Jaksa Agung RI ST Burhanuddin (kedua kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kiri) bersalaman usai menggelar pertemuan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (6/3/2023). Kejaksaan Agung telah meny | Republika/Putra M. Akbar

Peristiwa

Bersih-Bersih BUMN, Erick Datangi Kejagung

Erick Thohir mengaku bersyukur, dengan kerja keras Kejagung.

JAKARTA -- Jaksa Agung, ST Burhanuddin, melakukan pertemuan dengan Menteri BUMN, Erick Thohir. Dalam pertemuan itu, dibahas satu kasus yang akan diserahkan ke Kejaksaan Agung. Namun, Burhanuddin belum mau menyebutkan kasus tersebut.

photo
Jaksa Agung RI ST Burhanuddin (ketiga kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan) menyampaikan konferensi pers usai menggelar pertemuan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (6/3/2023). Kejaksaan Agung telah menyerahkan aset-aset Jiwasraya atau PT Asuransi Jiwasraya (persero) berupa surat berharga senilai Rp 3,1 triliun kepada Kementerian BUMN. - (Republika/Putra M. Akbar)

Ia menilai, ada satu kasus yang rencananya nanti akan diserahkan kepada Kejagung dan dirasa cukup menarik. Burhanuddin menekankan, Kejagung masih akan memperdalam terlebih dulu kasusnya agar ketika disampaikan ke publik sudah kuat.

 

"Kita berusaha untuk menyelesaikan kasus-kasus dalam rangka mendukung bersih-bersih BUMN," kata Burhanuddin, Senin (6/3).

 

photo
Jaksa Agung RI ST Burhanuddin bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Menteri BUMN Erick Thohir (dari kiri ke kanan) menyampaikan konferensi pers usai menggelar pertemuan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (6/3/2023). Kejaksaan Agung telah menyerahkan aset-aset Jiwasraya atau PT Asuransi Jiwasraya (persero) berupa surat berharga senilai Rp 3,1 triliun kepada Kementerian BUMN. - (Republika/Putra M. Akbar)

Terkait bersih-bersih BUMN, ia menuturkan, salah satu yang akan ditangani tidak lain penyelesaian aset-aset Jiwasraya yang tidak cuma menarik, tetapi memang sudah menyangkut dengan masyarakat luas. Kemudian, membahas tentang Waskita ke depan. "Dan lain-lain, banyak yang kami bicarakan tadi," ujar Burhanuddin.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kiri) menyampaikan konferensi pers usai menggelar pertemuan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (6/3/2023). Kejaksaan Agung telah menyerahkan aset-aset Jiwasraya atau PT Asuransi Jiwasraya (persero) berupa surat berharga senilai Rp 3,1 triliun kepada Kementerian BUMN. - (Republika/Putra M. Akbar)

Menteri BUMN, Erick Thohir mengaku bersyukur, dengan kerja keras Kejagung salah satu yang masalah monumental dan bisa diselesaikan, yaitu restrukturisasi Garuda secara menyeluruh. Kali ini, ia menuturkan, BUMN kembali merapikan administrasi.

photo
Jaksa Agung RI ST Burhanuddin (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kedua kiri) menyampaikan konferensi pers usai menggelar pertemuan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (6/3/2023). Kejaksaan Agung telah menyerahkan aset-aset Jiwasraya atau PT Asuransi Jiwasraya (persero) berupa surat berharga senilai Rp 3,1 triliun kepada Kementerian BUMN. - (Republika/Putra M. Akbar)

Termasuk, lanjut Erick, dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah seperti di Jiwasraya dan Waskita. Sebab, ia menekankan, kedua masalah itu memang banyak berhubungan dengan publik dan dibutuhkan penyelesaian secara menyeluruh.

photo
Jaksa Agung RI ST Burhanuddin (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) bersalaman usai menggelar pertemuan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (6/3/2023). Kejaksaan Agung telah menyerahkan aset-aset Jiwasraya atau PT Asuransi Jiwasraya (persero) berupa surat berharga senilai Rp 3,1 triliun kepada Kementerian BUMN. - (Republika/Putra M. Akbar)

"Jangan sampai publik, tadi Pak Jaksa Agung sampaikan, dikorbankan atau diciderai karena perlindungan kepada publik menjadi prioritas. Tentu, kami dari Kementerian BUMN sangat mendukung posisi Pak Jaksa Agung," kata Erick.

Ia melihat, penyelesaian administrasi secara menyeluruh perlu disinkronkan lagi. Erick mengingatkan, jangan sampai proses seperti Jiwasraya yang sudah berjalan bagus dua tahun ini tidak berakhir baik pada masa krusial enam bulan ke depan.

Pun Waskita yang dirasa sudah berjalan baik, tapi ada konteks-konteks yang harus dituntaskan. Ada pula hal-hal lain yang Erick sampaikan berdasarkan temuan yang harus didetailkan dan ditindaklanjuti, tapi belum bisa disampaikan ke publik.

"Memang hari ini ada kesepakatan Pak Jaksa Agung tidak mau bicara kasusnya dulu karena harus ada pendalaman dulu baru kita bicara. Mungkin kasih waktu 1-2 minggu," ujar Erick.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Luas Daerah yang Dijadikan Kambing Tempat Makan Rumput

SELENGKAPNYA

MATH: Hashi

SELENGKAPNYA

Liga 1 Bakal Pakai Format Baru

Liga 2 telah disepakati berhenti.

SELENGKAPNYA