Penyanyi Putri Ariani tampil menyanyi pada acara Level Up with BSI & Putri Ariani: Tunjukkan Nilaimu, Wujudkan Mimpimu saat Car Free Day Bundaran HI, Jakarta, Ahad (20/8/2023). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan Putri Ariani mengajak | Prayogi/Republika

Geni

Musisi Tunanetra Tetap Berkarya Melalui Teknologi

Selama sekolah, Putri mendapatkan kesempatan tampil sebagai vokalis solo dalam konser SMM.

Musisi tunanetra memiliki beberapa opsi untuk memanfaatkan komputer dalam proses penciptaan notasi musik, membaca, dan merekam musik. Dilansir Washington.edu pada Kamis (7/9/2023), berikut beberapa contoh teknologi yang membantu tunanetra belajar musik.


1. Notasi Musik dengan Sibelius Speaking

Musisi tunanetra dapat memanfaatkan program seperti Sibelius Speaking yang bekerja bersama pembaca layar JAWS dan program notasi musik Sibelius. Sibelius Speaking adalah skrip yang memungkinkan JAWS berinteraksi dengan program notasi musik Sibelius.

 

2. Penerjemah Musik Braille dengan Goodfeel


Untuk mengonversi musik dari format notasi seperti Sibelius ke Braille, musisi tunanetra dapat menggunakan program penerjemah musik Braille seperti Goodfeel.

 

3. Rekaman Audio dan MIDI dengan Sonar


Untuk merekam file audio dan MIDI, mereka dapat menggunakan pembaca layar JAWS dengan skrip Caketalking untuk mengoperasikan stasiun kerja audio digital multi-track seperti Sonar. Dengan Sonar, musisi tunanetra dapat mengedit file MIDI, menerapkan efek, dan menciptakan hasil akhir untuk pembuatan CD audio.

 

Dilansir Perkins.org, banyak siswa tunanetra memiliki bakat musik yang luar biasa. Bagaimana mereka dapat sukses dalam kelas musik biasa? Lime Lighter adalah alat membaca musik yang cocok untuk musisi dengan penglihatan yang terbatas. Notasi musik dapat ditampilkan hingga 10 kali lebih besar dari lembaran musik asli pada layar sentuh digital 20 inci.

 

photo
Siswa menulis huruf braile saat hari pertama sekolah di SLB Negeri Sejahtera, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (17/7/2023). Sebanyak 18 siswa yang terdiri dari tunanetra, tunarungu, tunagrahita dan tunadaksa di SLB tersebut mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada tahun ajaran 2023/2024. - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Musisi dapat mengendalikan pergerakan musik dengan menekan pedal kaki, yang membuatnya sangat aksesibel. Selain itu, musisi arus utama saat ini sering menggunakan aplikasi musik dan iPad sebagai pengganti lembaran musik kertas.

Ini memungkinkan mereka membawa seluruh perpustakaan musik dalam bentuk digital di iPad, menghilangkan kebutuhan untuk membawa lembaran musik fisik. Untuk lebih jelasnya, ada berbagai pembaca musik lembaran yang tersedia untuk iPad yang dapat digunakan oleh musisi tunanetra.

photo
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, memberikan penghargaan kepada Ariani Nisma Putri atau yang biasa dikenal Putri Ariani yang meraih Golden Buzzer dalam ajang America’s Got Talent 2023 di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (26/6/2023). - (Republika/Silvy Dian Setiawan)

Putri Ariani adalah seorang musisi yang mengembangkan bakatnya secara mandiri tanpa mengikuti pelajaran vokal formal. Dia memulai penampilan bernyanyi di atas panggung sejak usia tujuh tahun.

Pada 2021, Putri memulai pendidikannya di Sekolah Menengah Musik Yogyakarta (SMM) yang dikenal dengan SMK Negeri 2 Kasihan. Di sekolah ini, yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Putri fokus pada instrumen Mayor Flute.

Selama masa sekolahnya, Putri juga mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai vokalis solo dalam konser SMM. SMM Yogyakarta adalah sekolah musik yang berfokus pada musik klasik.

Di sini, para siswa diharapkan memiliki kemampuan membaca not balok, dan mereka wajib memilih satu instrumen mayor untuk dipelajari. Putri Ariani memahami notasi musik dengan mendengarkannya, bukan dengan membaca not balok secara tradisional. Guru-guru di sekolah ini membantu menerjemahkan notasi musik ke dalam bentuk audio agar Putri dapat memahaminya dengan lebih baik. 

 

 
Putri Ariani memahami notasi musik dengan mendengarkannya.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Telisik Makna Lagu yang Dibawakan Putri Ariani dI AGT Live Shows Week 3

Bono pernah menyampaikan bahwa dia menggambarkan hubungannya dengan Tuhan dalam lagu itu.

SELENGKAPNYA

Rangkaian Doa Mengiringi Langkah Putri Ariani di America's Got Talent

Putri akan tampil di babak live show AGT pada Rabu, 6 September 2023, waktu Indonesia.

SELENGKAPNYA

Pesona Putri Ariani Membius Istana

Putri sempat meminta doa dan dukungan dari Presiden RI Joko Widodo beserta seluruh masyarakat Indonesia untuk penampilannya.

SELENGKAPNYA