Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan menyampaikan sambutan pada Puncak Perayaan HUT ke-11 NasDem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (11/11/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

Anies Bagikan Pengalamannya Urus Jakarta ke Gibran

Anies membantah kunjungannya ke Solo berkaitan dengan Pilpres 2024.

SOLO—Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Solo dan menggelar sesi sarapan bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Hotel Novotel, Selasa (15/11) pagi. Dari pantauan Republika, sesi sarapan bersama tersebut berlangsung mulai pukul 07.30 WIB hingga 08.26 WIB.

"Alhamdulillah saya bisa kembali berkunjung ke Solo dan bisa bersilaturahim dengan Wali Kota. Kita ngobrol santai saja sambil sarapan, gitu kan Mas Gibran, tidak ada obrolan yang khusus kita silaturahim saja," tutur Anies, Selasa (15/11).

Ketika disinggung apakah ada obrolan politik antara dirinya dan Gibran, Anies menampik hal tersebut. "Oh enggak kita ngobrol sana-sini," ujarnya.

Anies membantah kunjungannya ke Solo berkaitan dengan Pilpres 2024, meskipun dirinya sudah diumumkan secara resmi sebagai calon presiden dari Partai Nasdem. "Udah, udah jangan soal pilpres sekarang kita masih silaturahim santai kemudian ada acara haul, mudah-mudahan acaranya lancar," ujar Anies.

Anies juga mengaku senang bisa bertemu dengan Gibran. Ia mendoakan Gibran bisa menjaga amanah. "Saya mendoakan semoga Mas Gibran selalu sehat dimudahkan menjalankan amanah ini. Saya senang sekali bisa pagi-pagi menyambut beliau bisa sarapan bersama dan ngobrol leluasa, banyak hal yang kita pelajari," terangnya.

photo
Calon Wali Kota Solo dari Partai PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka menggelar jumpa pers terkait hasil hitung cepat internal partai di kantor DPC PDI Perjuangan, Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/12/2020). - (MOHAMMAD AYUDHA/ANTARA FOTO)

Selain itu, Anies juga mengaku membagi pengalamannya sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam mengelola sebuah provinsi kepada Gibran. Ia menilai mengelola Provinsi seperti Jakarta tidak jauh berbeda dengan mengelola kota, seperti Solo.

"Sama-sama pernah bertugas mengelola sebuah kota di Jakarta itu, namanya gubernur itu seperti kota hanya wilayahnya lebih besar, terutama Solo juga begitu, itu yang kita obrolin," tutur Anies.

Sementara, Gibran mengaku pembicaraannya dengan Anies lebih banyak membahas soal bagaimana menghadapi persoalan di tingkat kota. Khususnya bagaimana caranya mengelola transportasi kota. "Seperti yang disampaikan Pak Anies tadi kita banyak membicarakan soal transportasi umum, banyak masalah, problem-problem tingkat kota lah sambil sarapan," kata Gibran usai sarapan bersama Selasa (15/11).

Ketika disinggung apakah hal tersebut berkaitan dengan pemilihan gubernur (Pilgub) khususnya di daerah Jakarta, Gibran menepis hal tersebut sembari bercanda. "Enggak, enggak gak bicara masalah itu (Pilgub) ya," terangnya.

Selain itu, Gibran menjelaskan bahwa DKI Jakarta bisa dijadikan contoh perihal bagaimana pengelolaan transportasi. "Kalau masalah transportasi yang bisa kita jadikan percontohan kan Jakarta ya, kalau di Solo banyak warga yang naik commuter yang ke Solo, banyak warga Jogja yang naik KRL ke Solo nanti kedepan harus kita perbanyak, harus kita masifkan transportasi umum ini," katanya.

KAI: Pelintasan Liar tak Terkontrol

Penutupan pelintasan tak resmi merupakan tugas pemerintah pusat atau daerah

SELENGKAPNYA

Museum Muhammadiyah Terapkan Teknologi Informasi

Pengunjung disajikan dengan storyline yang jelas terkait perjalanan Muhammadiyah.

SELENGKAPNYA

104 Lembaga Halal Luar Negeri Siap Hadiri Forum Halal 20

Digelar BPJPH, H-20 dihadiri 104 lembaga halal dari 40 negara.

SELENGKAPNYA