vp,,rm
Massa suporter Aremania melakukan aksi saat mengantar keluarga korban menyampaikan laporan terkait Tragedi Kanjuruhan di depan Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (19/11/2022). Dalam aksinya, mereka mendesak pihak kepolisian untuk segera menuntaskan kasus dugaan | Republika/Thoudy Badai

Kabar Utama

Izin Liga 1 Masih Diproses

Aremania menyesalkan keputusan melanjutkan Liga 1 di saat kasus Kanjuruhan belum tuntas.

JAKARTA – Liga 1 musim 2022-2023 rencananya kembali digelar mulai hari ini, Senin (5/12). Hajatan sepak bola terakbar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan dengan menggunakan format bubble atau gelembung dan tanpa kehadiran penonton. Tetapi, informasi yg didapat Republika hingga Ahad (4/12) pukul 22.00 WIB, izin keamanan maupun rekomendasi dari pihak kepolisian belum terbit.

“Saat ini, proses perizinan dan rekomendasi dari pihak kepolisian terus kami lakukan secara intensif,” kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, Ahad (4/12).

Liga 1 musim 2022-2023 diketahui terhenti setelah tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober lalu saat pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya. Peristiwa pilu itu diketahui merenggut ratusan korban jiwa dari Aremania, pendukung Arema. Di sisi lain, proses hukum terhadap para tersangka dalam kejadian tersebut masih berlangsung dan belum ada perkembangan signifikan.

PT LIB berencana untuk memutar sisa putaran pertama Liga 1 dari pekan ke-12 hingga pekan ke-17 secara bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nantinya, gelaran kulit bundar akan dihelat Stadion Sultan Agung di Bantul, Stadion Maguwoharjo di Sleman, Stadion M Soebroto Magelang, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Jatidiri Semarang.

photo
Sejumlah pemain Persib Bandung melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PS Barito Putera dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Jumat (16/9/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Ferry Paulus menambahkan, semua laga lanjutan putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022/2023 masuk dalam pengawasan Polri. Mengacu dalam ketentuan Perpol Nomor 10/2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga mengamanatkan, mekanisme perizinan saat ini adalah per pertandingan dan dilaksanakan secara struktural mulai dari Polsek, Polres, Polda, dan Mabes Polri. Sedangkan tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ditugaskan melakukan pengecekan serta kelayakan suatu stadion dalam menggelar sepak bola.

“Rekomendasi dan perizinan dari Polsek, Polres, Polda sampai dengan Mabes Polri sangat penting. Kami patuh dan taat terhadap izin dan ketentuan yang ada,” ujar Ferry.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menambahkan, tim-tim liga 1 sudah bertolak ke Jawa Tengah dan Yogyakarta demi mempersiapkan kondisi mereka jelang lanjutan liga. “Ya, tim-tim yang bermain sudah berangkat ke sana. Terkait dokumen perizinan kami masih menunggu dan terus berkomunikasi,” kata Sudjarno.

Dalam perizinan itu, putaran pertama dimulai 5 Desember dan berakhir pada pengujung Desember 2022. Jadwal pekan ke-12 pada Senin (5/12) akan meliputi sembilan laga, termasuk PSM Makassar vs Persikabo, serta Persita Tangerang kontra Bali United. Persija Jakarta baru akan bermain pada Selasa (6/12) melawan wakil asal Kalimantan, Borneo FC. Pun, Persib Bandung tampil paling akhir melawan Persik Kediri.

Mabes Polri menyatakan belum mengetahui adanya pemberian izin maupun rekomendasi kelanjutan kompetisi sepak bola nasional Liga 1 2022. Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Nurul Azizah mengatakan, belum ada kepastian tentang pemberian izin keramaian dan rekomendasi kelanjutan gelaran Liga 1 tersebut. “Sampai sekarang kami tidak terinformasi tentang hal tersebut,” kata Nurul

Sementara Asisten Operasi (Asops) Kapolri Inspektur Jenderal (Irjen) Agung Setya Effendi pun tak menjawab terkait kelanjutan Liga 1. Saat dihubungi, Agung hanya meminta agar sama-sama mengikuti perkembangan yang sudah ada. “Ikuti perkembangan saja,” begitu kata dia.

Salah satu pentolan Aremania, Awang Karta mengatakan, Aremania belum merespons secara serius tentang digelarnya kembali Liga 1. Menurutnya, Aremania masih fokus mengawal pengusutan terkait kasus tragedi Kanjuruhan. “Digelarnya Liga 1 dalam masa transisi ini sangat disayangkan karena proses hukum yang dilakukan itu belum berjalan secara maksimal,” ujar dia kepada Republika.

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada tanggapan dari Aremania yang lain tentang tindakan yang akan dilakukan terkait dilanjutkannya Liga 1. Pun dengan manajemen klub hingga saat belum ada komunikasi. Awang mengatakan, kemungkinan Aremania akan menanyakan kepada manajemen terkait Liga 1 yang akan digelar tanpa penonton.

photo
Penyintas Tragedi Kanjuruhan Vigi (18) menaiki kursi roda didampingi suporter Aremania saat melakukan aksi sekaligus menyerahkan laporan terkait Tragedi Kanjuruhan di depan Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (19/11/2022). Dalam aksinya, mereka mendesak pihak kepolisian untuk segera menuntaskan kasus dugaan penganiayaan serta meminta kejelasan atas pelaporan yang diajukan keluarga korban dalam Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan sebanyak 135 korban jiwa. - (Republika/Thoudy Badai)

Ketua Umum Jakmania Diky Soemarno enggan memberikan komentar banyak tentang kembai digulirnya Liga 1 di saat kasus Kanjuruhan belum tuntas. Ia pun mengaku tak ada persiapan khusus di kalangan Jakmania menyambut kembali digulirnya Liga 1. Jakmania juga tak melakukan konsolidasi apapun terkait digelarnya Liga 1 kembali. “Kami masih menyimak situasi yang terjadi di sepak bola Indonesia,” kata dia.

Meski kelanjutan Liga 1 akan digelar, salah satunya, di Stadion Manahan Solo, Persis Solo tak bisa bermain kandang. “Manahan masuk list, tapi bukan untuk kita, sama dengan PSS (Sleman) nggak mungkin main di Maguwoharjo, in the name of fairness gitu loh, saya rasa itu cukup adil buat kita semua,” kata asisten pelatih Persis Solo, Rasiman.

Ketika disinggung soal kesiapan pemain karena tidak bisa bermain kandang, pihaknya tidak mempersoalkan hal tersebut. Kendati demikian, Rasiman mengatakan tim masih diuntungkan dalam segi geografi. Sebab, lokasi keempat stadion yang akan digunakan tak terlalu jauh dari markas Persis Solo.

Cerita Rasa dari Ubud

Menu kuliner dapat dirancang berdasarkan cerita dan filosofi dari suatu daerah.

SELENGKAPNYA

Biden Bersinar, Trump Kian Redup

Hasil Pemilu 2022 membuat jalan Biden untuk nyapres di Pemilu 2024 semakin lempang.

SELENGKAPNYA

Mengembalikan Pesona Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta kini tenggelam di antara bangunan gedung-gedung tinggi.

SELENGKAPNYA