Sayap Kanan PSS Sleman, Irkham Mila dikawal ketat bek kiri Bhayangkara FC Ruben Sanadi pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (6/3/2023). Pada pertandingan ini tuan rumah PSS Sleman harus kalah tipis 0-1 da | Republika/Wihdan Hidayat

Peristiwa

PSS Kembali Menelan Kekalahan Beruntun

Tim Elang Jawa menelan 6 kekalahan berturut-turut dan berada di ambang zona degradasi.

SLEMAN -- PSS Sleman belum jua keluar dari tren negatif dalam lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/23. Teranyar, PSS takluk 0-1 dari Bhayangkara FC, di Stadion Maguwoharjo, Senin (6/3/2023) petang WIB.

photo
Duel perebutan bola antara penyerang PSS Sleman, Yevhen Baha dengan bek tengah Bhayangkara FC Aji Joko pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (6/3/2023). Pada pertandingan ini tuan rumah PSS Sleman harus kalah tipis 0-1 dari tim tamu Bhayangkara FC. Hasil negatif ini merupakan kekalahan beruntun ke enam bagi PSS Sleman. - (Republika/Wihdan Hidayat)

 
Super Elang Jawa lebih banyak melakukan tekanan sejak menit awal. Pergerakan para winger tuan rumah sempat merepotkan tim tamu. Namun mereka kesulitan memanfaatkan kans yang diperoleh, saat memasuki sepertiga pertahanan lawan.

photo
Sayap kiri PSS Sleman, Irkham Mila mencoba menembak bola ke gawang Bhayangkara FC pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (6/3/2023). Pada pertandingan ini tuan rumah PSS Sleman harus kalah tipis 0-1 dari tim tamu Bhayangkara FC. Hasil negatif ini merupakan kekalahan beruntun ke enam bagi PSS Sleman. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Sebaliknya, Bhayangkara bermain dengan blok rendah. Tim yang kini ditangani carateker Agus Sugeng Riyanto lebih fokus memperkuat pertahanan. Ketika ada celah, the Guardians merancang serangan balik.

 

Namun dalam 45 menit awal tak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Menarik dinantikan bagaimana jalannya pertandingan ini, pada babak kedua nanti.

Selepas jeda, jalannya laga tidak berubah. PSS tetap mendominasi. Namun intensitas meningkat.  Terus menyerang, tuan rumah justru kebobolan. Pada menit ke-70, Bhayangkara memimpin. Adalah Alex Ferreira yang mencatatkan namanya di papan skor.

photo
Penyerang PSS Sleman, Yevhen Baha berhadapan dengan penjaga gawang Bhayangkara FC Awan Seto pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (6/3/2023). Pada pertandingan ini tuan rumah PSS Sleman harus kalah tipis 0-1 dari tim tamu Bhayangkara FC. Hasil negatif ini merupakan kekalahan beruntun ke enam bagi PSS Sleman. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Tersengat situasi tersebut, Super Elang Jawa meningkatkan agresivitas tekanan. Pada menit ke-81, kubu tamu bermain dengan 10 orang. Pemain pengganti, Nurhidayat mendapat kartu merah.

photo
Wasit Iwan Sukoco mengeluarkan kartu merah untuk bek tengah Bhayangkara FC, Nurhidayat usai melanggar gelandang tengah PSS Sleman Todd Ferre pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (6/3/2023). Pada pertandingan ini tuan rumah PSS Sleman harus kalah tipis 0-1 dari tim tamu Bhayangkara FC. Hasil negatif ini merupakan kekalahan beruntun ke enam bagi PSS Sleman. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Keadaan demikian membuat duel berjalan satu arah. Anak-anak Sleman terus mengurung pertahanan lawan. Satu menit menjelang waktu normal berakhir, Ricky Cawor sempat menjebol gawang kubu tamu.

photo
Kekecewaan sayap kanan PSS Sleman, Haris Tuharea usai gagal memanfaatkan peluang emas di depan gawang Bhayangkara FC pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (6/3/2023). Pada pertandingan ini tuan rumah PSS Sleman harus kalah tipis 0-1 dari tim tamu Bhayangkara FC. Hasil negatif ini merupakan kekalahan beruntun ke enam bagi PSS Sleman. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Namun wasit menganulir gol tersebut. Rycky dinilai berada dalam posisi  offside saat menyambut umpan rekannya. Hingga duel usai, skor 1-0 untuk keunggulan the Guardians tetap bertahan.

Hasil demikian membuat Bhayangkara meraih lima kemenangan beruntun. Sebaliknya, PSS merasakan enam kekalahan berturut-turut. 

photo
Suporter PSS Sleman membawa spanduk ke tengah lapangan usai kekalahan melawan Bhayangkara FC pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (6/3/2023). Pada pertandingan ini tuan rumah PSS Sleman harus kalah tipis 0-1 dari tim tamu Bhayangkara FC. Hasil negatif ini merupakan kekalahan beruntun ke enam bagi PSS Sleman. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat