Petugas melayani pengunjung yang mencari informasi pemesanan tiket pada acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) di Medan, Sumatra Utara, Jumat (4/11/2022). | ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Ekonomi

Maskapai Garuda Tambah Armada

Tahun depan maskapai Garuda akan menambah lima pesawat berbadan kecil.

JAKARTA -- Maskapai nasional Garuda Indonesia sudah memasang target untuk meningkatkan kapasitas angkutnya pada akhir tahun ini hingga 2023. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menargetkan, pada tahun depan pesawat yang sudah diterbangkan dapat meningkat.

"Pesawat kita harapkan 53 armada tahun ini. Nanti tahun depan sekitar 70 lah ya, termasuk lima pesawat baru tambahan," kata Irfan saat ditemui di Jakarta, Senin (26/12).

Lima pesawat tambahan tersebut merupakan pesawat berbadan kecil (narrow body). Pengadaannya di luar proses restorasi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Garuda Indonesia (@garuda.indonesia)

Irfan menjelaskan, terdapat sejumlah pertimbangkan yang pada akhirnya manajemen memutuskan untuk menambah unit pesawat, salah satunya mengenai kebutuhan kapasitas yang terus meningkat.

"Dalam rencana bisnis kami, kita lihat pesawat narrow body untuk kebutuhan domestik kurang," ucap Irfan.

Terkait lima pesawat tambahan tersebut, Irfan mengharapkan dapat menggunakan pesawat Boeing 737 NG. Tak hanya itu, tidak menutup kemungkinan juga pesawat Boeing A320 untuk rute domestik.

Selain itu, Irfan memastikan, restorasi dan pengadaan pesawat baru juga akan digunakan untuk menambah frekuensi penerbangan. Untuk itu, Irfan mengharapkan bandara juga sudah dibuka 24 jam agar Garuda Indonesia bisa membuka penerbangan malam hari.

Dalam pengadaan pesawat baru, Irfan menuturkan kemungkinan besar akan menggunakan lessor yang sudah ada (existing). Meskipun begitu, Irfan menegaskan perusahaan tetap terbuka dengan berbagai pilihan.

 
 
Peak season Garuda Indonesia Group sampai 60 ribu penumpang per 23 Desember 2022.
 
 

Soal penerbangan periode Natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023, Irfan mengatakan, peningkatannya dibandingkan November sekitar 30 persen. Itu pun masih bisa bertambah karena masih tersisa beberapa hari menjelang akhir tahun.

"Peak season Garuda Indonesia Group sampai 60 ribu penumpang per 23 Desember 2022," kata dia.

Irfan mengungkapkan, berbeda dengan periode Lebaran di mana penerbangan Garuda bersifat one way, pada periode Nataru kali ini, penerbangan Garuda relatif imbang antara pergi dan pulang. "Saat Lebaran itu orang mudik terus baliknya kosong. Kalau ini banyak juga kayaknya yang Natalan dan tahun baruan di Jakarta. Jadi, lumayan lah komposisinya," kata Irfan.

Garuda juga sangat siap bila memang ada kebutuhan tambahan pesawat, khususnya ke destinasi-destinasi populer.

 
 
Dengan rencana pemerintah untuk menambah slot penerbangan, kami berharap akan turut menurunkan harga tiket pesawat pada musim liburan Nataru.
 
 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan jajarannya untuk menambah slot penerbangan guna mengantisipasi lonjakan turis domestik dan mancanegara pada musim liburan Nataru 2022/2023.

"Pencarian dari kegiatan wisata di Indonesia ini sudah di atas 2,8 miliar dan mengungguli Thailand, Vietnam, maupun Malaysia, perlu ditambah slot penerbangan sehingga akan lebih banyak ketersediaan kursi," ujar Sandiaga setelah rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/12).

Sandiaga mengatakan, pergerakan pariwisata selama libur Natal 2022 dan menjelang tahun baru 2023 sejauh ini berjalan lancar. Pemerintah masih melakukan pengawasan dalam sepekan ke depan untuk melihat perkembangan kunjungan wisatawan.

Dia memproyeksikan jumlah pergerakan wisatawan Nusantara akan mencapai 800 juta pergerakan hingga akhir tahun atau melebihi target pemerintah yang sebesar 703 juta pergerakan. Sementara, untuk wisatawan mancanegara, pemerintah memproyeksikan akan terjadi 5,3 juta pergerakan dari target 3,6 juta pergerakan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

"Dengan rencana pemerintah untuk menambah slot penerbangan, kami berharap akan turut menurunkan harga tiket pesawat pada musim liburan Nataru," kata dia.

Pemerintah, kata dia, sedang mengkaji untuk menambah slot penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang.

"Sementara untuk penerbangan yang ke destinasi wisata adalah Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Morotai (Maluku Utara), Danau Toba (Sumatra Utara), dan Likupang (Sulawesi Utara)," kata Sandiaga Uno.

Membingkai Pesta Emosi Nadin Amizah

Konser ini tidak hanya sebatas pertunjukan musik, tapi juga melibatkan berbagai pengadeganan.

SELENGKAPNYA

Bank Syariah tidak Siap Rugi?

Jika bank syariah abai terhadap mitigasi risiko hingga usaha rugi, maka telah melakukan penyimpangan atau wanprestasi.

SELENGKAPNYA

Ikuti Berita Republika Lainnya