Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) | Ist

Geni

Berseminya Lanskap Sinema Asia

Tema itu menyimbolkan inovasi, eksplorasi artistik, serta bakat baru di ekosistem sinema Asia

OLEH SHELBI ASRIANTI

Perhelatan Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) kembali diselenggarakan untuk yang ke-17 kalinya. Pada tahun ini, JAFF mengusung tema "Blossom" yang dalam bahasa Indonesia bermakna "bersemi".

Acara yang berlangsung selama delapan hari, tepatnya 26 November hingga 3 Desember 2022, tersebut akan merayakan lanskap sinema Asia yang terus bersemi dan berinovasi. Menurut Festival Director JAFF 2022, Ifa Isfansyah, tema itu cocok untuk menandai usia muda yang sarat energi, keingintahuan, dan kreativitas.

Tema itu menyimbolkan munculnya berbagai inovasi, eksplorasi artistik, serta bakat-bakat baru di ekosistem sinema Asia, meski di tengah pandemi yang masih melanda. "Blossom" menyodorkan harapan dan mimpi baru bagi sinema Asia yang mengagumkan. "Tema ‘Blossom’ mewakili semangat itu, juga merepresentasikan JAFF yang tumbuh bersama perfilman Indonesia dan perfilman Asia," kata Ifa dalam konferensi pers JAFF 2022, Kamis (17/11).

JAFF 2022 akan menghadirkan 137 film dari 19 negara Asia Pasifik yang ditayangkan dalam program kompetisi dan nonkompetisi. JAFF kali ini dihelat secara hibrida, yakni gabungan luring dan daring. Pemutaran luring diadakan di Empire XXI Yogyakarta, sedangkan pemutaran daring bekerja sama dengan KlikFilm.

photo
Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) - (Ist)

JAFF kembali menerima dukungan penuh dari Kemendikbudristek. Direktur Perfilman Musik dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengungkapkan apresiasi dan harapannya untuk JAFF dan industri film nasional.

Menurut Mahendra, pelaksanaan JAFF memberi sumbangsih besar bagi perkembangan film, baik di Tanah Air maupun internasional. "Semoga melalui JAFF 2022 ini, akan muncul sineas berbakat baru yang akan memperkaya ekosistem perfilman kita," ujar Mahendra. 

Program Director JAFF 2022, Alexander Matius, menyampaikan, film-film yang dihadirkan pada festival berusaha merangkum berbagai genre. Begitu juga dalam proses kurasinya, tim berusaha agar pada tiap program, porsi karya dari sutradara pria dan perempuan sama-sama terwakili dengan seimbang.

JAFF 2022 dibuka dengan penayangan Piknik Pesona, yakni antologi 10 film pendek yang berlatar 10 kota, hasil karya 10 sutradara muda Indonesia. Antologi itu merupakan produksi Vision Pictures dan Palari Films.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jogja-NETPAC Asian Film Fest (jaffjogja)

Menurut Alexander, Piknik Pesona menjadi karya menarik dari para pembuat film muda Indonesia yang merepresentasikan tema JAFF tahun ini. Sebagai penutup, JAFF 2022 bakal memutarkan film Plan 75 karya sutradara Chie Hayakawa, yang mewakili Jepang dalam ajang Academy Awards 2023. 

Sebanyak 11 film Indonesia yang tayang tahun ini berkompetisi dalam program JAFF Indonesian Screen Awards. Deretan karya itu memperebutkan penghargaan film terbaik, sutradara terbaik, penulis naskah terbaik, pemeran terbaik, dan sinematografi terbaik.

JAFF 2022 juga menyuguhkan program-program nonpemutaran yang memberi ruang bagi para pembuat film maupun publik umum untuk berbagi ilmu. Ada "Masterclass", "Public Lecture & Special Discussion", juga beragam lokakarya. "Kami ingin JAFF bisa dinikmati semua orang,” kata Alexander.

Menurut sutradara sekaligus aktris Lola Amaria, bertandang ke festival film adalah hal penting bagi sineas. "Setiap datang ke festival film, seperti memberikan asupan untuk otak karena melihat banyak film dengan tema menarik. Jadi tertular energi ingin cepat-cepat membuat konsep dan bikin karya baru," ujar Lola.

Jadwal keseluruhan program JAFF 2022 dan tata cara pembelian tiket dapat diakses lewat akun media sosial resmi @jaffjogja dan situs resmi jaff-filmfest.org. Tiket dapat dibeli melalui situs resmi jaff-filmfest.org  dan TIX.ID, yang dibuka sejak 19 November 2022.

Syekh Abdul Karim, Pembawa Muhammadiyah ke Sumatra

Beliau merupakan yang pertama memperkenalkan Muhammadiyah ke Sumatra Barat.

SELENGKAPNYA

Menengok Gerbang Karier Steven Spielberg

Spielberg menggunakan bahasa film dan konvensi secara sejarah untuk mengangkat kehidupannya.

SELENGKAPNYA

Bagi Hasil Lahan Pertanian

Menurut bahasa Arab, kata muzara’ah diambil dari kata az-zar’u yang berarti pertanian.

SELENGKAPNYA