Presiden Joko Widodo (tengah) menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu: Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

JoMan: Presiden Punya Ketakutan Jelang Berakhir

Relawan Jokowi seharusnya sudah membubarkan diri ketika Jokowi menang pilpres dan pemilu telah berakhir.

JAKARTA -- Ketua Relawan JoMan (Jokowi Mania) Immanuel Ebenezer menduga Presiden Joko Widodo tengah menghadapi rasa ketakutan menjelang berakhirnya masa jabatannya. Padahal, kata dia, Jokowi sering kali menyampaikan dirinya tidak memiliki beban dan ketakutan terhadap apapun dalam memutuskan tiap kebijakannya.

Nah, kalau pemimpin tidak punya beban, dia tidak akan punya ketakutan apapun terhadap apa yang dia lakukan berkaitan dengan kebijakan, policy-nya. Artinya ketika kita melihat kemari-kemari, saya khawatir presiden jangan-jangan punya ketakutan, saya gak tau ketakutannya di mana,” kata Immauel dalam acara diskusi bertajuk ‘Menelisik Zona Nyaman Jokowi’, di Jakarta, Ahad (4/12).

Saat ini, Jokowi pun dinilai lebih sering melibatkan relawan-relawannya. Padahal, aksi relawan Jokowi tersebut justru mengkhawatirkan untuk demokrasi. Ia pun menyinggung terkait pernyataan relawan Jokowi, Benny Rhamdani, yang menyampaikan ‘siap tempur’ di hadapan Presiden Jokowi.

Immanuel mengaku heran dengan sikap Benny yang juga menjabat sebagai Kepala BP2MI itu.

photo
Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa relawan saat menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu: Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

“Dia menyampaikan, ‘kita nih banyak pak, kita siap tempur’. Nah, saya heran seorang pejabat publik pendukung Jokowi bicara kuantitas, harusnya dengan Presiden bicara kualitas dong. Kemudian coba pakai bahasa-bahasa kata diksi tempur. Siapa yang mau ditempuri? Kita tidak pada posisi kampanye,” ujar Immanuel.

Ia menegaskan, hingga saat ini keberadaan relawan Jokowi masih ada, tapi terbagi dalam beberapa kelompok. Dia membaginya dalam kelompok relawan yang mencari uang, kelompok yang mencari jabatan, dan kelompok yang menjilat Presiden. “Relawan Jokowi masih ada ga? Ya masih. Masih ada yang nyari duit, masih ada yang nyari jabatan, masih ada yang menjilat,” kata dia.

Immanuel menilai, kelompok-kelompok relawan itulah yang bisa menciptakan seorang pemimpin menjadi monster dan membahayakan demokrasi. Immanuel juga menyinggung soal pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait gaya kepemimpinan Jokowi yang bukan memobilisasi, tapi turun ke bawah atau melakukan blusukan.

“Artinya partai pengusungnya sudah melakukan kritikan terhadap gaya style politiknya Presiden. Kedua, gaya mobilisasinya relawan-relawan. Ketiga, ada banyak hal yang menurut partai pendukungnya itu sudah tidak sesuai,” kata dia.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Kedai Kopi, Kunto Adi Wibowo, menyoroti terkait keberadaan relawan Jokowi yang hingga kini masih melakukan berbagai aksi dan kegiatannya. Kunto Adi menilai, relawan Jokowi seharusnya sudah membubarkan diri ketika Jokowi telah memenangkan pilpres dan pemilu telah berakhir.

“Problemnya adalah biasanya relawan-relawan ini bubar setelah pemilu. Karena terpilih atau kalah, ya selesai. Di Indonesia problemnya ini, (keberadaan) relawan (adalah) baru. Tapi kemudian relawan ini tidak membubarkan diri. Harusnya relawan ini ya udah selesai,” kata Kunto Adi.

Pengamat Politik Universitas Padjajaran ini pun menduga keberadaan relawan ini memberikan zona nyaman bagi Jokowi. Ia mengatakan, ada simbiosis mutualisme yang tercipta dari keberadaan para relawan hingga saat ini.

“Makanya kami bilang zona nyaman, jangan-jangan ada simbiosis mutualisme di sini. Pak Jokowi merasa dinyamankan oleh relawan karena relawan tetap ada, yang seharusnya ga ada,” ujarnya.

Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Setiap orang seharusnya tidak malas beraktivitas fisik selama pandemi demi menjaga kebugaran tubuh. 

SELENGKAPNYA

Syarat Suami yang Hendak Jatuhkan Talak

Mayoritas ahli fikih berpandangan, talak dapat dijatuhkan dan berlaku walau tanpa saksi.

SELENGKAPNYA

Bisikan Setan kepada Penuntut Ilmu

Hal yang termasuk pemuas nafsu adalah dosa, apa pun bentuknya.

SELENGKAPNYA