Damai untuk Kanjuruhan | republika

Jawa Timur

Stadion Kanjuruhan Bakal Terbagi Tiga Zona

Kawasan paling luar area penonton bagi mereka yang telah bertiket dan tidak bertiket serta masyarakat umum.

MALANG – Perbaikan segera dilakukan terhadap Stadion Kanjuruhan, Malang. Sesuai evaluasi, maka nantinya stadion ini akan dibagi tiga zona dan wajib memiliki single seat. Hal itu diungkapkan Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Essy Asiah pada kegiatan "Sosialisasi Sistem Pengamanan Kompetisi Olahraga", beberapa waktu lalu.

Essy memastikan Stadion Kanjuruhan segera mendapat perbaikan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan tahapan evaluasi infrastruktur.

Menurut dia, perbaikan terhadap Stadion Kanjuruhan sesuai dengan arahan Presiden dan Kementerian PUPR berkordinasi dengan Sport Ground Safety Authority (SGSA). Selain Kanjuruhan, evaluasi dilakukan di stadion yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 Tahun 2023. "Baik yang digunakan sebagai arena pertandingan maupun tempat latihan," katanya.

photo
Doni Monardo (kiri) memimpin Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) saat investigasi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Dari hasil investigasi sementara yang dilakukan TGIPF ditemukan fakta bahwa ada pintu stadion yang terkunci saat tragedi Kanjuruhan terjadi. - (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Kedua, yakni stadion yang memiliki risiko tinggi dengan jumlah suporter atau penonton terbanyak selama pertandingan Liga 1 dan Liga 2 berlangsung. Selanjutnya, diperuntukkan untuk stadion yang memiliki kapasitas besar. Dalam beberapa hasil evaluasi, kata dia, kawasan stadion dipastikan memiliki pembagian zonasi yang jelas antara perimeter luar dan perimeter dalam. Hal ini difungsikan untuk menyaring penonton yang akan masuk ke dalam kawasan stadion.

Tribun penonton dipastikan memiliki zonasi kategori penonton VVIP, VIP dan reguler. Kemudian jenis kursi yang digunakan harus berupa single seat untuk meningkatkan kenyamanan penonton. Essy memaparkan pula dalam pengaturan perimeter di setiap stadion akan diatur sistem Zona 1 yakni kawasan area di dalam stadion. Kemudian sistem Zona 2 atau kawasan area penyangga (buffer zone) di mana area penonton bertiket akan masuk di stadion.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFO KANJURUHAN (@infokanjuruhan)

Selanjutnya, terdapat Zona 3 atau kawasan paling luar area penonton bagi mereka yang telah bertiket dan tidak bertiket serta masyarakat umum. Hasil evaluasi juga menyinggung tentang pelaksanaan operasional dan pemeliharaan stadion.

Menurut dia, hal ini harus dikelola dengan SDM kompeten. Ditambahkan, pengelola perlu diperkuat dengan manajer keamanan dan keselamatan yang bertugas mengatur SOP keselamatan dan keamanan.

 
Peralatan dan perlengkapan perawatan rumput lapangan sesuai dengan standar PSSI dan FIFA.
ESSY ASIAH Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR
 

Kemudian manajer pemeliharaan dan pengelolaan stadion yang bertugas mengatur SOP pemeliharaan dan pengelolaan stadion. "Ketiga, peralatan dan perlengkapan perawatan rumput lapangan sesuai dengan standar PSSI dan FIFA," jelasnya.

Pada saat pelaksanaan pertandingan terutama yang berskala besar dan memiliki risiko tinggi, tim pengelola perlu bekerja sama dengan panitia penyelenggara dan pihak terkait lainnya untuk mengoperasikan perangkat stadion.

Setiap pengelola perlu menyampaikan dengan jelas dan detail terkait perangkat yang tersedia di bangunan stadion. Hal ini termasuk cara pengoperasiannya kepada pihak penyelenggara dan pihak terkait lainnya. 

Petani Dapat Bantuan 47 Ton Pupuk Gratis

Bantuan pupuk dan bibit jagung gratis kali ini menyasar petani di lima kecamatan Sumenep.

SELENGKAPNYA

Lahan Kritis Jateng Capai 250 Ribu Hektare

Sebanyak 1,17 juta pohon ditanam untuk menyelamatkan lahan kritis tersebut.

SELENGKAPNYA

Ki Bagoes Hadikoesoemo, Penggagas Tegaknya Syariat Islam

Ia telah merumuskan pokok-pokok pikiran KH Ahmad Dahlan hingga menjadi Mukaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah.

SELENGKAPNYA