Kedatangan Anies Baswedan di INS Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, Sabtu (3/12/2022) disambut Antisiasme warga. | Febrian Fachri/Republika

Nasional

Anies Ajak Relawan Lupakan Dualisme Pilpres

Anies juga mengajak relawan membawa pesan positif dan tidak terpancin pihak yang berbeda pandangan.

PADANG--Bakal calon presiden dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Anies Rasyid Baswedan, mengajak relawan dan pendukungnya melupakan peta perpolitikan masa lalu. Anies mengingatkan, Pemilu 2014 dan 2019 membuat rakyat Indonesia terbelah dua karena perbedaan pilihan capres, antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Ia menegaskan, Pemilu 2024, tidak ada lagi dualisme. "Lupakan peta pemilih masa lalu. Jangan ada lagi yang dulu dibilang pemilih A, pemilih B, tidak ada lagi. Mari ajak semua untuk masuk ke dalam rombongan perubahan," kata Anies saat deklarasi Relawan Perubahan di Universitas Adzkia, di Kota Padang, Ahad (4/12).

Anies menegaskan momentum lima tahunan di Indonesia membuat rakyat Indonesia bisa menata ulang supaya bangsa ini tetap berada pada jalur yang benar. Ia menyebut Bangsa Indonesia harus meraih cita-cita untuk menjadi bangsa yang maju dan sejahtera. Menurut mantan gubernur DKI Jakarta ini, untuk mewujudkan itu, pemimpin masa depan Indonesia tidak boleh membuat kebijakan asal beda dengan pemimpin sebelumnya.

"Tidak boleh hanya sekadar berbeda dari yang sebelumnya. Tapi harus membuktikan bahwa kita bisa mencapai cita-cita bersama," tegas Anies.

photo
Anies Baswedan berziarah ke makam pahlawan, Mhd Sjafei di kompleks INS Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (3/12/2022) - (Febrian Fachri/Republika)

Anies juga mengajak relawan yang ada di Sumatra Barat untuk membawa pesan positif dan tidak terpancing untuk menjelek-jelekan pihak yang berbeda pandangan. "Tidak perlu menjelekkan mereka yang berbeda pandangan, mari saling bekerja sama," kata dia.

Ia mengingatkan para relawan jangan pernah berpikir kalau menjelekkan kita akan menjadi lebih baik. "Lebih baik mengirim pesan yang positif untuk semua, bahkan kalau diejek berikan senyum," kata dia.

Anies menyampaikan kehadiran Relawan Perubahan bukan untuk membelah dan memecah melainkan untuk mempersatukan. "Saya berharap kepada Relawan Perubahan untuk menjaga itu karena kita sudah cukup banyak saling menjelekkan sehingga butuh yang menghadirkan suasana lebih baik dan positif," kata dia.

Ribuan anggota Relawan Perubahan dari 19 kabupaten dan kota di Sumatra Batat mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI 2024 di Padang. Koordinator Nasional Relawan Perubahan Kamaludin E Nuh mengaku mendukung Anies sebagai Capres 2024 karena melihat rekam jejaknya yang dinilai berprestasi, cerdas, berpengalaman dan berhasil memimpin Jakarta.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sumatra Barat Fadly Amran, mengatakan animo masyarakat Sumbar terhadap bakal calon presiden yang sudah dideklarasikan Partai Nasdem cukup tinggi. "Target kita? Menang besar. Pak Anies Baswedan Insya Allah," kata Fadly, Ahad (4/12).

Fadly menyebut sejak kemarin, Sabtu (3/12/2022) Partai Nasdem memfasilitasi aktivitas Anies Baswedan di Sumbar. "Animo masyarakat luar biasa. Pak Anies selalu dikerumuni dan ia sangat enjoy," ujar Fadly.

Safari politik Anies mulai gencar dilakukan setelah melepas jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebelum ke Sumatra Barat, Anies mengunjungi Ciamis, Jawa Barat; Solo, Jawa Tengah; dan Aceh. 

Jangan Buru-buru Menikah Mengapa?

Cara komunikasi perlu menjadi refleksi bagi pasangan suami istri.

SELENGKAPNYA

Tips Menjalankan Hidup Hemat Ala Syariat

Islam mengajarkan untuk senantiasa menghindari perilaku berlebihan.

SELENGKAPNYA

Perjalanan Ameena Blake Temukan Hidayah Illahi

Mualaf asal Inggris ini melalui berbagai peristiwa yang mengantarkannya pada Islam.

SELENGKAPNYA