Foto udara antrean kendaraan yang didominasi truk bermuatan batu bara saat terjebak kemacetan di Jalan Lintas Sarolangun-Muara Tembesi, Batanghari, Jambi, Rabu (1/3/2023). Ribuan kendaraan terjebak macet parah hingga 20 jam karena truk bermuatan batu bara | ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN

Peristiwa

Macet Total di Jalan Tembesi Sarolangun, Jambi

Kemacetan sepanjang 15 km akibat padatnya truk angkutan batu bara yang terjadi pada hari itu.

BATANGHARI -- Kemacetan lalu lintas di kawasan jalan Tembesi-Sarolangun, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, semakin parah pada Rabu (1/3/2023). Kemacetan akibat padatnya truk angkutan batu bara yang terjadi pada hari itu berlangsung hingga 15 kilometer. 

photo
Foto udara antrean kendaraan yang didominasi truk bermuatan batu bara saat terjebak kemacetan di Jalan Lintas Sarolangun-Muara Tembesi, Batanghari, Jambi, Rabu (1/3/2023). Ribuan kendaraan terjebak macet parah hingga 20 jam karena truk bermuatan batu bara masih diizinkan melewati jalan nasional setempat.  - (ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN)


Kemacetan terjadi dari Kabupaten Batanghari menuju Kabupaten Sarolangun yang menjadi keberadaan eksplorasi penambangan batu bara. Salah seorang pengendara yang mengalami kemacetan tersebut, Hidayat (28) mengatakan, dirinya terjebak kemacetan selama berkisar 22 jam lamanya.

photo
Foto udara antrean kendaraan yang didominasi truk bermuatan batu bara saat terjebak kemacetan di Jalan Lintas Sarolangun-Muara Tembesi, Batanghari, Jambi, Rabu (1/3/2023). Ribuan kendaraan terjebak macet parah hingga 20 jam karena truk bermuatan batu bara masih diizinkan melewati jalan nasional setempat. - (ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN)

Kemacetan ini terjadi di empat jalur. Selain truk batubara, banyak juga mobil pribadi, mobil yang bawa ikan dan sayur serta lainnya yang tidak bisa melewati di jalan nasional itu.

Pedagang ikan, Doni, mengatakan ratusan kilogram ikan yang diangkutannya kini banyak yang mati sehingga mengalami kerugian akibat peristiwa ini. "Kalau ini bukan lagi macet, tetapi tidak bergerak sama sekali. Ikan-ikan yang saya bawa banyak yang sudah mati," kata Doni.

photo
Foto udara antrean kendaraan yang didominasi truk bermuatan batu bara saat terjebak kemacetan di Jalan Lintas Sarolangun-Muara Tembesi, Batanghari, Jambi, Rabu (1/3/2023). Ribuan kendaraan terjebak macet parah hingga 20 jam karena truk bermuatan batu bara masih diizinkan melewati jalan nasional setempat. - (ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN)


Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan puluhan personel untuk mengurai kemacetan. Untuk mengurai kemacetan, personel Polres Batanghari juga berjaga di mulut tambang agar tidak ada truk angkutan batu bara yang ke luar sebelum jam operasional.

"Kami telah melakukan penanganan dengan menerjunkan anggota di lapangan, hingga saat ini anggota masih di lapangan. Kalau kemarin banyak kendala, kalau sekarang sudah berkurang," kata Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto, di Muara Bulian.

photo
Sopir berdiri di atas truk saat terjadi antrean kendaraan yang didominasi truk bermuatan batu bara di Jalan Lintas Sarolangun-Muara Tembesi, Batanghari, Jambi, Rabu (1/3/2023). Ribuan kendaraan terjebak macet parah hingga 20 jam karena truk bermuatan batu bara masih diizinkan melewati jalan nasional setempat. - (ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN)

Ia juga menyebutkan, salah satu penyebab kemacetan lalu lintas ini adalah padatnya truk angkutan batu bara di Jambi yang mencapai sekitar 8.300 hingga 11.500 unit. Truk ini melewati jalan nasional di Jambi karena belum tersedianya jalur khusus untuk angkutan batu bara tersebut.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Cara Tepat Membersihkan Karpet di Rumah

Bila karpet terkena noda, gosok halus menggunakan sikat dengan sabun tanpa pemutih.

SELENGKAPNYA

TImnas U-20 Kalah Melawan 10 Pemain Irak

Sejak akhir babak pertama Irak harus bertanding dengan 10 orang pemain.

SELENGKAPNYA

Wanita Hamil dan Menyusui tak Puasa Ramadhan, Apa Hukumnya?

Ada empat pendapat ulama yang berbeda tentang wanita hamil dan menyusui yang tidak berpuasa Ramadhan.

SELENGKAPNYA