Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ), Agus Budiyanto (paling kiri) bersama para aktivis zakat dalam acara Ruang Tengah | Rep-Muhyiddin

Khazanah

Foz Siap Gelar IGF-Zakat Expo 2022

GF-Zakat Expo 2022 adalah suatu inisiasi dari Foz untuk mengekspose peran lembaga zakat

JAKARTA -- Forum Zakat (Foz) akan menggelar Indonesia Giving Fest (IGF)-Zakat Expo 2022 pada 23-25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Pameran ini akan menampilkan berbagai lembaga zakat beserta program berbasis dana zakat.

Direktur Eksekutif Foz Agus Budiyanto mengatakan, festival ini akan melibatkan 199 organisasi pengelola zakat (OPZ). Dia pun mengajak masyarakat untuk menghadiri pameran agar mengetahui apa saja yang dilakukan lembaga-lembaga zakat di Indonesia.

“Persiapannya sudah sangat matang, kita tinggal menunggu saja event-nya terlaksana di tanggal 23-25 di Istora Senayan. Kami berharap masyarakat bisa datang ke sini untuk melihat langsung apa yang dilakukan lembaga zakat,” ujar Budi saat ditemui dalam agenda Ruang Tengah yang digelar di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (7/12).

 
Kami berharap masyarakat bisa datang ke sini untuk melihat langsung apa yang dilakukan lembaga zakat
AGUS BUDIYANTO Direktur Eksekutif Foz
 

Dalam kegiatan ini, Foz akan menampilkan pameran, kajian, konferensi, networking session, social empowerment competition, live donation, dan konser amal. Foz juga akan mengundang tokoh publik atau artis untuk berbagi pengalaman tentang indahnya berbagi. Dalam tiga hari perhelatan, Budi menargetkan sekitar 15 ribu pengunjung “Kami juga mengundang influencer untuk datang di situ membuat konten lembaga zakat, kami menargetkan 15 ribu orang datang,” ujar Budi.

Pada pameran, akan ditampilkan berbagai lembaga zakat beserta program berbasis dana zakat dan dampaknya dalam mengentaskan kemiskinan. Selain itu, akan ada Zakat Award, yaitu ajang penghargaan bagi program zakat dengan portofolio terbaik dari OPZ anggota Foz di seluruh Indonesia yang telah memberikan kontribusi dan solusi nyata untuk menjawab tantangan pembangunan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. 

 

photo
 
CAF World Giving Index 2021 yang menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan rakyat yang paling dermawan. - (CAFWorldGiviingIndex)

Budi menambahkan, IGF-Zakat Expo 2022 digelar pertama kalinya untuk membuat gerakan zakat bersama-sama, sehingga masyarakat bisa lebih merasa aman dan nyaman dalam menyalurkan zakatnya. “Secara target dan efek, kami berharap masyarakat lebih percaya, lebih merasa aman, dan merasa nyaman menyalurkan zakat ke lembaga zakat,” kata Budi.

Dalam kesempatan yang sama, GM Communication & Corporate Secretary Dompet Dhuafa Dian Mulyadi menjelaskan, IGF-Zakat Expo 2022 adalah suatu inisiasi dari Foz untuk mengekspose peran lembaga zakat dalam mengelola dana zakat secara profesional. Dompet Dhuafa, menurut Dian, menjadi salah satu partisipan yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rumah Besar Gerakan Zakat (@forumzakat)

"Karena kami memang punya kepentingan memberikan edukasi dan publikasi kepada masyarakat bahwa dana zakat yang dikelola dengan maksimal itu insya Allah bisa mengentaskan kemiskinan, bisa meningkatkan martabat hidup masyarakat marginal,” ujar Dian.

Dengan berpartisipasi, kata dia, Dompet Dhuafa juga ingin mengajak masyarakat luas agar peduli terhadap gerakan zakat dan terlibat langsung dalam gerakan zakat. “Dan kami berharap di Indonesia Giving Festival besok, itu benar-benar bisa menjadi sarana bagi semua OPZ yang terlibat untuk memaksimalkan kemampuannya, kompetensinya, profesionalitasnya,” kata Dian.

Dia berharap dalam event IGF-Zakat Expo 2022 ditampilkan pula peran OPZ dalam merespons bancana gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, belum lama ini. “Bagaimana peran OPZ terlibat langsung dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana, memanfaatkan dana zakat untuk penanganan kasus bencana itu,” kata Dian. 

‘Seret Terdakwa Lain Kasus Paniai’

Isak Sattu mengaku sejumlah pihak berpotensi sebagai tersangka dan terdakwa.

SELENGKAPNYA

Mengamankan Beras

Pemerintah perlu melakukan operasi pasar beras guna menstabilisasi harga beras.

SELENGKAPNYA

Pelaku Bom Mantan Napiter High Risk

Ada 11 orang yang menjadi korban dalam peristiwa bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar.

SELENGKAPNYA