NFT Gaming (Ilustrasi) | Unsplash/Jippe Joosten

Inovasi

Dahsyatnya Efek Kecanduan Game

Jangan sampai orang tua lepas kendali.

Bermain gim merupakan hiburan menyenangkan pada waktu senggang. Sayangnya, itu juga bisa memicu obsesi dan reaksi berlebihan. Pakar menyoroti efek dahsyat kecanduan gim, sampai ada yang lebih memilih mati daripada tidak bermain gim.

Dikutip dari laman Financial Express, Selasa (18/7/2023), sebuah klinik bernama National Center for Gaming Disorders didirikan pada Oktober 2019 di Inggris. Hadirnya fasilitas kesehatan itu bertujuan untuk membantu mengatasi kecanduan video game.

Awalnya, klinik menargetkan membantu 50 orang per tahun, tapi kini telah menerima lebih dari 850 rujukan. Direktur National Center for Gaming Disorders, Profesor Henrietta Bowden-Jones, menyoroti gangguan akibat gim banyak dialami kalangan dewasa muda.

Bowden-Jones menjelaskan, pola bahaya kerap dimulai dengan perubahan keadaan. Semula, mungkin seorang remaja pindah sekolah atau pindah rumah sehingga ada jarak geografis dari teman-teman kehidupan nyata dan lebih banyak menghabiskan waktu bermain gim.

Gaming dan 5G - (republika)

  ​

Perubahan juga dapat mencakup jarak yang semakin jauh dari keluarga atau masalah apa pun dengan teman, seperti intimidasi. Menurut Bowden-Jones, sebagian besar pasien yang ditangani di klinik adalah laki-laki berusia sekitar 16-17 tahun. Mereka tidak tertinggal secara akademis atau dalam aspek lain kehidupan mereka, tetapi mungkin sesuatu terjadi secara tiba-tiba dan mengganggu perjalanan mereka.

"Saya pernah bertemu dengan orang tua yang anaknya masih kecil lari dari rumah di tengah malam untuk mencari Wi-Fi di tangga rumah sembarang orang, ketika koneksi internet mereka sendiri dimatikan oleh orang tua," kata Bowden-Jones terkait perilaku kecanduan gim.

Lebih jauh lagi, ada pasien yang menyatakan lebih baik mati daripada tidak bermain gim, dan hal yang sama juga sudah disampaikan pasien itu kepada orang tuanya. Efek buruk lain seperti amarah tak terkendali membuat pasien merusak pintu, benda, atau melukai orang lain.

Sebagai mantan direktur Klinik Perjudian Masalah Nasional, Bowden-Jones, lebih waspada akan "cara kompulsif dan destruktif" di mana anak-anak menghabiskan uang untuk permainan. Pasalnya, tidak sedikit gim internet memiliki transaksi mikro.

photo
Seorang pria memainkan game Honor of Kings di ponselnya di kawasan perbelanjaan dan pemukiman Sanlitun, di Beijing, China, 25 Agustus 2021 (diterbitkan 26 Agustus 2021). Game online di China sangat populer di kalangan anak muda dan anak-anak, dengan banyak orang yang kecanduan game. Dengan jumlah rata-rata lebih dari 100 juta pengguna per hari, game Honor of Kings yang dikembangkan oleh Tencent adalah salah satu game online paling populer di China. Game tersebut akhir-akhir ini dikritik oleh media Pemerintah China karena sifatnya yang membuat ketagihan, dan pada awal Agustus Tencent memperkenalkan aturan baru tentang batasan waktu untuk pemain di bawah usia 18 tahun yang memainkan Honor of Kings. Pada hari biasa, waktu bermain anak di bawah 18 tahun dikurangi menjadi satu jam, dan pada hari libur menjadi dua jam. - (EPA-EFE/ROMAN PILIPEY)
 

 

Biasanya ada item tertentu yang hanya bisa didapat pemain jika membeli menggunakan uang sungguhan atau mata uang dalam gim. Bowden-Jones pun mewanti-wanti anak yang diizinkan bermain gim untuk harus selalu meminta izin orang tua jika hendak membelanjakan uang dalam gim.

Jangan sampai orang tua lepas kendali, yang beberapa contoh kasusnya sudah banyak terjadi dan viral di media sosial. Belum lama ini, seorang anak berusia 13 tahun di Cina, diketahui menghabiskan 120 ribu yuan (sekitar Rp 250 juta) untuk transaksi dalam gim.

Saat dikonfrontasi, terungkap bahwa sebelumnya anak itu telah menghabiskan 210 ribu yuan (sekitar Rp 438 juta) untuk pembelian lain dalam gim dan 100.000 yuan (sekitar Rp 208 juta) untuk transaksi gim teman sekelasnya. Di Indonesia, 2021 silam sempat viral orang tua yang marah kepasa petugas supermarket karena membiarkan anaknya melakukan top-up atau pengisian dalam gim daring sebesar Rp 800 ribu.

Artinya, pengawasan terkait transaksi dalam gilm perlu lebih diperketat. Risiko lain terkait kebutuhan pembelian dalam gim menggunakan uang sungguhan juga cukup serius. "Ketika tidak ada uang tersedia, pasien kami yang paling impulsif melakukan pencurian, dengan membelanjakan kartu bank orang tua mereka," ujar Bowden-Jones.

 

 

 

Ketika tidak ada uang tersedia, pasien kami yang paling impulsif melakukan pencurian.

PROFESOR HENRIETTA BOWDEN-JONES, Direktur National Center for Gaming Disorders. 
 
 

 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat