.


Putri Ariani adalah penyanyi asal Indonesia. Meski merupakan penyandang difabel netra, tidak menghalangi talenta dan kepiawaian bermusik perempuan 17 tahun yang mengenakan hijab itu. Selain punya suara indah, dia bisa bermain piano, bahkan menciptakan lagu sendiri.


Salah satu lagu ciptaannya, "Loneliness", dibawakan Putri saat audisi AGT, yang sukses memikat Cowell dan membuatnya menekan tombol golden buzzer. Tombol istimewa itu jadi jalur cepat yang membuat Putri melenggang dari babal audisi langsung ke live show.


Pada babak live show kemarin pun, Putri sudah dinyatakan lolos. Artinya, dia akan berlaga di sesi final AGT 2023, memperlihatkan bakatnya kepada masyarakat Amerika Serikat dan juga warga dunia.

 

 
Saya senang menjadi juri AGT karena bisa menemukan bakat-bakat luar biasa seperti Putri.
 
SIMON COWELL, Juri AGT 2023. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Telisik Makna Lagu yang Dibawakan Putri Ariani dI AGT Live Shows Week 3

Bono pernah menyampaikan bahwa dia menggambarkan hubungannya dengan Tuhan dalam lagu itu.

SELENGKAPNYA

Rangkaian Doa Mengiringi Langkah Putri Ariani di America's Got Talent

Putri akan tampil di babak live show AGT pada Rabu, 6 September 2023, waktu Indonesia.

SELENGKAPNYA

Pesona Putri Ariani Membius Istana

Putri sempat meminta doa dan dukungan dari Presiden RI Joko Widodo beserta seluruh masyarakat Indonesia untuk penampilannya.

SELENGKAPNYA