Petugas melintas di samping layar informasi penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. | ANTARA FOTO

Ekonomi

AP II: Jamaah Umrah Kertajati Antusias

Dengan selesainya pembangunan Tol Cisumdawu, Bandara Kertajati diharapkan semakin ramai dan kompetitif.

JAKARTA -- Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, kembali melayani penerbangan umrah pada Sabtu (26/11) oleh Lion Air. Sebelumnya, bandara tersebut sudah melayani penerbangan 224 jamaah umrah pada 20 November 2022 yang dioperasikan Garuda Indonesia.

Sebanyak 375 jamaah umrah berangkat dari Bandara Kertajati menuju Madinah, Arab Saudi, pada Sabtu (26/11) menggunakan Lion Air nomor penerbangan JT 068. Penerbangan itu menggunakan pesawat berbadan lebar Airbus A330-300 yang lepas landas sekitar pukul 13.15 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kertajati Airport (@kertajati_airport)

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tulis, Sabtu (26/11), mengharapkan penerbangan tersebut dapat mempermudah masyarakat asal Jawa Barat menjalankan umrah. Awaluddin mengungkapkan, antusiasme jamaah umrah asal Jawa Barat terbang dari Bandara Kertajati sangat tinggi. 

"Jamaah umrah menyampaikan, terbang dari Bandara Kertajati lebih nyaman dan jaraknya dekat dari tempat tinggal," ungkap Awaluddin. 

President Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi menuturkan, penerbangan Kertajati-Madinah tersebut menggunakan layanan premium. Penataan kursi dilakukan dengan 18 kursi kelas bisnis dan 374 kursi kelas ekonomi.

 
 
Apa yang kami lakukan ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan kekuatan Bandara Kertajati.
 
 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung keberangkatan penerbangan jamaah umrah yang kedua dari Bandara Kertajati. Ia mengaku bahagia warga Jawa Barat bisa berangkat umrah dari Kertajati. "Apa yang kami lakukan ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan kekuatan Bandara Kertajati," kata Budi.

Jamaah umrah yang berangkat menggunakan kedua maskapai berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat, di antaranya, Cirebon, Indramayu, Kuningan, serta Majalengka.

Selain warga Jabar, Budi juga mengajak masyarakat di sekitar Jawa Barat, khususnya bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat, untuk berangkat umrah dari Bandara Kertajati. "Selain lebih dekat dibandingkan harus ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kertajati juga relatif tidak padat," ujarnya.

 
 
Kita bangga bandara ini sudah bisa melayani penerbangan umrah. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.
 
 

Budi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung upaya mengembalikan kembali operasional penerbangan di Bandara Kertajati pascapandemi Covid-19.

Sebelumnya, penerbangan umrah pernah dioperasikan dari Bandara Kertajati pada 2018 dan 2020 sebelum terhenti akibat pandemi Covid-19.

Diharapkan, penerbangan umrah dapat berjalan secara berkelanjutan di Bandara Kertajati. Dengan selesainya pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan rampung akhir tahun ini, diharapkan pula Bandara Kertajati semakin ramai dan kompetitif.

Staf Ahli Bidang Keselamatan Konektivitas dan Konektivitas Menteri Perhubungan, Maria Kristu menilai, Bandara Kertajati memiliki fasilitas lengkap untuk melayani jamaah umrah. "Kita bangga bandara ini sudah bisa melayani penerbangan umrah. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu," ucap Maria. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki jamaah umrah tertinggi se-Indonesia. Potensi jamaah umrah asal Jawa Barat dalam satu musim atau delapan bulan dapat mencapai 70 ribu orang.

Maria juga berharap lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati dapat makin meningkat ke depannya. Maria menginginkan, maskapai yang beroperasi juga bertambah dan rute dari Bandara Kertajati ke seluruh bandara di Indonesia makin bertambah.

Makna Hakikat Tanda Sujud

Vibrasi positif yang memancar di dalam wajah ahl al-shalat mampu memancarkan energi positif

SELENGKAPNYA

Mengoptimalkan Pasar Lokal

Selama masa pandemi belakangan ini, tren lamanya menginap para wisatawan bergeser semakin panjang. 

SELENGKAPNYA

Masjid Negara Qatar, Oase Menyejukkan di Kota Doha

Inilah masjid terbesar di seluruh negara Qatar.

SELENGKAPNYA