Mitos tentang diet (ilustrasi) | Unsplash/Thought Catalog

Sehat

Meluruskan Aneka Mitos tentang Diet

Meskipun terlihat sederhana, diet sebenarnya ada aturan-aturan yang perlu dipatuhi.

Diet sejatinya memiliki banyak manfaat. Selain menurunkan berat badan, diet juga berguna untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, seperti diet untuk penderita diabetes. Meskipun terlihat sederhana, diet sebenarnya ada aturan-aturan yang perlu dipatuhi.

Sebelum diet, baiknya kita pastikan dulu fakta berikut ini.

1. Lemak boleh dikonsumsi                                            

Pakar gizi dr Juwalita Surapsari M Gizi, SpGK mengatakan, akan menjadi bahaya jika seseorang mengonsumsi makanan yang pengolahaannya tidak memakai lemak. Sebab, nantinya orang itu bisa terkena batu empedu.

“Sebenarnya cairan empedu itu keluar ketika kita makan makanan berlemak. Ketika kita makan makanan yang tidak berlemak sama sekali, cairan empedu akan tertahan di kantong empedu. Lama-lama ini akan menjadi batu empedu,” kata Juwalita dalam acara Media Gathering: Tokopedia dan Ahli Gizi Bicara Tren Makanan Kekinian nan Sehat di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

2. Asupan protein

Asupan protein tidak hanya didapat dari produk hewani. Juwalita menyebut produk nabati juga bisa mencukupi pertumbuhan protein. “Kita butuh protein dalam setiap makanan kita. Setiap makan, wajib ada protein,” ujarnya. Protein nabati bisa didapat dari kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan segala olahannya.

3. Garam boleh dikonsumsi

Menurut Juwalita, garam sebenarnya diperlukan untuk tubuh karena elektrolit. Artinya, garam berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah. “Kalau kita tidak mengonsumsi garam, keluhannya pasti lemas,” ujar dia.

Namun, konsumsi garam perlu dibatasi agar diet yang dijalankan berhasil, tetapi tidak membuat efek buruk. “Aplikasikan diet sehat dengan gizi seimbang. Jangan lupa batasi konsumsi gula, garam, dan lemak,” katanya. 

photo
Diet untuk menurunkan berat badan - (Unsplash/Diana Polekhina )

Agar Diet Berhasil

Diet kerap membuat orang khawatir akan tingkat keberlanjutannya. Tak jarang niat diet yang tinggi tak sebanding dengan hasil yang didapat karena diet memang memerlukan komitmen yang tak main-main. 

Pakar gizi dr Juwalita Surapsari M Gizi, SpGK membocorkan beberapa tip agar diet Anda berhasil. Salah satunya adalah ketahui diri Anda terlebih dulu. Ada orang yang berhasil menjalankan diet jika dia membuat perubahan drastis.

Namun, ada juga yang membuat perubahannya secara perlahan. Jika Anda termasuk tipe ini, Anda bisa membuat resolusi mudah dulu.

“Misalnya, kita punya kebiasaan minum kopi sehari dua kali. Kita buat resolusi pekan pertama Januari konsumsi kopi susu sekali sehari. Kita buat di jurnal atau bisa catat di ponsel,” kata Juwalita.

Setelah sudah berhasil, pekan berikutnya bisa mencoba sesuatu yang baru dengan tetap mempertahankan kebiasaan pada pekan pertama. Misal, pekan kedua mengonsumsi kopi susu dengan less sugar. Catat lagi di jurnal atau ponsel.

“Kalau berhasil lagi, pekan ketiga kopi susu tidak pakai gula. Terus bertahap, tingkatkan terus. Kalau sudah berhasil dalam satu bulan, Februari bisa mulai sesuatu yang baru. Contohnya mau mengganti salah satu camilan dari buah,” ujar dia.

Selain resolusi, agar diet Anda berhasil, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Diet sehat harus disertakan dengan gizi seimbang. Dalam setiap kali makan, harus ada sayur, buah, karbohidrat, protein, dan lemak. “Jangan lupa juga batasi konsumsi gula, garam, dan lemak,” ujar dia mengingatkan. 

 

 
Diet bisa dilakukan dengan membuat resolusi yang muda terlebih dahulu. 
DR JUAWALITA SURAPSARI M GIZI SPGK, Pakar Gizi
 
 

Penyebab dan Makna Sleep Talking

Bicara saat tidur juga dikenal dengan istilah somniloquy.

SELENGKAPNYA

Mengapa Film Horor di Indonesia Selalu Diminati?

Industri film Indonesia kian optimistis pada tahun ini.

SELENGKAPNYA

Berumrah Duluan Bayar Belakangan, Apa Hukumnya?

Menurut Kiai Kiki, berutang untuk menunaikan umrah diperbolehkan dan ibadah umrahnya sah.

SELENGKAPNYA