Lampion menghiasi suasana interior Masjid Al Imtizaj, Bandung, Ahad (22/1/2023). Masjid ini merupakan satu dari dua masjid yang memiliki arsitektur dengan nuansa TIongkok. | Republika/Yogi Ardhi

Peristiwa

Masjid Ini Berhiaskan Lampion dan Kaligrafi Hanzi

Masjid ini hanya berjarak 100-an meter dari Jl Braga dan Asia Afrika Bandung.

BANDUNG -- Lampion dan kaligrafi huruf kanji kerap ditemukan di berbagai tempat publik menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Namun tahukah anda masjid ini sepanjang tahun di berhiaskan lampion dan kaligrafi huruf hanzi (aksara Cina berbahasa bangsa Han)?

photo
Sejumlah jamaah masjid Masjid Al Imtizaj, Bandung, berdzikir usai shalat berjamaah, Ahad (22/1/2023). Masjid ini memiliki ornamen yang memadukan kaligrafi huruf hanzi dan huruf arab. Kaligrafi huruf hanzi yang tertera pada dinding masjid ini dibaca Rónghé Qīngzhēnsì yang berarti Masjid Pembauran. (REPUBLIKA/YOGI ARDHI)

Masjid Al Imtizaj, Bandung memiliki arsitektur oriental yang mirip dengan rumah-rumah di Negeri Cina. Atap bangunan, desain gerbang, pagar hingga ornamen hiasan di dalam masjid sarat dengan nuansa Tiongkok.

photo
Jamaah masjid Masjid Al Imtizaj, Bandung,   berdzikirusai shalat berjamaah, Ahad (22/1/2023). (REPUBLIKA/YOGI ARDHI)

Masjid ini dibangun pada 2008 dan selesai pada 2010. Masjid ini menempel dengan bangunan utama sebuah mall yang kini telah tutup. Kapasitas masjid dua lantai ini mampu menampung jamaah hingga 200 orang.

photo
Suasana Masjid Al Imtizaj, Bandung, usai shalat berjamaah, Ahad (22/1/2023). Masjid ini memiliki ornamen yang memadukan kaligrafi huruf hanzi dan huruf arab. Kaligrafi huruf hanzi yang tertera pada dinding masjid ini dibaca Rónghé Qīngzhēnsì yang berarti Masjid Pembauran. (REPUBLIKA/YOGI ARDHI)

Al Imtizaj sering dikunjungi wisatawan yang tengah menikmati suasana Kota Bandung di sekitar Jalan Asia Afrika dan Braga. Maklum, masjid ini hanya berjarak 100-an meter dari dua landmark Kota Kembang ini.

photo
Suasana Masjid Al Imtizaj, Bandung, usai shalat berjamaah, Ahad (22/1/2023). Masjid ini memiliki arsiktektur bangunan negeri Tirai Bambu. (REPUBLIKA/YOGI ARDHI)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat