Lionel Messi. | AP/Ebrahim Noroozi

Piala Dunia

Titik Penentu Albiceleste

Argentina dan Meksiko sama-sama menganggap laga nanti layaknya final.

LUSAIL -- Hari yang menyedihkan, pukulan telak, kekalahan menyakitkan, dan rasanya seperti kematian. Nada-nada kekecewaan itu meluncur dari mulut pelatih dan sejumlah penggawa tim nasional Argentina pascatragedi di Stadion Lusail, Selasa (22/11) malam WIB.

Digadang-gadang sebagai salah satu kandidat terkuat peraih titel juara, Albiceleste malah terkapar di laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar. Kekalahan Argentina, 1-2, dari Arab Saudi di laga pembuka penyisihan Grup B menggema ke seluruh jagat. Kejutan pertama di Piala Dunia 2022 dan kerap disebut kejutan terbesar di sejarah Piala Dunia pun tercipta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Selección Argentina (@afaseleccion)

Kekalahan itu tidak hanya memukul kepercayaan diri para penggawa skuad Albiceleste, yang terbangun setelah menorehkan rekor nirkekalahan di 36 laga sebelumnya. Kekalahan dari Arab Saudi itu juga menempatkan Argentina berada di posisi yang sulit untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Tinggal menyisakan dua partai di babak penyisihan Grup B, Lionel Messi dkk terpuruk di dasar klasemen sementara. Kemenangan di laga terakhir kontra Polandia tengah pekan depan rasanya tidak akan berarti apa-apa apabila Albiceleste gagal memetik poin kala menghadapi Meksiko di laga keempat penyisihan Grup B, Ahad (27/11) dini hari WIB.

Alhasil, laga yang bakal digelar di stadion yang sama kala Argentina dibekap Arab Saudi itu akan menjadi titik penentu nasib tim besutan Lionel Scaloni itu di Piala Dunia 2022. Kiper timnas Argentina Emiliano Martinez bahkan menyebut partai tersebut sebagai partai final pertama Albiceleste di Piala Dunia 2022.

 
 
Ini menjadi momen saat soliditas dan kekuatan tim diuji. Kami harus memperbaiki kesalahan di laga sebelumnya dan bersiap menghadapi Meksiko.
 
 

Pascakekalahan mengejutkan dari Arab Saudi, para penggawa Argentina sepertinya tidak perlu motivasi tambahan untuk memperbaiki performa dan tampil habis-habisan demi meraih kemenangan di laga ini. Bintang Albiceleste Lionel Messi menegaskan, kekalahan dari Arab Saudi telah telah menyuntikkan semangat baru dalam diri skuad Argentina.

"Ini menjadi momen saat soliditas dan kekuatan tim diuji. Kami harus memperbaiki kesalahan di laga sebelumnya dan bersiap untuk menghadapi Meksiko. Kami tahu harus kembali ke metode dasar. Keinginan kami untuk meraih kemenangan jauh lebih besar dari sebelumnya," kata pemain dengan koleksi gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) terbanyak sepanjang sejarah tersebut, seperti dikutip Marca, Jumat (25/11). 

Kritik terbesar pasca-kekalahan tersebut adalah kegagapan Argentina dalam menemukan solusi kala menghadapi taktik tim lawan. Begitu pula kegagalan para penggawa Albiceleste dalam menjaga ketenangan dan ritme permainan saat berada dalam posisi tertinggal. Semua itu menjadi salah satu bahan evaluasi pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni.

"Kami menelan kekalahan karena dua gol cepat tim lawan. Ini terasa sangat aneh. Satu gol bisa mengubah segalanya. Ini menjadi pelajaran berharga kami. Tidak ada opsi lain, kami harus bisa memetik kemenangan di dua laga sisa, diawali di laga menghadapi Meksiko," kata Scaloni, seperti dilansir El Nacion.

 
 
Kini, setiap kontestan di grup ini akan menghadapi dua partai yang menentukan. Hasil di putaran pertama tidak mengubah apa pun, termasuk rencana permainan kami menghadapi Argentina.
 
 

Dari kubu Meksiko, kehadiran Gerardo Martino di kursi pelatih dinilai bisa menjadi keuntungan tersendiri. Selain berasal dari Argentina, Martino juga pernah menangani Albiceleste, tepatnya pada 2014 hingga 2016.

Sedikit banyak, mantan pelatih Barcelona itu dinilai paham dengan gaya permainan Argentina. Martino pun mengaku sudah mengantongi cara untuk bisa menyulitkan Albiceleste di laga tersebut.

Kekalahan Argentina dari Arab Saudi di laga pembuka, menurut Martino, tidak akan mengubah pendekatan dan gaya permainan El Tri di laga tersebut. Seperti halnya Argentina, Meksiko akan menatap laga itu layaknya partai final.

"Kini, setiap kontestan di grup ini akan menghadapi dua partai yang menentukan. Hasil di putaran pertama tidak mengubah apa pun, termasuk rencana permainan kami menghadapi Argentina. Di turnamen dengan persaingan ketat seperti Piala Dunia, efektivitas serangan dan kemampuan menciptakan peluang secara nyata menjadi kunci penting," ujar Martino, seperti dikutip El Periodico, Jumat (25/11).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Selección Nacional de México (@miseleccionmx)

Meksiko agaknya akan tetap tampil dengan agresivitas tinggi dalam menghadapi permainan Argentina di laga ini. Bukan tidak mungkin, El Tri akan tampil menekan sejak awal laga demi bisa menorehkan kemenangan perdana di Piala Dunia 2022 seusai bermain imbang tanpa gol saat menghadapi Polandia di laga pembuka. 

Selain itu, Meksiko juga mengusung misi balas dendam di laga ini. Albiceleste menjadi tim yang menyingkirkan El Tri saat tampil di babak 16 besar di dua edisi Piala Dunia secara beruntun, tepatnya pada 2006 dan 2010.

 

Prediksi Susunan Pemain:

Argentina (4-2-3-1)

  • Pelatih: Lionel Scaloni
  • Kiper: Martinez
  • Belakang: Molina, Romero, Otamendi, Tagliafico
  • Tengah: De Paul, Paredes; Pau Gomez, Messi, Di Maria
  • Depan: Martinez

 

Meksiko (4-3-3)

  • Pelatih: Gerardo Martino
  • Kiper: Ochoa
  • Belakang: Gallardo, Montes, Moreno, Sanchez
  • Tengah: Guardado, Alvarez, Herrera
  • Depan: Vega, Jimenez, Lozano

 

Fakta Angka Jelang Laga: 

  • 0  -- Argentina tidak pernah sekali pun menelan kekalahan beruntun di dua laga awal dalam satu edisi Piala Dunia.
  • 3  -- Di tiga kesempatan menghadapi Argentina di pentas Piala Dunia, Meksiko selalu menelan kekalahan, termasuk saat disingkirkan Albiceleste di babak 16 besar Piala Dunia 2006 dan Piala Dunia 2010.
  • 3  -- Meksiko gagal mencetak gol di tiga laga terakhir di pentas Piala Dunia. El Tri tidak pernah gagal mencetak gol di empat laga secara beruntun di arena Piala Dunia.
  • 4  -- Di enam kesempatan terakhir merumput di Piala Dunia, Argentina menelan empat kekalahan dengan torehan satu kemenangan dan satu hasil imbang.
  • 10 -- Argentina tak pernah menelan kekalahan dalam 10 bentrokan terakhir dengan Meksiko di semua ajang, dengan torehan tujuh kemenangan dan tiga hasil imbang.

 

Jadwal Siaran Langsung:

(SCTV, Vidio, Moji, NEX Parabola)

 

Sabtu, 26 November 2022

  • Pukul 17.00 WIB: Tunisia vs Australia (Grup D)
  • Pukul 23.00 WIB: Prancis vs Denmark (Grup D)
  • Pukul 02.00 WIB: Argentina vs Meksiko (Grup C)

 

Ahad, 27 November 2022

  • Pukul 02.00 WIB: Polandia vs Arab Saudi (Grup C)

Kekalahan Jerman dan Pongahnya Kaum Hedonis

Sejumlah video yang berisi pesan mencemooh sikap 11 pemain Jerman itu menjadi viral di dunia maya.

SELENGKAPNYA

Incar 16 Besar

Top skorer timnas Ekuador itu pun bakal menjadi ancaman terbesar lini belakang Belanda.

SELENGKAPNYA

Kans The Three Lions

Kemenangan versus AS sudah cukup bagi Inggris meraih tiket babak 16 besar.

SELENGKAPNYA