Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf (kiri) menyapa warga NU saat acara Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah Mente | Republika/Thoudy Badai

Peristiwa

Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama

Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama diawali dengan Istghosah Kubro.

SIDOARJO -- Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) pagi diawali dengan Istghosah Kubro. Istighosah ini dipimpin oleh Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Said Asrori dan Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Musyamar.

photo
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU sekaligus meresmikan dan membuka kegiatan tersebut.  (Republika/Thoudy Badai)

 

Setelah istghosah kubro, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tampak memasuki lokasi acara Puncak Resepsi bersama Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. Kedatangannya pun disambut oleh Ketua Umum PBNU KH Cholil Staquf sembari diiringi dengan sholawat Badar. 

photo
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). - (Republika/Thoudy Badai)

 

Saat berdiri di atas panggung, Jokowi sempat melempar senyum kepada ribuan Nahdliyin yang berada di tribun. Sedangkan di tengah lapangan sepakbola tampak ribuan banser yang mengenakan ikat kepala warna merah. Pasukan NU berbaju loreng itu berdiri di bawah terik matahari, berbaris rapi.

photo
Peserta saat menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU sekaligus meresmikan dan membuka kegiatan tersebut. (Republika/Thoudy Badai)

 

Puncak Resepsi Satu Abad NU ini mengangkat tema "Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru". Dalam acara ini juga akan dibacakan rekomendasi hasil Muktamar Internasional Fikih Peradaban yang telah digelar di Hotel Shangri-La Surabaya pada Senin (6/2/2023) kemarin.

photo
Presiden Joko Widodo saat meresmikan dan membuka acara Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).- (Republika/Thoudy Badai)

 

Puncak Resepsi Satu Abad NU ini juga dihadiri sejumlah tokoh dan ulama, seperti Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, KH Mustofa Bisri (Gus Mus) Presiden Kelima RI Megawati Soekarno Putri, Mantan Wapres Jusuf Kalla, dan ibu negara keempat Nyai Sinta Nuriyah Wahid.

photo
Musisi Kikan Cokelat menghibur peserta dalam acara pembukaan Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).  - (Republika/Thoudy Badai)

 

Selain itu, hadir pula Ketua SC Harlah Satu Abad NU Erick Thohir, Ketua Pelaksana Harlah Satu Abad NU Yenny Wahid, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Panglima TNI, dan Kapolri. 

photo
Peserta saat menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Acara resepsi tersebut berlangsung selama 24 jam dengan diisi beragam kegiatan seperti membaca shalawat dan shalat qiyamul lail, karnaval kebudayaan nusantara, bazar UMKM, dan panggung hiburan rakyat yang akan diisi oleh sejumlah band dan musisi seperti Slank, Rhoma Irama dan Maher Zain. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat