ILUSTRASI Ramadhan menjadi bulan pembiasaan berbuat kebajikan. Inilah sekelumit kisah orang saleh menjalani bulan puasa. | DOK PXHERE

Kisah

Inspirasi Orang Saleh Jalani Ramadhan Penuh Berkah

Inilah sekelumit kisah orang-orang saleh yang menjalani Ramadhan penuh keberkahan.

Untuk membiasakan diri pada kebaikan, ada kalanya kita memerlukan inspirasi dari kisah-kisah yang patut diteladan. Terlebih lagi, dalam melaksanakan pelbagai ibadah pada bulan suci Ramadhan. Penyemangat untuk kita lebih tekun lagi beramal saleh kiranya cukup perlu.

Di tengah kaum Muslimin umumnya, kalangan alim ulama merupakan sumber keteladanan. Mulai dari zaman dahulu hingga kini, mereka bagaikan mata air yang menyejukkan. Tentu saja, suri teladan paripurna adalah Nabi Muhammad SAW. Darinya, memancar segala contoh kebaikan.

Berikut ini kisah orang-orang saleh ketika mereka menghabiskan waktunya selama bulan suci Ramadhan. Seorang sahabat Nabi SAW, Abdullah bin Umar, diketahui biasa berbuka puasa dengan anak-anak yatim dan kaum miskin. Begitu pentingnya memakan takjil bersama-sama dengan mereka, sampai-sampai ia pernah menasihati keluarganya agar terus melanjutkan tradisi itu.

Di antara para sahabat, Ibnu Umar termasuk kaya raya. Harta dari perniagaannya yang sukses tidak membuatnya lupa diri. Justru, penghasilannya banyak dialokasikan untuk bersedekah. Mengenai kedermawanannya, Ayub bin Wail ar-Rasibi pernah memberikan kesaksian. “Pada suatu hari bulan Ramadhan,” tuturnya, “Ibnu Umar mendapat kiriman harta senilai empat ribu keping dirham. Ada pula satu baju bagus di antara kiriman hadiah itu.”

Yang mengherankan Ayub adalah, ternyata keesokan harinya ia berpapasan dengan Ibnu Umar. Sang sahabat Nabi justru berutang kepada seorang pedagang untuk bisa membeli pakan kudanya. Mengapa harus utang? Pakai saja dana yang kemarin diterimanya sebagai hadiah?

Karena penasaran, Ayub langsung datang menemui keluarga Ibnu Umar. Maka seorang penghuni rumah sang sahabat memberi tahu. Benar bahwa uang dalam jumlah banyak itu telah diterima Ibnu Umar. Namun, tidak semalam pun harta tersebut “menginap” di rumah ini.

Sebab, semua dirham itu sudah dibagi-bagikannya kepada kaum fakir dan miskin. Bahkan, Ibnu Umar juga memberikan baju indah yang diterimanya hari itu kepada orang papa. “Saat kami tanyakan, ia menjawab sembari tersenyum, ‘Baju dan semua uang itu sudah saya sedekahkan,’” kata seorang penghuni rumah Ibnu Umar.

Begitulah cara Ibnu Umar menjalani Ramadhan. Teladan yang juga mempesona ditunjukkan seorang tabiin, yakni Qatadah as-Sadusi. Murid Imam Malik itu memiliki disabilitas pada kedua matanya. Walaupun buta, ahli hadis dari Kota Basrah ini tidak patah arang.

Di luar Ramadhan, ia rutin mengkhatamkan Alquran sepekan sekali. Selama bulan suci, durasi khatamnya itu lebih pendek, yakni tiga hari sekali. Bahkan, saat 10 hari terakhir Ramadhan, sehari sekali ditamatkannya bacaan Alquran.

Kitabullah dan Ramadhan—keduanya tak terpisahkan. Salafush shalih sangat menjaga interaksi mereka dengan Alquran tatkala bulan puasa. Ibnu Syihab az-Zuhri, misalnya. Ulama yang hafal 2.200 hadis itu tinggal di Syam. Pada masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz, dialah alim terbesar di kawasan tersebut.

Pada hari-hari biasa, kesibukannya terpusat di masjid dan majelis-majelis ilmu. Di sepanjang Ramadhan, Ibnu Syihab total berkonsentrasi pada mengaji Alquran. Ditinggalkannya untuk sebulan penuh itu kegiatan di luar tadarus, semisal mengunjungi ulama atau membacakan hadis kepada murid.

Imam Syafii pun demikian. Rutinitas yang dijalaninya tidak lepas dari mengajar, menulis, dan ibadah mahdhah. Ar-Rabi pernah mengatakan, “Imam Syafii selalu membagi waktu malamnya menjadi tiga bagian. Sepertiga pertama digunakannya untuk menulis. Sepertiga yang kedua dipakainya untuk shalat. Adapun yang terakhir untuk tidur.”

Begitu memasuki bulan suci Ramadhan, kesehariannya lebih tercurah pada Alquran. Selama bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah itu, ia sering menamatkan bacaan Kitabullah. Bahkan, khatamnya itu sampai 60 kali selama Ramadhan. Caranya dengan mengkhatamkan satu kali tiap siang hari, lalu sekali lagi pada malam hari. Perhitungan itu masih meluarkan yang dibacanya dalam shalat.

Semoga kita semua diberi petunjuk dan hidayah oleh Allah Ta’ala agar dimampukan untuk mengikuti contoh mereka. Ramadhan bulan mulia. Janganlah momen luar biasa terlewati sia-sia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Tarawih Malam Pertama di Masjid Bersejarah Haghia Sophia

Masjid Haghia Sophia menjadi saksi pasang surut pemerintahan dan sentimen terhadap Islam di Turki.

SELENGKAPNYA

Fenomena Warung Bertirai pada Bulan Puasa

Warung nasi bertirai untuk menghormati mereka yang berpuasa, sekaligus melindungi identitas pelanggan.

SELENGKAPNYA

Tetap Berpuasa Ketika Menstruasi, Apa Hukumnya?

Haramnya wanita yang haid untuk berpuasa telah menjadi ijma' para ulama sejak 14 abad yang lalu.

SELENGKAPNYA