Persahabatan (ilustrasi) | Unsplash/Andrew Moca

Geni

Jangan Sedih Bila tak Punya Banyak Teman, Ada Untungnya 

Seseorang mungkin kehilangan sejumlah teman akibat kesibukan.

Seiring bertambahnya usia, seseorang mungkin kehilangan sejumlah teman akibat kesibukan. Menjalin pertemanan baru pun enggan dilakukan. Sebenarnya, menurut sebuah penelitian, hal itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Studi rilisan studi pada 2016 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology menemukan bahwa jumlah teman yang lebih sedikit memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah kesempatan untuk membentuk ikatan yang lebih dalam di antara teman.

Semakin sedikit teman yang dimiliki, juga ada semakin banyak waktu untuk perefleksian diri, peningkatan diri, dan pertumbuhan diri. Itu semua disinyalir dapat meningkatkan kepuasan hidup.

Psikoterapis Chandni Tugnait mengatakan, memiliki jaringan pertemanan yang solid memang merupakan bagian integral dari kesejahteraan pribadi. Studi secara konsisten menemukan bahwa hubungan positif dengan individu lain dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan emosional dan fisik.

photo
Pertemanan pada usia dewasa (ilustrasi) - (Unsplash/Aditya Enggar Perdana )

Teman memberi rasa persahabatan dan dukungan emosional, serta membantu dalam memecahkan masalah. Seseorang bisa tetap termotivasi, punya orang lain untuk mengingatkan, juga memungkinkan seseorang untuk mengembangkan rasa memiliki dan meningkatkan harga diri.

Tugnait yang merupakan seorang life coach menyoroti keuntungan dari memiliki lebih sedikit teman. Itu memungkinkan individu untuk menghabiskan waktu berkualitas untuk membentuk hubungan yang bermakna. Berikut empat keuntungan jika punya lebih sedikit teman menurut Tugnait, dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu (25/1).

1. Hubungan yang lebih dalam

Kualitas hubungan biasanya ditingkatkan dengan lebih sedikit pertemanan dekat. Dengan lebih sedikit gangguan dan lebih banyak waktu untuk dicurahkan kepada setiap individu, percakapan menjadi lebih mendalam, bermakna, dan langgeng.

2. Lebih banyak peluang untuk tumbuh

Dengan menginvestasikan lebih banyak waktu dalam kelompok teman terpilih, seseorang dapat membentuk ikatan yang memberikan ruang bagi kedua belah pihak untuk tumbuh bersama. Setiap persahabatan adalah kesempatan untuk mengembangkan keterampilan hidup yang penting, seperti komunikasi, pemecahan masalah, dan kecerdasan emosional.

photo
Pertemanan pada usia dewasa (ilustrasi) - (Unsplash/Duy Pham )

3. Rasa afirmasi diri yang lebih kuat

Memiliki lebih sedikit teman membantu dalam membangun rasa harga diri karena perhatian yang diterima sangat terfokus. Dengan lebih sedikit suara yang bersaing untuk waktu dan energi, seseorang menjadi lebih sadar tentang pemikiran dan pendapat mana yang harus ditanggapi dengan serius.

4. Koneksi yang lebih nyaman

Saat pertemanan meningkat, sering kali menjadi tantangan untuk melacak siapa yang mengatakan apa atau kapan mereka tersedia. Memiliki lebih sedikit teman memungkinkan seseorang mengingat informasi penting dengan cepat, dan mengoordinasikan rencana dengan mudah tanpa merasa kewalahan dengan detail.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Friendship quotes

Penyebab dan Makna Sleep Talking

Bicara saat tidur juga dikenal dengan istilah somniloquy.

SELENGKAPNYA

Pembakaran Alquran Menjalar ke Belanda

Finlandia siap tinggalkan Swedia gabung NATO.

SELENGKAPNYA

Naiknya Biaya Haji dan Nilai Manfaat yang Terancam Habis

Masih ada diskusi lanjutan bersama DPR tentang persentase yang harus dibayar jamaah.

SELENGKAPNYA