Anggota Kelompok Tani Tumbuh Mandiri menggarap lahan untuk ditanami tanaman cabai di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Citereup, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/2/2023). Kelompok Tani Tumbuh Mandiri yang beranggotakan 26 orang penyandang disab | ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

Peristiwa

Kelompok Tani Difabel di Kota Cimahi

Mereka bekerja bercocoktanam di tengah keterbatasan fisik sebagai penyandang disabilitas.

CIMAHI -- Kelompok Tani Tumbuh Mandiri berjuang menggarap lahan untuk ditanami tanaman cabai di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Citereup, Kota Cimahi, Jawa Barat, sejak 2020. 

photo
Anggota Kelompok Tani Tumbuh Mandiri beraktivitas di area lahan pertanian di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Citereup, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/2/2023).- (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Kelompok Tani Tumbuh Mandiri yang beranggotakan 26 orang penyandang disabilitas. Mereka memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lahan pertanian. Kegiatan ini tersebut bertujuan untuk melatih kemandirian penyandang disabilitas serta bentuk upaya ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan anggota.

photo
Anggota Kelompok Tani Tumbuh Mandiri memanen cabai di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Citereup, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/2/2023). - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Bekerja sebagai petani dengan kondisi fisik yang tidak sempurna bukan hal mudah. Penyandang tuna netra, tuna daksa, tuna rungu, bekerja sama menggarap lahan kosong tidak jauh dari gedung pusat pemerintahan Kota Cimahi.

photo
Anggota Kelompok Tani Tumbuh Mandiri menggarap lahan untuk ditanami tanaman cabai di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Citereup, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/2/2023). - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Mereka terus berjuang menanam komoditas dengan memaksimalkan luas lahan dan momentum ketika panen tiba. 

photo
Anggota Kelompok Tani Tumbuh Mandiri menggarap lahan untuk ditanami tanaman cabai di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Citereup, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/2/2023). - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Mereka menanam jagung jauh hari agar bisa dipanen menjelang tahun baru. Atau menanam cabai yang akan banyak dicari menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Mereka pun menjualnya langsung kepada konsumen alih-alih menawarkannya kepada tengkulak atau bandar.

photo
Anggota Kelompok Tani Tumbuh Mandiri menggarap lahan untuk ditanami tanaman cabai di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Citereup, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/2/2023).  - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Ketika hingar bingar program petani milenial menyeruak di tengah publik, para petani difabel ini tampak luput dari perhatian. Tetap bekerja keras tanpa di tengah sunyi, atau bahkan kegelapan.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat