Putri Ariani di babak semifinal America Got Talents. | Instagram/Arianinismaputri

Geni

Telisik Makna Lagu yang Dibawakan Putri Ariani dI AGT Live Shows Week 3

Bono pernah menyampaikan bahwa dia menggambarkan hubungannya dengan Tuhan dalam lagu itu.

Pilihan lagu yang tepat turut memengaruhi kesuksesan penampilan Putri Ariani di babak semifinal America's Got Talent (AGT) 2023. Perempuan berhijab asal Indonesia itu kembali memukau penonton di "AGT Live Shows Week 3", Rabu (6/9/2023) pagi Waktu Indonesia Barat

Putri memilih lagu yang sudah sangat dikenal oleh penikmat musik di Amerika Serikat (AS), yakni lagu legendaris "I Still Haven't Found What I'm Looking For" dari band rock asal Irlandia, U2. Lagu tersebut termuat dalam album The Joshua Tree yang dirilis U2 pada 1987.

Tembang itu bercerita tentang pencarian makna dalam hidup. Liriknya yang indah pun bisa diartikan secara bebas, dalam hubungan apa pun. Namun, penulis lirik lagu, Paul Hewson alias Bono, yang merupakan vokalis dan pemain gitar U2, pernah menyampaikan bahwa dia menggambarkan hubungannya dengan Tuhan dalam lagu itu.

Komposisi musik lagu "I Still Haven't Found What I'm Looking For" digarap bersama oleh para personel U2, yakni Bono, David Evans alias The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen Jr. Meski genre asli musik itu adalah rock, dalam penampilannya Putri berhasil membawakan lagu dengan versinya sendiri, dan hasilnya sangat indah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)


Saat dirilis pada 1987, lagu itu langsung meledak dan masuk di tangga lagu US Billboard Hot 100 serta UK Singles Chart. "I Still Haven't Found What I'm Looking For" mendapat dua nominasi di ajang Grammy Awards 1988, yakni dinominasikan untuk kategori rekaman terbaik dan lagu terbaik.

Hingga kini, lagu itu masih tetap populer. Pada 2010, Rolling Stone memasukkan "I Still Haven't Found What I'm Looking For" dalam daftar "500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa", tepatnya di posisi ke-93. Tim Rock and Roll Hall of Fame juga menobatkannya dalam daftar "500 Lagu yang Membentuk Rock and Roll".

Lagu ini juga pernah digarap ulang oleh band Skotlandia The Chimes pada 1990. Penyanyi Cher juga selalu membuka konsernya di era 1990-2000-an dengan menyanyikan lagu ini. Bagi yang menggemari serial televisi "Glee", pasti ingat bahwa lagu ini pernah dinyanyikan di episode "City of Angels" pada musim kelima.

Pada 2021, lagu juga menjadi soundtrack film animasi Sing 2. Dalam film itu, lagu "I Still Haven't Found What I'm Looking For" dinyanyikan Bono berduet dengan aktris Scarlett Johansson. Bono juga mengisi suara tokoh singa bernama Clay Calloway, sementara Johansson memerankan landak bernama Ash.

Sambutan Hangat


Para juri America's Got Talent (AGT) musim kedelapan memberikan tanggapan positif untuk penampilan penyanyi Indonesia Putri Ariani. Putri tampil pada "AGT Live Shows Week 3" yang disiarkan Rabu (6/9/2023) pagi waktu Indonesia.

Simon Cowell yang juga merupakan salah satu penggagas AGT, mengaku dirinya sampai kehilangan kata-kata. "Putri, saya hanya bisa berpikir suaramu sangat indah. Ini versi yang sangat indah. Inilah mengapa saya tetap bertahan dengan pekerjaan saya, untuk bisa menjumpai momen yang sangat murni seperti ini," ungkap Cowell.

Pembawa acara AGT 2023, Terry Crews, kemudian beralih meminta pendapat dari juri lain, Sofia Vergara. Aktris berkebangsaan Kolombia itu mengatakan tidak pernah mendengar sesuatu seindah penampilan Putri barusan dalam hidupnya.

"Sangat spektakuler. Setiap not, rasa yang kamu masukkan ke dalam lagu ini, sangat mengagumkan. Ini adalah salah satu lagu favorit saya dan menurut saya, penampilan kamu sempurna," kata Vergara.

Model kelahiran Jerman, Heidi Klum, juga memberikan komentar positif, dengan mengatakan suara Putri sangat indah. "Saya sangat berharap Bono mendengar ini. Penampilanmu sangat memesona," ucap Klum. 

Melanjutkan Klum, giliran Howie Mandel yang memberikan komentar. Aktor, produser, dan komedian asal Kanada itu hanya memberi tanggapan singkat. "Sempurna!" ujarnya bersemangat.

Meski tanggapan para juri dan penonton di studio terbilang positif, Putri masih harus menantikan hasil vote dari penonton AGT 2023. Dari sesi live show tersebut, hanya dua kontestan yang bisa melenggang ke babak selanjutnya.

Pengumuman hasil vote "AGT Live Shows Week 3" akan diketahui pada Rabu (6/9/2023) petang waktu AS atau Kamis pagi di Indonesia. Kontestan lain yang tampil di "AGT Live Shows Week 3" antara lain Trigg Watson, Mzansi Youth Choir, Warrior Squad, Summer Rios, Barry Brewer Jr, MOS, Justin Jackson, Herwan Legaillard, Phil Wright & Parent Jam, serta Philip Bowen.

Indonesia Siap Mendukung

photo
Putri Ariani ketika menyumbangkan suaranya di upacara Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023. - (Instagram/Arianinismaputri )

Dukungan masyarakat Indonesia untuk penyanyi Putri Ariani yang berlaga di ajang pencarian bakat America's Got Talent (AGT) 2023 terus mengalir. Cuplikan penampilan Putri sudah dibagikan oleh akun Instagram @agt. "Kalian akan terpesona dengan suara @arianinismaputri. Tonton #AGT di @nbc dan streaming di @peacock," tulis akun tersebut pada unggahan video yang menampilkan aksi Putri.

Kolom komentar pada unggahan itu pun segera dibanjiri banyak tanggapan, baik dari masyarakat Indonesia maupun masyarakat global yang menyaksikan AGT. Para pesohor di Indonesia pun terpantau memberikan kata-kata pendukung untuk Putri.

Vokalis band Gigi, Armand Maulana, termasuk salah satu yang memberikan komentar. Dia hanya menuliskan kata "Wooohooooo", namun terlihat jelas bahwa suami dari Dewi Gita itu amat bersemangat menyaksikan penampilan Putri di semifinal AGT.

Sosok musisi Indonesia lain yang berkomentar adalah gitaris grup musik Padi, Piyu. Pemilik nama lengkap Satriyo Yudi Wahono itu menuliskan kata "amaziing". Penyanyi senior Ita Purnamasari berkomentar dengan emoji ekspresi kagum, simbol tepuk tangan, dan hati.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by America's Got Talent - AGT (@agt)


Aktris dan politikus Annisa Trihapsari turut mengucap doa terbaik untuk kesuksesan Putri. "Bismillah #lahawlawalaquwwataillabillah. Kebanggaan Indonesia, Alfatihah, kun fayakun," ujarnya lewat akun Instagram @hapsariannisa29.


Presenter Robby Purba berkomentar dengan banyak emoji hati merah, dengan kata loves. Aktris dan presenter Mona Ratuliu menyebut penampilan Putri sangat keren. Begitu pula penyanyi Nola Be3 yang berkomentar dengan emoji hati dan bendera Indonesia.

Ada juga penyanyi Novia Bachmid yang menyebut penampilan Putri sangat smooth. Dia menyemangati Putri untuk tak gentar memperlihatkan talentanya pada dunia. Selebgram Tasya Nur Medina ikut memberikan dukungan dengan berkata, "Go Putrii".

Sementara, usisi Yudhi Rus Harjanto, yang dikenal sebagai salah satu pendiri sekaligus mantan gitaris band Seventeen, juga terpantau berkomentar lewat akun @joddie_rose. "Nglurug tanpo bolo, menang tanpo ngasorake (Berjuang tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan-Red). Sukses yo nduk. @agt is way to international stage and global music industries for you, Put (AGT adalah jalanmu menuju panggung internasional dan industri musik global, Put). Gaaas pool," ungkapnya.

Pada penampilan di "AGT Live Shows Week 3", Putri mengenakan gaun indah yang didominasi warna emas, rancangan Tiffany Liem Studio. Pada momen 17 Agustus 2023 di Istana Negara, Putri juga mengenakan busana lain karya Tiffany Liem Studio, modifikasi modern kain songket dengan warna merah dan emas.

Sangat spektakuler. Setiap not, rasa yang kamu masukkan ke dalam lagu ini, sangat mengagumkan. 
 
SOFIA VERGARA, Juri AGT 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pesona Putri Ariani Membius Istana

Putri sempat meminta doa dan dukungan dari Presiden RI Joko Widodo beserta seluruh masyarakat Indonesia untuk penampilannya.

SELENGKAPNYA

Sebuah Catatan Hati untuk Putri Ariani

Indonesia memiliki putri bangsa yang berprestasi, bahkan dengan keterbatasannya sebagai difabel netra.

SELENGKAPNYA

Putri Ariani Kini dalam Perjalanan Meraih Mimpi

Putri bergurau, ia sudah bisa bernyanyi sejak lahir.

SELENGKAPNYA