PM Vietnam Pham Minh Chinh (L) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz (R) memeriksa pasukan di istana Kepresidenan di Hanoi, Vietnam, Ahad (13/11/2022). | EPA-EFE/LUONG THAI LINH

Internasional

Jerman Dorong Uni Eropa Rangkul ASEAN

Scholz mengharapkan kemajuan cepat dalam negosiasi UE dengan Australia, India, dan Indonesia

HANOI – Kanselir Jerman Olaf Scholz mendorong Uni Eropa (UE) untuk memperluas kerja sama dengan ASEAN. Menurutnya, mempererat relasi penting dalam menghadapi perang di Ukraina.

Scholz mengungkapkan, dia berharap melihat kemajuan cepat dalam negosiasi perdagangan Uni Eropa dengan Australia, India, dan Indonesia serta tetap terbuka untuk perjanjian di luar itu. “Pendalaman kerja sama sangat penting, karena kita semua merasa bahwa landasan geopolitik di bawah kaki kita sedang bergeser,” kata Scholz saat berkunjung ke Vietnam, Ahad (13/11).

Scholz memang tengah melakukan lawatan Asia. Sebelum ke Vietnam, dia telah mengunjungi Cina. Pada Senin (14/11), Scholz telah tiba Singapura dan diagendakan melakukan pertemuan dengan para pemimpin bisnis di sana. Setelah kunjungannya di Singapura rampung, dia bakal bertolak ke Bali untuk berpartisipasi dalam KTT G-20.

Tur kunjungan Scholz dilakukan dalam upaya Jerman mendiversifikasi perdagangan di Asia. Jerman ingin mengurangi ketergantungan ekonominya hanya pada mitra dagang utamanya, yakni Cina.

photo
PM Vietnam Pham Minh Chinh (L) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz (R) memeriksa pasukan di istana Kepresidenan di Hanoi, Vietnam, Ahad (13/11/2022). - (EPA-EFE/LUONG THAI LINH / POOL)

Scholz mengatakan, mengurangi ketergantungan sepihak yang berisiko untuk bahan baku tertentu atau teknologi penting akan memainkan peran penting dalam strategi nasional Jerman. Namun, dia menekankan bahwa decoupling bukanlah jawabannya.

“Dunia dengan hambatan baru perdagangan atau kebangkitan dan ekonomi yang terdeintegrasi tidak akan menjadi tempat yang lebih baik,” kata Scholz.

Jerman juga ingin menawarkan kepada negara-negara lain alternatif investasi Cina. Hal itu guna mencegah Beijing mendapatkan lebih banyak pengaruh politik dan menunjukkan keterlibatan yang lebih besar di Indo Pasifik di tengah kekhawatiran tentang ambisi teritorialnya.

Pilihan favorit

Di Vietnam, Scholz membahas hubungan energi dan perdagangan dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh. Scholz adalah pemimpin pertama Jerman yang mengunjungi Vietnam dalam lebih dari satu dekade.

Kunjungan Scholz menyoroti peran Vietnam yang semakin berkembang dalam rantai pasokan global. Banyak perusahaan Jerman mempertimbangkan untuk mendiversifikasi operasi manufaktur mereka di luar Cina.

photo
PM Vietnam Pham Minh Chinh (kiri) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz (kanan) di istana Kepresidenan di Hanoi, Vietnam, Ahad (13/11/2022). - (EPA-EFE/LUONG THAI LINH / POOL)

Dalam konferensi pers bersama dengan Pham Minh Chinh, Scholz mengatakan, Berlin menginginkan hubungan perdagangan yang lebih dalam dengan Vietnam. Jerman juga akan mendukung transisi Vietnam ke ekonomi yang lebih hijau, termasuk melalui perluasan sistem metro di Hanoi, ibu kota Vietnam.

Vietnam dan Singapura adalah dua negara di Asia Tenggara yang memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa. Singapura dan Vietnam adalah mitra dagang terbesar Uni Eropa.

Bagi Vietnam, Jerman adalah mitra dagang terbesar kedua setelah Belanda. Menurut firma hukum Dezan Shira, perdagangan antara Jerman dan Vietnam tahun lalu, senilai 7,8 miliar dolar AS. Namun nilai perdagangan Vietnam-Jerman jauh lebih sedikit daripada Amerika Serikat, Cina, Jepang, dan Korea Selatan. 

Sekitar 500 perusahaan Jerman beroperasi di Vietnam. Dari total tersebut 80 di antaranya memiliki pabrik manufaktur di Vietnam, yaitu raksasa teknik Bosch, perusahaan energi Messer, dan beberapa perusahaan kecil yang terlibat dalam rantai pasokan otomotif global.

"Banyak perusahaan Jerman yang ingin mendiversifikasi bisnis mereka di luar Cina," ujar Kepala Kamar Dagang dan Industri Jerman di Vietnam, Marko Walde.

Walde mengatakan, lebih dari 90 perusahaan Jerman berencana membuka pabrik di luar Cina. Pilihan favorit mereka yaitu Vietnam dan Thailand.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Islam Wasathiyah Harus Dibungkus dengan Gaul

Metode dakwah saat ini dinilai masih didominasi cara-cara lama.

SELENGKAPNYA

Wakanda Forever Membingkai Kesedihan dengan Jujur

Kerajaan Wakanda waswas dengan serangan kerajaan bawah laut tersembunyi bernama Talokan.

SELENGKAPNYA

Musik Tradisi Riwayatmu Kini

Banyak yang perlu diperkenalkan dari kedahsyatan musik tradisional Indonesia.

SELENGKAPNYA